Solusiukm
Akuntansi

Udah Punya Akuntan? Cek di Sini Kenapa Kalian Butuh

Pada saat durasi awal-awal merintis bisnis, mungkin beberapa dari kalian pernah berpikir bahwa Anda bisa menangani berbagai masalah keuangan pada bisnis kalian seorang diri dengan baik. Akan tetapi, siapa sangka seiring dengan tumbuhnya bisnis Anda, maka jumlah pengeluaran dan pemasukan pun juga menjadi lebih kompleks. Akibatnya, akun-akun yang perlu dicatat saat menyusun jurnal atau laporan akuntansi pun juga semakin banyak, semakin rumit, dan jika tidak segera dibenahi, tugas beban kalian juga akan semakin menumpuk.

Dari sini, Anda pun menjadi lebih sulit mengendalikan keuangan dan berencana merekrut seorang yang ahli apda bidang akuntansi. Namun, apakah ini benar-benar sebuah keputusan yang tepat? Ketahuilah apa saja yang masuk kriteria kondisi saat Anda memang harus merekrut seorang akuntan. Tim Solusi UKM telah merangkumnya khusus untuk Anda:

Membayar Pajak dengan Segala Estimasinya

Urusan membayar pajak memang menjadi suatu hal yang cukup membingungkan, rumit, bagi pengusaha yang masih pemula di dunia bisnis. Hal ini sungguh merepotkan terlebih bagi Anda yang memang pada dasarnya tidak memiliki ilmu – ilmu dasarĀ  Apa lagi saat perusahaan semakin berkembang, maka perhitungan pajaknya mengenai aset-aset juga akan semakin rumit. Selain itu, jika Anda kurang cekatan dalam mengestimasi pajak, maka hal ini bisa membawa perusahaan Anda pada kerugian. Estimasi pajak perlu dilakukan untuk menghindari hal tersebut, dan Anda memerlukan seorang akuntan berpengalaman untuk itu. Seorang akuntan paham apa yang harus dilakukan agar pajak yang dibayar bisa seminimal mungkin.

Saat Bisnis Semakin Berkembang dan Klien Bertambah Banyak

Semakin banyak jumlah klien dan partner bisnis, maka jumlah transaksi yang dicatat juga akan semakin banyak. Hal ini bisa membuat Anda kewalahan dan kebingungan. Selain itu, jika Anda masih mengerjakannya seorang diri, tentu akan membuang-buang waktu Anda, bukan? Oleh sebab itu, menyewa jasa seorang akuntan akan membantu Anda menghemat banyak waktu sehingga Anda pun bisa fokus melakukan kegiatan lainnya misalkan memperluas jaringan pasar atau melakukan promosi.

Saat Akan Ada Audit Departemen Pajak

Ketika bisnis Anda berkembang lebih besar, maka perusahaan pun tak akan luput dari yang namanya audit. Pihak auditor akan mengaudit apakah perusahaan Anda tidak melakukan pelanggaran pajak dan semuanya sudah sesuai dengan standar yang ada. Di saat inilah Anda akan memerlukan jasa seorang akuntan untuk memudahkan Anda dalam bekerja sama dengan pihak auditor. Seorang akuntan akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan pajak tertentu sehingga perusahaan pun bisa diselamatkan.

Menjalankan Software Keuangan

Memang program software akuntansi dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan perusahaan. Tapi seiring berkembangnya bisnis, pencatatan dalam aplikasi ini juga akan semakin kompleks dan seorang akuntansi lebih mengerti tentang tata cara pengelolaannya sehingga ia tahu apa yang harus dilakukan untuk memajukan perusahaan. Ingat, kehadiran software akuntansi memang memudahkan Anda, tapi Anda juga masih membutuhkan tenaga manual untuk mengelolanya, bukan?

Apakah bisnis Anda telah mengalami kondisi-kondisi di atas? Jika memang bisnis yang Anda jalankan memiliki kondisi yang kami jelaskan pada artikel di atas, maka jangan tunggu lagi, akan sangat lebih baik jika kalian segera mengambil tindakan untuk melakukan rekrut yaitu seorang akuntan sekarang juga. Karena kalau tidak dan dibiarkan berlarut – larut, maka hal ini bisa berdampak negatif pada manajemen finansial perusahaan.

Artikel Terkait

4 Trik Mengelola Keuangan Bisnis Tanpa Harus Paham Akuntansi

marsha

Langkah Terlengkap Membuat SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan

marsha

3 Fungsi Akuntansi dalam Membantu Berkembangnya Bisnis

marsha