Solusiukm
Bisnis

Inspirasi Agar Tidak Bingung Mencari Ide Bisnis UKM

Bagi Anda pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis pada bidang lain, atau Anda yang memang awam pada bidang bisnis dan ingin mendirikan UKM, pada umumnya sering dipusingkan mengenai ide bisnis apa yang ingin digali dan tentunya berpotensi untuk menghasilkan laba.

Menurut Yustamaro, founder dari website jual beli kebutuhan bikers Rodadua.id pun mengalami masalah yang sama. Pada mulanya bekerja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan swasta, dan berencana untuk memiliki bisnis sambilan dengan berbisnis meskipun dalam skala kecil. Yustamaro memulai bisnisnya dari sebuah masalah personal bahwa ia kesulitan untuk mencari pelindung kepala (helm) motor dan sarung tangan untuk berkendara roda dua. Setelah membagi ceritanya pada beberapa teman, ia ternyata menerima keluhan yang serupa dari beberapa kenalannya. Masalah itu berupa stok perlengkapan pengendara motor yang dijual pada umumnya tidak memiliki kelengkapan ukuran sehingga konsumen terpaksa membeli perlengkapan motor yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh yang dimiliki dan kurang nyaman jika digunakan.

Berangkat dari keluhan-keluhan orang di sekelilingnya, ia pun mulai menjual beberapa perlengkapan pada orang-orang di lingkungan rumah dan kantornya. Barang yang dijual pada saat itu adalah pelindung kepala atau helm dengan berbagai jenis ukuran. Bisnis kecil-kecilan Yustamaro disambut baik oleh banyak kenalannya, ia pun menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan sambilan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

“Sebelum 2009, bisnisnya masih lingkup kecil, setelah itu mulai tentukan mau di bawa ke mana bisnis, dulu bekerja di kantoran dan nyambi bisnis sambilan, tapi tetap tidak mengganggu pekerjaan utama.” jelas Yustamaro saat ditemui SolusiUKM.com di tempat usahanya.

Karena bisnis ini disambut dengan semakin baik dan banyak diminati, ia merasa bahwa pekerjaannya sebagai karyawan dan bisnis yang ia tekuni semakin sulit untuk berjalan beriringan. Pada akhirnya, Yustamaro mendahulukan bisnisnya dan keluar dari pekerjaannya.

“Setelah jalan beberapa tahun, ternyata tidak bisa berjalan dua-duanya (sebagai karyawan dan bisnis). Padahal di awal saya ngerasa bisa jalan dua-duanya, sehingga saya memutuskan untuk mendahulukan bisnis” ungkap Yustamaro.

Pria yang telah bertahan pada bisnis ini selama delapan tahun pun membagi kisahnya mengapa pada akhirnya ia menekuni usaha ini. Ia berpendapat bahwa kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh pengendara motor, seiring dengan jumlah pengendara motor yang akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, banyak juga masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua sebagai hobi sehingga membutuhkan pula segala kelengkapan motor yang beraneka jenis dan warna.

Ia menambahkan, “Mengapa saya memilih untuk menekuni bisnis ini? Pertama karena kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh pengendara motor, apalagi pengandara motor akan terus bertumbuh sehingga kelengkapan bikers akan selalu dibutuhkan. Meskipun di Jakarta akan dibangun sistem transportasi umum seperti MRT, tetapi fokus lain kita adalah orang yang hobi (berkendara motor). Ada juga banyak orang yang meskipun punya kendaraan roda 4, tapi hobi dengan segala hal yang berbau motor sehingga kami bisa menjadi solusinya”.

Indonesia sendiri merupakan area yang sangat potensial bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini didasarkan pada data Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhan usaha perdagangan berbasis online ini meningkat dalam 10 tahun terakhir, menjadi 26 juta lebih atau naik 17% serta diikuti dengan jumlah pelaku UKM mencapai 55 juta unit lebih. Data tersebut yang membuat ranah UKM masih terbuka luas bagi siapa saja yang ingin memulainya.

Setelah mendapatkan inspirasi untuk membuka sebuah bisnis jenis UKM, kalian perlu mengusahakan agar bisnis kalian bisa bertahan, terutama pada masa pademi Covid – 19 Corona seperti saat ini.  Klik banner di bawah untuk mendapatkan panduan lengkap UKM selama masa pandemi Covid – 19 Corona. GRATIS dan BUKAN SPAM, lho!

Artikel Terkait

Bisnis Baju Muslim Premium? Ini Strateginya!

marsha

5 Masalah UMKM di Indonesia yang Belum Terselesaikan

marsha

Banyak Pengusaha Tidak Tahu, Ini 8 Macam Aset Tak Berwujud yang Harus DiKetahui!

Iskandar Rumi