a

Jangan Baper! 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial

Semakin tinggi dan besar pohon, maka akan semakin kencang pula tiupan angin yang mengenainya. Mungkin seperti itulah gambaran tentang perjalanan sebuah brand di media sosial. Jadi, ketika sebuah brand semakin besar, maka hal tersebut akan berbanding lurus dengan banyaknya komentar negatif yang kadang muncul di media sosial.

Komentar negatif memang sangat sulit dihindari oleh sebuah brand atau pemilik usaha. Sebagai pemilik brand, Anda harus bisa menghadapi sebuah komentar negatif dengan adem ayem dan jangan tersulut emosi. SolusiUKM akan memberikan saran kepada para pengusaha UMKM untuk bisa menghadapi komentar negatif di media sosial.

Terapkan 5 tips menghadapi komentar negatif di media sosial berikut ini, agar bisnis Anda tidak hancur oleh komentar negatif netizen.

1. Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial Redam emosi dan balas komentar setelah pikiran jernih

Netizen sering disebut “maha benar”. Banyak dari mereka yang tidak segan dan malu untuk memberikan komentar yang kejam dan mematikan. Tapi mau bagaimanapun juga, netizen tetap perlu ‘didinginkan’.

Jangan pernah melawan, menanggapi, ataupun menjawab komentar negatif netizen dalam keadaan Anda sedang emosi dan panas. Sekalipun komentar tersebut membuat kepala dan dada Anda panas, redamlah untuk sementara waktu.

Anda bisa refreshing atau mengalihkan diri ke hal-hal yang menyenangkan. Kalau komentar tersebut sangat buruk, Anda bisa menutup akun sementara. Karena jika Anda membalas komentar negatif dalam keadaan emosi, bukan tidak mungkin balasan dari Anda justru dapat memicu tanggapan komentar yang lebih sadis. Jika hal ini sampai terjadi, Anda tentu tahu apa konsekuensinya.

2. Setelah emosi melebur, jawab komentar dari netizen tersebut dengan bahasa yang sopan dan terkesan tenang

Api harus disiram dengan air. Ungkapan ini sangat tepat ditujukan ke dalam situasi seperti ini. Memang tidak mudah untuk menerima komentar negatif, tapi bagaimanapun netizen selalu benar dan merasa menang.

Jadi, setelah Anda berhasil meleburkan emosi, entah dengan refreshing atau menutup akun, maka cara yang benar dan baik dalam menghadapi komentar negatif di media sosial tersebut dengan bahasa yang sopan.

Bahasa yang sopan ini akan sangat terlihat bahwa Anda adalah orang yang tenang dan memang pantas untuk menjadi brand andalan. Anda bisa belajar dari influencer, artis atau orang-orang yang sering dibully oleh netizen dan mereka mampu menjawab dengan penuh kesopanan lagi santun serta tenang.

3. Empati yang mendalam wajib dimiliki untuk memahami komentar negatif

Memiliki jiwa empati adalah salah satu cara menghadapi komentar negatif di media sosial paling ampuh. Ini merupakan keahlian di era digital. Meskipun memang masih langka diterapkan, namun hasilnya mencengangkan. Anda yang saat ini mungkin tengah kesal bahkan emosi karena komentar negatif haters yang jika bicara sembarangan dan tidak tahu sopan santun.

Cobalah untuk mencari tahu siapa sebenarnya mereka. Pelajari juga faktor apa yang membuat haters menyerang Anda. Dalam hal ini, pergunakan empati yang dapat digali dari hati yang tulus, kemudian rasakan hasilnya.

4. Berikan pengertian kepada haters bahwa perbedaan dalam berpendapat adalah hal yang wajar dan sah

Terkadang haters yang memberikan komentar negatif di media sosial sejatinya mereka belum bisa memahami bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, lumrah, dan sah. Jika Anda mendapati media sosial Anda didatangi orang macam ini, maka Anda harus menuntun mereka agar mau menghargai perbedaan pendapat dan tidak perlu ngotot merasa paling benar.

Bahkan mengemukakan pendapat yang asertif juga bisa dilakukan. Intinya, sikap untuk sama-sama mengedukasi perlu diterapkan dalam menghadapi komentar negatif di media sosial.

5. Miliki selera humor yang tinggi untuk menanggapi komentar negatif

Humor tidak hanya ampuh digunakan untuk menghibur seseorang yang tengah menderita, sakit dan sedih. Humor juga sangat ampuh diterapkan pada saat menghadapi haters yang berkomentar negatif dan membuat situasi panas. Jika saat ini Anda belum bisa melemparkan humor, Anda bisa belajar dari orang yang memiliki selera humor yang tinggi. Percayalah, jawaban yang jenaka tidak akan memperpanjang konflik.

Itulah 5 cara menghadapi komentar negatif di media sosial yang bisa Anda praktikkan, agar kesan elegan, cerdas dan berkompeten ada pada Anda. Dengan demikian, Anda sebagai influencer dapat menyelamatkan image bisnis atau usaha yang Anda jalankan. Tetap sabar dan tenang ketika menghadapi komentar negatif.

Share With:
Rate This Article