Solusiukm
Manajemen & Pemasaran

Jangan Ragu Lagi, 10 Alasan Mengapa Harus memiliki Toko Online

Mulai sejak beberapa tahun terakhir ini, toko online menjadi suatu cara ampuh untuk menaikkan pendapatan dari penjualan barang. Bahkan juga, beberapa orang yang awalannya cuma menjualkan produk orang lain kini telah mempunyai toko online sendiri, pendapatan yang diperoleh dari menjualkan produk orang lain tersebut. Cerita ini bukan tanpa bukti, bila kamu sering berkunjung ke komunitas Kaskus, disana seringkali tertera kisah-kisah sukses anggota yang berjualan di komunitas jual beli kaskus maupun di tempat jual beli lain atau marketplace. Artikel ini akan menguatkan kamu  mengapa harus memiliki toko online sendiri.

Banyak cerita inspiratif yang bisa Anda miliki agar Anda lebih percaya untuk mengawali membuka toko online. Bila sekarang ini Anda telah mempunyai usaha offline, mungkin saja Anda juga akan ajukan pertanyaan kenapa mesti mempunyai toko online? Berikut adalah sebagian alasan mengapa harus memiliki toko online di kutip dari beragam sumber.

 

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan adanya toko online, maka usaha Anda juga akan mempunyai jangkauan yang lebih luas, tidak cuma dalam lokasi dimana Anda berada. Bila sekarang ini Anda belum juga mempunyai toko online sendiri, maka Anda bisa membuat akun di marketplace, seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee dan marketplace lainnya, serta menjual lewat sosial media atau mungkin dengan langkah membuat katalog produk dengan memakai blog.

Walau toko online juga akan memberi jangkauan pasar yang luas kepada Anda, tapi Anda harus ingat toko online tidak dapat cepat berkembang, kadangan hingga satu bulan Anda pun tidak mendapatkan pembeli. Hal pertama yang perlu Anda kerjakan yaitu mencari trust customer hingga bila satu waktu customer bisa kembali belanja maupun merekomendasikan toko Anda pada relasi atau keluarganya. Sehingga Anda tahu mengapa harus memiliki toko online.

 

2. e-commerce diperkirakan akan tumbuh sekitar 13-25 persen Setiap Tahun

Proyeksi dari eMarketer memperlihatkan perkembangan e-commerce yang cepat di semua dunia. Tahun ini diprediksikan juga akan menjangkau puncaknya pada akhir 2018, dengan nilai transaksi yang diprediksi hampir $ 2,5 triliun. Di AS sendiri, perkembangan e-commerce diperkirakan hingga mencapai antara 11, 6 % dan 16,5 % selama 2013-2018.

Dalam menentukan jenis bisnis, senantiasa untuk mengecek tren pasar mengenai pertumbuhan apabila memungkinkan. Statistik cadangan inspirasi kalau tipe e-commerce merupakan pilihan yang baik untuk pebisnis yang menginginkan mulai suatu perusahaan baru, atau mereka yang tertarik dalam diversifikasi serta memperluas bisnis. Dengan persentase yang cukup besar setiap tahunnya, menjadi alasan mengapa harus memiliki toko online. Jika bisnis Anda ingin lebih besar, di era sekarang Anda bisa mengetahui mengapa harus memiliki toko online sendiri.

Bila Anda menginginkan masuk ke e-commerce, adalah hal yang baik. Peluang tumbuh dari waktu ke waktu. Agar Anda bisa menikmati total transaksi tersebut, maka segeralah untuk membuka toko online Anda sendiri. Jangan selalu menumpang dengan orang lain.

 

3. Dapat menampung pelanggan lebih Banyak

Tidak serupa dengan usaha yang dilakukan secara offline, toko online bisa dengan mudah menjaring serta mendapatkan pelanggan, setiap saat dimana saja. Toko offline bisa saja hanya mampu di lihat oleh beberapa orang seputar toko Anda baik warga setempat maupun warga yang kebetulan lewat.

Sedangkan toko online dapat mendatangkan pelanggan dari semua dunia. Tidak cuma itu saja, untuk mereka yang pintar berbahasa Inggris, bisa meningkatkan bisnisnya contohnya dengan melakukan ekspor barang seperti kisah penjual biji kopi yang seringkali mengekspor dagangannya ke Eropa. Bukankah itu menarik, bisa dapat pelanggan dari luar negeri? Inilah alasan mengapa harus membuka toko online sendiri.

Artikel Terkait

9 Alasan Mengapa Malas Berbisnis vs 3 Alasan Mengapa Harus Berbisnis Saat Ini Juga

Iskandar Rumi

Penasaran dengan Bisnis yang Banyak digeluti Orang Medan Di Perantauan. Ini Jawabannya?

Iskandar Rumi

SolusiUKM Siap Sinergi Bareng Pengusaha UKM Bandung

Iskandar Rumi