Solusiukm
Bisnis

Ini yang bisa dilakukan Pelaku Bisnis Saat WFH

Peraturan yang resmi dari pemerintah, baik Indonesia maupun secara internasional melalui United Nation dan World Health Organization telah resmi melarang masyarakat atau penduduk dunia untuk keluar rumah. Kewajiban untuk mengerjakan work from home, atau melakukan segala aktivitas di rumah. Baik bekerja, belajar, belanja, dan lain – lainnya. Hal ini dikarenakan pandemi yang terjadi menyerang penduduk dunia serba mendadak, dan sangat berbahaya teruta vaksin penyembuhan belum ditemukan meskipun ilmuwan – ilmuwan tersebut setiap hari berusaha melakukan penelitian (artikel ini ditulis 22 / 04 / 2020).

Fakta yang terjadi di lapangan, jumlah jiwa yang terkena dampak positif dari pandemi Covid – 19 Corona tersebut semakin hari semakin bertambah tinggi. Fenomena ini bahkan tidak hanya terjadi di  negara kita Indonesia saja, tapi juga negara lainnya di seluruh dunia. Sangat menyeramkan, bukan?

Untuk menghindari semakin buruknya angka penularan Covid – 19 Corona tersebut, masyarakat dihimbau dengan keras untuk tetap ada di rumah. Tentunya, peraturan tersebut berlaku bagi semua kalangan masyarakat, tidak terkecuali para pelaku – pelaku bisnis diwajibkan work from home.

Hal ini tentunya mengundang polemik baru. Pebisnis tentu mayoritas pekerjaannya adalah di luar rumah dan harus bergerak secara dinamis agar bisnis yang dijalankan tetap lancar. Namun, himbauan untuk tetap di rumah tanpa terkecuali tersebut membuat kalian para pelaku bisnis melakukan WFH alias work from home tentu dengan tujuan agar mata rantai penyebaran virus Covid – 19 Corona dapat terhenti.

Tentunya, sistem work from home dapat memiliki imbas besar terhadap pelaku – pelaku bisnis yang masih ada pada level UMKM yang pastinya menggangu kestabilan, bahkan keberlangsungan sebuah bisnis level kecil dan menengah UMKM.

Di bawah ini, tim Solusi UKM akan berikan beberapa tips agar pelaku bisnis saat WFH  atau work from home bisa memaksimalkan apa yang ada, dan tetap bisa menjalankan usaha yang ia miliki.

Tapi sebelum itu, kalian bisa mendaftarkan diri kalian untuk mendapat strategi bisnis UKM dari A sampai Z,  paling lengkap dan tanpa biaya. Too good to be true, bukan? Yuk langsung klik di sini atau klik banner di bawah:

Pelaku Bisnis Saat WFH Work from Home

 

Jangan hilang komunikasi dengan pelanggan – pelanggan kalian

Langkah paling pertama yang perlu kalian ingat untuk pelaku bisnis saat WFH atau work from home, adalah dengan tetap secara intens melakukan komunikasi dengan para pelanggan – pelanggan kalian. Komunikasi mengenai produk bisnis kalian tentu merupakan hal krusial bagi berlangsungnnya transaksi bisnis yang kalian jalankan. Sehingga hal ini perlu diingat mengingat pelaku bisnis saat WFH sering kali bingung dan kalut terhadap kesulitan –kesulitan yang dihadapi saat pandemi Covid – 19 Corona terjadi. Manfaatkan segala link ata cara digital yang kalian punya untuk tetap terkoneksi dan berkomunikasi dengan para konsumen. Siapa tahu mereka punya kebutuhan yang bisa kalian sediakan, bukan? Kalian sebagai pelaku usaha saat WFH terjadi bisa memaksimalkan peran aplikasi chat seperti WhatsApp, dan lain – lain.

Media sosial juga wajib banget aktif, gaes!

Saat pandemi covid – 19 corona seperti saat ini melanda, tentunya masyarakat akan lebih tertuju pada media sosial. Yang sebelumnya sudah memiliki keaktifan pada media sosial tertentu, dengan adanya arahan untuk tetap dan selalu di rumah, tentu membuat aktifitas media sosial semakin meningkat pesat. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis saat menjalankan WFH, perlu juga aktif untuk mempromosikan bisnisnya pada akun – akun media sosial seperti Instagram.

Kalian sebagai pelaku usaha saat WFH wajib membuat unggahan konten yang berisi produk kalian dan juga harga yang kalian kenakan. Ingat, jangan menjual dengan harga normal. Pada saat situasi sedang krisis seperti ini, alangkah baiknya jika kalian sebagai pelaku usaha saat WFH ikut empati sehingga menurunkan laba agar juga bisnis kalian dapat bertahan pada krisis saat ini.

Dengan melakukan promosi lewat unggahan – unggahan media sosial, kalian pelaku bisnis saat WFH tidak perlu kelaur rumah, namun promosi dapat tepat sasaran, bukan?

Digital, Digital, dan Digital! Hanya itu kuncinya!

Tentunya pada era digital, berbagai cara akan memudahkan pengguna, baik mereka para konsumen, maupun kalian para pelaku bisnis saat WFH atau sistem work from home ditetapkan. Bahkan, terutama terlebih saat pandemi Covid – 19 Corona menyerang, menjadikan bisnis kalian pada ranah digital seutuhnya merupakan satu – satunya solusi kesulitan perputaran roda ekonomi yang ada di Indonesia.

Dengan mengubah semua sistem menjadi digital, kalian sebagai pelaku bisnis saat WFH atau work from home tentu dapat lebih menjalankan efisiensi waktu sehingga pekerjaan – pekerjaan penting lainnya dapat dikerjakan dan diselesaikan dengan maksimal pula.

Yang selanjutnya perlu diingat dan juga penting dilakukan pelaku bisnis saat WFH atau work from home, adalah dengan menjalankan sistem secara digital, kalian tentu dapat mengurangi kemungkinan untuk terjadinya error. Kita semua paham bahwa terjadinya error pada bisnis dapat berdampak buruk dan rentetannya akan mengenai bidang – bidang yang lainnya pada bisnis. Dengan adanya digitalisasi, bisnis kalian tentunya akan berjalan otomatis pada beberapa sektor. Sangat praktis dan memudahkan kalian, bukan?

Artikel Terkait

Jualan Online yang Laris, Salah Satunya Bisnis Kotak Makanan, lho!

marsha

Panduan A-Z Bikin Campaign Digital Biar Bisnis Makin Laris!

marsha

Trik Paling Oke Ngatur Keuangan Pribadi

marsha