a

Jual Nasi Tumpeng Kekinian, Omzet Miliaran Rupiah!

Berbagai jenis bisnis tentunya akan dicoba oleh kalian yang memang memiliki ketertarikan pada dunia bisnis. Atau, bisa jadi kalian yang dari dulu ingin sekali mencoba membuka sebuah usaha, namun masih dikuatirkan terhadap berbagai ketakutan – ketakuan pelaku  pemula, seperti jenis bisnis apa, apa saja resiko yang harus dihadapi, bagaimana memulai sebuah usaha, dan potensi hambatan – hambatan lainnya.

Salah satu bisnis yang tidak lekang oleh waktu, adalah jenis bisnis bidang kuliner. Selain banyak dicari warga, pangan tentunya menjadi kebutuhan utama kehidupan manusia. Masyarakat tentu akan bosan jika jenis makanan yang dikonsumsi memiliki jenis itu – itu saja. Banyak juga yang menyukai jenis kuliner lama namun perlu rombakan agar bisa menjadi selerea kekinian yang lebih baru.

Salah satu jenis makanan yang sudah ada dari dulu namun sekarang dibuat versi kekiniannya adalah jenis makanan nasi tumpeng. Nasi Tumpeng sendiri idientik dengan perayaan acara – acara besar dan perayaan tradisional yang biasanya diikuti oleh banyak orang. Nasi tumpeng yang mengandung unsur tradisional, kini disulap menjadi sebuah makanan kekinian dan berbentuk mini. Tidak hanya itu, inovasi yang diciptakan Tumpeng Mini tersebut juga dalam berbagai varian bentuk, warna, dan kombinasi makanan sehingga menjadi sebuah celah bisnis kuliner yang sangat menjanjikan.

Nasi tumpeng sendiri merupakan makanan favorit banyak masyarakat Indonesia, namun karena ukurannya yang besar menjadikan makanan tersebut hanya dikonsumsi pada acara-acara tertentu. Ade Indra datang dengan inovasi terbaru, dengan menciptakan Tumpeng Mini. Terlebih dengan bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Meskipun begitu, bisnis pada industri tersebut memiliki pesaing yang tinggi pula sehingga perlu strategi khusus untuk menjadi beda di dalam persaingan.

 

Ade Indra megaku inspirasi tersebut datang saat pengalaman dari kerabat yang sedang merayakan acara untuk anaknya tujuh bulanan. Dalam acara tradisi masyarakat Jawa tersebut dilakukan bagi-bagi nasi tumpeng atau biasa juga disebut dengan ‘tumpengan’, namun hanya dengan pengemasan kotak biasa. Dari situ ide Ade Indra untuk mempercantik penampilan dari nasi tumpeng.

Ade Indra memodifikasi nasi tumpeng yang terkesan heboh dan jadul, dengan bentuk-bentuk yang lebih kreatif. Varian yang disajikan antara lain Nasi Bali, Nasi Padang, dengan warna dari nasi yang juga beraneka ragam.

Tidak hanya itu, tampilan dari Tumpeng Mini tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan dari konsumen. Bisnis dari Ade Indra tersebut kini telah menjangkau wilayah Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Namun, permintaan terbesar masih dari Jakarta dengan presentase sebesar 80%.

Ade Indra pun sangat cerdik pawai dalam melakukan teknik marketing produknya. Ia memanfaatkan sosial media Instagram dengan maksimal dan tentu dengan biaya yang rendah. Selain itu, ia memanfaatkan koneksi yang ia miliki dengan pasanga Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie.

 

Dalam pernikahan Chelsea dan Glenn, Tumpeng Mini menyediakan 1.000 tumpeng dalam bentuk kecil dan disajikan untuk tamu dari resepsi pernikahan tersebut. Popularitas Tumpeng Mini pun melejit dengan bertambahnya followers akun Instagram @TumpengMini. Penjualan dari Tumpeng Mini pun meningkat drastis, yang mulanya hanya 20 juta sampai 30 juta Rupiah, kini omzet mencapai 1,2 Miliar Rupiah.

 

Tidak berhenti di situ, Ade Indra kini semakin agresif memutar biaya marketing dengan membidik artis lain sebagai peningkat brand awareness pada Nina Zatulini, Melody Prima, Risty Tagor, Donna Agnesia, hingga Sandra Dewi. Semoga inspirasi di atas dapat menjadikan Anda semakin semangat dalam menggali inspirasi bisnis, ya. Tetap semangat dan jangan menyerah! 😉

 

Share With:
Rate This Article
No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.