Solusiukm
Bisnis

Jouska yang Terkenal Itu Ternyata Penipuan. Simak Ulasan Lengkapnya:

Photo Source: Detik

Jika kalian yang termasuk individu yang aktif dalam kegiatan sosial media, terutama sosial media Instagram, pasti kalian tidak asing dengan nama Jouska. Akun Jouska tersebut beberapa saat lalu dituduh sebagai badan penipuan, lho! Akun Instagram Jouska saat ini memang sudah hilang jika kalian berusaha mencarinya pada media sosial Instagram. Hal ini tentunya disebabkan karena Jouska dituding dan sudah terbukti melakukan pelanggaran klien – klien mereka.

Akun Jouska memang sering memberikan manfaat. Jouska sering membagikan tips – tips yang sering berguna bagi masyarakat umum. Beberapa materi yang sering dibagikan oleh tim Jouska sendiri adalah seputar dunia financial. Namun, baru – baru ini, akun Jouska masuk dalam berbagai berita dan mereka dituduh sebagai melakukan kegiatan penipuan. Jouska sendiri dibangun dengan nama perusahan PT Jouska Finansial Indonesia, atau dengan nama akun Instagram sebagai media komunikasi @Jouska_ID. Akun tersebut bahkan diberi centang biru yang menandakan bahwa Jouska merupakan aku terverifikasi oleh pihak Instagram. Dengan semua verifikasi yang terbukti benar, ditambah dengan pembagian informasi dan tips bisnis yang selalu valid, akhirnya membuat Jouska banyak sekali disukai oleh masyarakat.

Jouska yang dituduh melakukan praktek penipuan tersebut selalu menggaungkan penjelasan bahwa PT Jouska Finansial Indonesia telah terdaftar secara resmi pada lembaga Otoritas Jasa Keuangan, atau biasa disingkat dengan sebutan OJK. Pada saat yang hampir bersamaan, klien – klien dari bisnis Jouska tersebut keluar satu persatu. Klien – klien dari Jouska tersebut mempermasalahkan peran Jouska dan menuding Jouska menjalankan praktek penipuan.

Tidak tanggung – tanggung, total kerugian yang diakibatkan oleh PT Jouska Finansial Indonesia tersebut mencapai ratusan juta. Nominal ratusan juta tersebut datang dari mereka – mereka klien dari Jouska yang merasa Jouska telah menjalankan praktek penipuan.

Berikut urutan masalah penipuan PT Jouska Finansial Indonesia terhadap klien – klien mereka:

Jouska dan Penipuan RDI (Rekening Dana Investor) Milik Klien

Salah satu klien dari TP Jouska Finansial Indonesia mengaku bahwa ia ditipu perihal RDI miliknya. RDI tersebut merupakan singkata dari Rekening Dana Investor. Dikutip melalui media CNBC, Rekening Dana Investor milik klien tersebut diakses pihak Jouska. Jouska sendiri memang memiliki akses ke Rekening Dana Investor milik klien tersebut. Pada akses tersebut, mereka bsia melakukan sebuah transaksi dengan langsung, membeli sejumlah saham dan juga menjual saham ytang diinginkan.

Jouska dan Saham LUCK yang ditujukan untuk klien mereka

Karena jumlah klien yang dimiliki oleh Jouska sangat banyak, Jouska secara sering membeli saham tanpa izin dan sepengetahuan dari klien – klienĀ  tersebut. Karena akses untuk membeli saham dengan akun milik klien – klien mereka tersebut yang akhirnya membuat Jouska bisa melakukan kecurangan yang berujung penipuan. Seluruh klien yang dimiliki oleh Jouska, tanpa izin klien – klien mereka, membeli saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK). Tentu pola yang dilakukan Jouska ini sangat mencurigakan.

Mengelola dana klien tanpa wewenang dan izin yang jelas

Jenis izin bisnis Jouska yang melmpaui izin sesungguhnya

Hal ini yang akhirnya menjadi poin fatal bagi keberlangsungan PT Jouska Finansial Indonesia. Pada dunia finansial, peraturan- peraturan mengenai izin dan praktek lapangan perlu dicek dengan sangat amat rinci. Hal ini disebabkan karena poin – poin izin usaha harus sangat sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Ini yang akhirnya membuat PT Jouska Finansial Indonesia menjadi masalah penipuan. Terdapat perbedaan antara apa yang dijalankan Jouska dan apa yang didaftarkan oleh Jouska sebagai kegiatan usaha. Poin – poin perbedaan tersebut ada pada izin kegiatan yang berbeda, izin produkĀ  yang berbeda, dan juga izin usaha yang berbeda.

Jouska hanya mendaftarkan pada tim Otoritas Jasa Keuangan atau biasa disingkat dengan nama OJK tersebut hanya sebagai penasehat keuangan, tidak lebih. Namun, Jouska justru melakukan kegiatan sebaliknya. Jouska melakukan penipuan pada klien – klien mereka dan menggunakan rekening – rekening milik klien untuk melakukan jual beli saham tanpa sepengetahuan klien – klien tersebut.

Pihak masyarakat umum sangat menyayangkan kejadian ini. Pasalnya, Jouska sering memberikan informasi – informasi yang sangat berguna bagi masyarakat umum yang sangat buta mengenai finansial. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari kasus penipuan dari Jouska ini ya, Sobat UKM!

 

 

Artikel Terkait

7 Pengusaha UKM Sukses di Indonesia yang Bisa jadi Panutan

marsha

Clarks yang Terkenal Bangkrut di Sini. Pelajari Agar Bisnis Kalian Tidak Bangkrut!

marsha

5 Trik Agar Usaha Musiman Tetap Lancar

marsha