a

Jangan Pernah Abaikan! 5 Langkah Agar Bisnis Taat Hukum

Setiap tahun jumlah pebisnis terus bertambah. Selalu ada ide-ide segar bermunculan dari para pebisnis pemula. Namun ada beberapa yang mereka lupakan, yakni aspek hukum dari bisnis yang mereka dirikan. Padahal aspek hukum cukup penting untuk kelangsungan hidup bisnis mereka. Lalu apa saja langkah agar bisnis taat hukum?

Memang akan lebih menarik ketika bisnis sudah jalan, untuk mencari pelanggan baru, bukan mengurus berkas-berkas administratif. Dengan adanya kekuatan hukum akan memudahkan bisnis ketika ada masalah dan untuk membuat segala hal kebutuhan berkaitan dengan perbankan.

Apa saja yang harus dipersiapkan agar bisnis memiliki kekuatan hukum yang baik dan bisa dipandang sebagai bisnis yang kredibel? Simak ulasan dari SolusiUKM berikut ini.

Jangan Pernah Lupakan Sebuah Nama

Nama bisnis menjadi satu aspek penting untuk Anda gunakan. Coba pikirkan nama yang belum pernah digunakan sama sekali dimanapun. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia. Anda harus bisa mencari nama-nama secara komprehensif untuk mendapatkan nama hebat dan bisa mudah diingat oleh masyarakat serta target pasar Anda.

Nama terkadang menjadi sesuatu yang cukup sulit. Padahal nama menjadi satu hal penting untuk bisnis. Tanpa nama, customer akan bingung bagaimana ia akan mengingat sebuah produk atau sebuah layanan yang diberikan bisnis Anda.

Mengurus Izin Usaha

Jangan pernah melupakan izin usaha. Banyak pengusaha yang sering mengabaikan izin usaha. Padahal izin usaha menjadi salah satu hal penting bagi bisnis. Izin usaha sebagai salah satu aturan jika bisnis yang Anda dirikan sudah memiliki izin dari Pemerintah setempat dan lembaga lainnya.

Di Indonesia, jika bisnis Anda sudah memiliki izin usaha akan mudah dalam mengurus apapun. Baik itu mengurus pinjaman, perdagangan ekspor impor, dan bisa mengikuti lelang tender proyek-proyek pemerintahan loh. Cara ini tentunya akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk menjalankan bisnis.

Jangan Lupa NPWP

Bagi sebuah bisnis, NPWP menjadi salah satu dokumen yang tidak boleh dilupakan. NPWP menjadi salah dokumen penting yang harus dimiliki oleh para pengusaha. Ada segudang manfaat yang akan diperoleh oleh pengusaha ketika bisnisnya memiliki NPWP.

Dengan adanya NPWP, bisnis Anda akan dipandang lebih professional dibandingkan bisnis lain. NPWP juga akan memudahkan Anda untuk melakukan kolaborasi dengan para pebisnis lainnya. Adanya NPWP akan memudahkan Anda dalam mengurus pajak bahkan pihak Pajak memberikan diskon potongan pajak bagi pebisnis yang memiliki NPWP.

Pelajari UU Ketenagakerjaan

Sebagai pengusaha, Anda juga harus mempelajari mengenai UU ketenagakerjaan yang berlaku. UU akan membantu untuk mengetahui apa saja ketentuan, hak, dan kewajiban karyawan yang disediakan oleh negara. Hal ini juga bisa menjadikan batasan-batasan bagi Anda menerapkan peraturan untuk karyawan yang bekerja dengan Anda.

UU ketenagakerjaan akan membantu Anda untuk mendapatkan ketentuan potongan pajak, potongan jaminan kesahatan hingga asuransi untuk karyawan Anda.

Mendaftarkan Hak Paten

Nama, simbol, dan logo dari bisnis yang Anda miliki harus di patenkan. Usahakan menggunakan hak paten agar tidak ada yang menjiplaknya. Anda bisa mendaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mengurusnya. Hak paten akan mematenkan nama, simbol, dan logo bisnis untuk tidak ditiru oleh pebisnis lainnya.

Dengan adanya hak paten pada nama, logo, dan simbol bisnis, Ketika ada yang menggunakan untuk promosi lainnya. Maka itu akan membuat yang menggunakan dikenakan hukum. Sehingga Anda bisa lebih menjaga hasil karya yang Anda buat.

Dengan melakukan 5 langkah hukum di atas, Anda akan menunjukan bahwa bisnis Anda merupakan bisnis yang taat hukum dan aturan yang berlaku. Bahkan bisnis Anda akan dipandang lebih kredibel dan bisa dipercaya untuk berkolaborasi.

Share With:
Rate This Article