Solusiukm
Digital Marketing

Jualan Lewat WhatsApp Buat Bisnis Kecil-Kecilan? Gampang! Ini Caranya Biar Sukses

Pada masa pandemi seperti saat ini, tentu semua orang sedang berlomba – lomba untuk mendapatkan penghasilan lebih. Hal ini disebakan karena situasi yang tidak menentu dari virus Covid – 19 Corona. Virus Covid – 19 Corona yang menyebar di seluruh dunia ini yang akhirnya menyebabkan situasi pandemi yang terjadi hampir di seluruh negara.

Situasi yang datang serba mendadak, akhirnya membuat berbagai kalangan masyarakat merasa terdesak. Banyak sekali para pekerja yang terpaksa mendapat potongan gaji setiap bulannya karena perusahaan tempatnya bekerja sangat merugi. Selain pemotongan gaji setiap bulan, banyak juga pekerja yang terpaksa harus dirumahkan atau mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Dengan situasi seperti saat ini. salah satu solusi agar bisa bertahan hidup dalam situasi terdesak adalah dengan membuka bisnis. Menjalankan ide bisnis kecil – kecilan bisa dikerjakan, terutama saat situasi tidak menentu seperti saat ini. Bisnis kecil – kecilan bisa dikerjakan karena memiliki beberapa kelebihan. Keuntungan dengan menjalankan  bisnis kecil – kecilan, salah satunya adalah tidak membutuhkan modal uang yang besar. Hal ini perlu diperhatikan, karena pada situasi sulit seperti sekarang, bertahan hidup dalam keadaan terdesak sangat penting dilakukan.

Salah satu jenis bisnis kecil – kecilan yang bisa dilakukan adalah dengan jualan lewat WhatsApp. Kalian bisa memilih jenis produk apa saja yang tidak mennguras dompet kalian, dan menjualnya menawarkan jualan lewat WhatsApp. Jenis – jenis jualan lewat WhatsApp pun bisa beraneka ragam. Bahkan, dengan jualan lewat WhatsApp, kalian bisa menjual apa saja tanpa terbatas jenis – jenisnya. Hal ini disebabkan karena jualan lewat WhatsApp tidak terpaku pada image perusahaan atau lebih personal sehingga teman – teman kalian lebih memahami situasi jualan lewat WhatsApp milik kalian.

Lalu apa saja yang bisa disiapkan untuk jualan lewat WhatsApp?

Siapkan foto yang baik, dan berbeda di setiap produk

Langkah paling pertama untuk jualan lewat WhatsApp, adalah memiliki foto produk yang mumpuni. Tidak perlu hingga menyewa fotografer mahal untuk melakukan foto produk jualan lewat WhatsApp, kok. Kalian bisa meminjam camera milik kerabat untuk melakukan foto produk yang baik. Atau, jika camera yang ada pada smartphone milik kalian memiliki kualitas yang baik, kalian juga bisa memanfaatkannya.

Siapkan beberapa properti sederhana untuk melakukan foto produk jualan lewat WhatsApp milik kalian. Background untuk latar foto, bisa menggunakan kain putih bersih, atau hal – hal kreatif lainnya seperti koran atau kertas kado. Kalian bisa mencari inspirasinya di mesin pencari Google. Gunakan pencahayaan yang baik, bisa menggunakan sinar natural dari matahari. Jangan lupa edit kembali foto produk kalian agar lebih jelas dan HD dengan menggunakan aplikasi gratis pada smartphone seperti Snapseed.

Jika perlu, siapkan video

Bagian ini memang lebih membutuhkan usaha. Namun, jika diperlukan, memang membutuhkan usaha yang ekstra, namun akan membuat materi jualan lewat WhatsApp kalian lebih bervariasi. Dengan variasi materi, tentu membuat rasa tertarik konsumen lebih bisa digali. Gunakan juga latar musik lagu yang menarik agar video produk untuk jualan lewat WhatsApp lebih menarik dan membuat konsumen membeli.

Draft kalimat menarik, bisa soal kelebihan dan fakta produk

Bagian ini juga tidak kalah penting sebagai materi jualan lewat WhatsApp. Jika hanya foto dan video tanpa penjelasan menarik, tentu jualan lewat WhatsApp milik kalian akan diabaikan oleh potensial konsumen. Tulis penjelasan pada notes di smartphone milik kalian. Pilih kata – kata yang menunjukkan keunggulan dari produk kalian, bisa dari segi harga, dari kualitas produk, dari bentuk, dari warna, apa saja. Dengan kalimat – kalimat menggugah, kalian bisa semakin membuat jualan lewat WhatsApp kalian lebih menarik. Dengan kalimat – kalimat yang menjelaskan kelebihan produk kalian, konsumen akan lebih ingin melakukan pembelian pada jualan lewat WhatsApp milik kalian.

Perbanyak teman pada daftar kontak WhatsApp kalian

Sistem dari jualan lewat WhatsApp adalah dengan menyebar materi – materi pada mereka yang ada daftar kontak kalian. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki daftar kontak pertemanan yang banyak. Dengan daftar kontak pertemanan yang banyak, tentu semakin membuka bisnis jualan lewat WhatsApp kalian semakin banyak peminat. Save nomer handphone teman – teman lama, atau kolega kenalan kalian yang sebelumnya tidak terpikir.

Manfaatkan WhatsApp Status

Yang ini tentu wajib untuk dimaksimalkan. Dengan jualan lewat WhatsApp, kalian perlu menggunakan maksimal fitur WhatsApp status. Selain karena tidak terlalu mengganggu kontak teman kalian, yang melihat materi jualan lewat WhatsApp milik kalian memang hanya mereka yang benar – benar tertarik.

Hindari WhatsApp Broadcast

Poin terakhir agar jualan lewat WhatsApp milik kalian tidak terlalu mengganggu, adalah dengan menhindari melakukan broadcast message. Boradcast message sifatnya mengganggu karena memunculkan notifikasi pada kontak kalian saat kontak kalian tidak menginginkan pesan masuk dari yang tidak diinginkan. Untuk itu, boradcast message sebagai jualan lewat WhatsApp sangat tidak direkomendasikan.

Poin yang tidak kalah penting dalam jualan lewat WhatsApp, terutama pada saat pandemi adalah dengan membaca panduan bisnis UKM yang tepat. Beberapa trik perlu dilakukan agar bisnis UKM  kalian di masa pandemi seperti saat ini tidak sampai turun omzet dan bahkan bangkrut gulung tikar. Untuk itu, baca PANDUAN UKM DI MASA PANDEMI, GRATIS! Klik pada banner di bawah ini, yaaaa.

Artikel Terkait

Curi Trik Campaign 10.10 dari Berbagai e-Commerce Buat Bisnis Anda!

marsha

Biar Banyak Closingan! 5 Trik Menghasilkan Foto Produk Ini Wajib Ditiru Pebisnis Online

Iskandar Rumi

Jangan Baper! 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial

Maya Nirmala Sari