a

Jenis – Jenis UMKM yang Perlu Kamu Ketahui

UMKM atau Usaha Kecil Menengah di Indonesia menyumbang pendapatan negara yang sangat amat besar. Bahkan, industry UMKM di Indonesia yang paling bertahan saat berbagai krisis ekonomi menerjang.

Lalu, apa saja memangnnya jenis – jenis UMKM yang ada di Indonesia? Berikut penjelasan dari tim Solusi UKM.com khusus untuk kalian:

Jenis UMKM Kuliner 

UMKM bidang kuliner adalah salah satu jenis UMKM yang sangat banyak diminati. Selain karena antusiasme konsumen yang tinggi, bisnis ini tentu tidak akan pernah mati karena semua orang membutuhkan kuliner sebagai  kebutuhan pokok manusia. Jenis UMKM ini memang sering berganti seiring dengan cepatnya perubahan tren kuliner baik makanan inti, maupun makanan penutup.

Jenis UMKM Fesyen

Fesyen tentunya salah satu kebutuhan utama yang diperlukan manusia, maka jelas menjadi salah satu jenis UMKM yang laris dijual maupun dibeli oleh masyarakat. Fesyen sendiri bersifat sangat dinamis dalam pergantiannya sehingga akan diperlukan masyarakat secara terus – menerus secara berkala. Selain itu juga bisnis fesyen memiliki cabang jenis yang sangat banyak dari mulai jenis kelamin, umur, baju kerja, baju renang, dan lain sebagainya yang sangat banyak macamnya.

Jenis UMKM Agrobisnis 

Jenis UMKM ini menyasar sector pertanian dan peternakan. Ingin mencoba jenis UMKM ini namun takut terlalu membutuhkan usaha yang besar? Kalian bisa memanfaatkan pekarangan yang ada di rumah untuk menjalankan jenis UMKM ini. Bisa dimulai dengan membeli bibit tanaman sayur dan buah yang nantinya saat panen bisa dijual kembali. Menarik, kan?

Jenis UMKM Digital

Sesungguhnya, jenis UMKM yang satu ini sangat luas penjabarannya dan banyak sekali pecahan cabang yang bisa kita telusuri. Banyak bisnis yang bisa diperjual belikan pada ranah internet dan masuk ke jenis UMKM Indonesia selama skalanya masih mencangkup kecil. Banyak jenis UMKM yang merambah bisnis domain website, pembuatan website, design website, bahkan, jual beli followers palsu sosial media juga bisa dikatakan sebagai jenis UMKM digital. Hehehe.

Jenis UMKM Otomotif

Jenis UMKM ini akan lebih mudah didalami jika kalian penyuka otomotif dan memiliki hobi mengotak atik dunia mesin otomotif. Karena sangat banyak orang yang awalnya berawal dari hobi otomotif, namun berujung menjadikannya lading bisnis yang mendatangkan untung besar. Jenis UMKM otomotif juga telah dijalani oleh beberapa public figure seperti Alitt Sutanto, dan Gofar Hilman. Langkah awal untuk menjalani jenis UMKM otomotif ini adalah dengan membuka toko penjualan spare part, atau membuka jasa  pencucian motor dan mobil, atau perlengkapan safety riding seperti helm, jaket dan sarung tangan berstandar SNI.

Jenis UMKM Kerajinan Tangan

Industri bisnis UMKM pada sektor kerajinan tangan tentu bisa menjadi salah satu peluang yang bisa dimaksimalkan. Jenis UMKM ini sangat mebutuhkan  modal kreatifitas dan inovasi. Bahan dasar yang digunakan jenis UMKM ini pun bisa diperoleh dengan modal dana yang sangat minim karena banyak yang memanfaatkan barang selesai pakai, bahkan barang bekas tak terpakai dan menjadikannya produk dengan nilai jual tinggi. Apa kalian cukup kreatif?

Nah, kira – kira dari penjelasan tim kami, apa ada yang masih belum jelas mengenai jenis – jenis UMKM di Indonesia? Atau menurut kalian ada jenis UMKM yang masih belum kami sebutkan? Coba untuk jenis UMKM lainnya bisa kirim direct message ke Instagram kami @solusiukmcom, dan jangan lupa juga untuk follow kami di Instagram, ya!

Gabung ke membership kami  GRATIS agar mendapatkan E-Book tips dan trik bisnis laris pada dunia UMKM dengan klik di sini.

3 2 votes
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x