a

Jangan Takut! 7 Wejangan dan Tips UKM Bisa Bersaing Dengan Perusahaan Besar

Saat ingin membangun sebuah usaha atau menjalankan usaha, kita sering sekali berpikir kalau usaha yang akan kita jalankan sudah sangat sulit untuk bersaing. Apa lagi Anda harus bersaing dengan perusahaan besar. Anda tak perlu takut, tim SolusiUkm akan memberikan kamu solusi bagaimana UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar. Tak perlu khawatir, peluang Anda masih tetap besar.

Mungkin kita tidak akan berpikir berat, jika saingan yang kita hadapi sesama UKM, tetapi kita akan berpikir sangat berat ketika harus bersaing dengan perusahaan besar. Apa lagi, di era digital saat ini para pemain besar pun ikut-ikutan bergabung di marketplace-marketplace besar di dunia online.

Terkadang sebagai pengusaha UKM sering menganggap kalau bersaing dengan perusahaan besar itu hanyalah musibah. Apa lagi, UKM yang kita rintis hanya bermodal pas-pasan, membuat kita takut untuk bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki sumber daya cukup besar. Baik itu sumber daya manusia, sumber daya materi, serta sumber daya promosinya mereka lebih kuat. Namun UKM yang modal masih terbatas, sangat sulit melakukan hal itu?

Anda tak perlu khawatir, semua bisa diatasi dengan bijak jika kita sungguh-sungguh untuk menjalankan bisnis yang kita bangun secara serius. SolusiUkm pun akan memberikan tips dan motivasi kepada pemilik UKM di Indonesia agar tetap bersaing dengan perusahaan besar.

Motivasi UKM Agar Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

UKM Menjadi Penopang Ekonomi Bangsa

Di saat krisis keuangan yang pernah terjadi di Indonesia, perusahaan-perusahaan besar pun mengalami krisis. Bahkan saat krisis banyak perusahaan besar yang harus gulung tikar, karena tidak sanggup menghadapi krisis keuangan yang terjadi.

Berbeda dengan UKM, UKM tetap bisa bertahan meskipun saat krisis keuangan terjadi. Bahkan pengamat ekonomi pun selalu menyanjung keberhasilan UKM saat menghadapi krisis. Wejangan pertama ini untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda bagaimana UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Mengentaskan Kemiskinan dan Membuka Lapangan Kerja

UKM di Indonesia selain sebagai penopang ekonomi, juga berperan sebagai pengentas kemiskinan karena UKM menjadi alat untuk mempersempit jurang kemiskinan, kehadiran UKM bisa membuka lapangan kerja secara luas dan penyerapan tenaga kerja yang sangat besar.

Hal itu terbukti dari data milik Kementerian Koperasi dan UMKM pada 2011 menyebutkan bahwa lebih dari 55 juta UKM di Indonesia bisa menyerap 101 juta orang untuk bekerja. Angka tersebut akan terus bertambah, seiring semakin banyaknya UKM-UKM di Indonesia yang pada 2016 angkanya sudah mencapai 60 juta.

Sebagai Penyumbang Devisa

Kementerian Koperasi dan UKM di tahun 2017 merilis data bahwa UKM menjadi penyumbang devisa negara yang angkanya cukup besar yakni mencapai Rp 88, 45 miliar. Angka tersebut dikatakan meningkat hingga delapan kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Tentunya tiga hal tersebut bisa menjadi motivasi Anda agar tetap membangun UKM dan bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Karena tiga hal tersebut tidak banyak dilakukan oleh perusahaan besar di Indonesia.

Bagaimana UKM Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar?

Memang melawan perusahaan besar bukanlah hal mudah, tetapi bukan berarti Anda sebagai UKM tidak bisa bersaing dengan perusahaan besar untuk bisa mendapatkan ceruk pasar konsumen dan produk yang Anda ciptakan merupakan produk yang disukai oleh konsumen.

Menganalisis

Cara pertama untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar adalah dengan menganalisis mereka. Dengan menganalisis si perusahaan besar, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah asalkan Anda bisa mengetahui cela kelemahan pesaing Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda analisis:

  • Target Konsumen mereka
  • Harga Produk yang mereka berikan
  • Identifikasi strategi pemasaran
  • Temukan Keunggulan Mereka
  • Analisis kekuatan dan kelemahan produk mereka

Dengan lima tips tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar. Cara pertama ini merupakan cara yang cukup mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa mencoba cara ini untuk menyaingi perusahaan besar.

Buat Produk yang Berbeda

Meskipun Anda sedang bersaing dengan perusahaan besar dengan produk yang sama, bukan berarti Anda harus menghadirkan produk sejenis yang sama persis dengan si perusahaan besar. Anda harus bisa menghadirkan produk yang sejenis namun dibalut dengan sentuhan inovasi yang menjadi ciri khas Anda. Hal ini akan menjadi cara terbaik UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Jangan Takut Ikut Pameran

Pemerintah sering sekali menyelenggarakan pameran-pameran khusus UKM, cara ini cukup ampuh untuk UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar yang ada. Dengan mengikuti pameran, secara tak langsung Anda bisa mengenalkan produk ke seluruh masyarakat lebih luas lagi. Selain itu, dengan mengikuti pameran Anda akan menemukan ide-ide segar untuk produk yang Anda ciptakan.

Manfaatkan Digital

Sekarang semua sudah serba digital, agar UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki produk sejenis, Anda harus memanfaatkan dunia digital untuk memperkenalkan produk Anda ke konsumen yang lebih besar. Dengan memanfaatkan digital akan memudahkan Anda dalam bersaing dengan perusahaan besar.

Manfaatkanlah sosial media, marketplace, dan website sebagai aset digital untuk promosi produk. Cara tersebut merupakan satu cara yang cukup ampuh untuk mengenalkan produk Anda ke konsumen yang sudah Anda kenal.

Motivasi dan tips UKM bisa bersaing dengan perusahaan besar yang memiliki produk sejenis tersebut mungkin bisa membuka pandangan Anda agar tidak takut untuk bersaing dengan produk-produk dari perusahaan besar yang memiliki produk sejenis. Jangan sampai, perusahaan besar atau brand besar menyiutkan nyali Anda untuk mengembangkan UKM menjadi lebih besar.

Share With:
Rate This Article