Solusiukm
Bisnis

Nambah Karyawan? Jangan Buru – Buru! Cek Tipsnya di Sini!

Mendirikan sebuah bisnis yang besar, maju, dan berkembang, tentunya adalah impian banyak orang, termasuk kalian pembaca setia Solusi UKM. Namun tak semua dari mereka memiliki kemampuan baik untuk mengelola bisnisnya tersebut hingga berhasil dan ada di puncak sukses. Bagi mereka Рmereka para pebisnis Indonesia yang  telah berhasil pun, mereka harus tetap melakukan manajemen yang baik agar kondisi bisnis yang mereka miliki bisa tetap stabil. Semakin lama berjalannya sebuah bisnis, semakin berkembang sehingga Anda pun memerlukan karyawan baru sebagai perluasan SDM. Merekrut karyawan juga tak boleh dilakukan secara sembarangan namun Anda harus memperhatikan kapan saat yang tepat. Berikut saat yang tepat bagi Anda untuk merekrut karyawan.

Saat Membuka Cabang Baru

Ketika membuka cabang baru, selain memperhatikan dananya, Anda juga harus memikirkan memgenai ketersediaan sumber daya manusia yang telah dimiliki. Tentunyan akan sulit bagi kalian, bahkan tidak mungkin bagi Anda untuk mengelola dua cabang dalam waktu bersamaan seorang diri, bukan? Oleh sebab itu, Anda harus mempekerjakan beberapa lagi karyawan (yang jumlahnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan) untuk ditempatkan di cabang – cabang baru tersebut. Karyawan ini yang nantinya akan bertanggung jawab mengelola penjualan dan pelanggan di sana.

Anda memang tidak bisa mengawasinya secara terus-menerus, jadi pastikan Anda merekrut karyawan yang bisa dipercaya. Selain itu, Anda juga harus memiliki sistem manajemen yang jelas agar karyawan baru tersebut bisa melakukan semuanya dengan baik dan sistematis.

Saat Sudah Tidak Mampu Lagi Meng-Handle Pesanan

Setelah berjalan beberapa lama, bisnis Anda semakin berkembang, konsumen pun juga semakin banyak dan datang dari berbagai penjuru. Akibatnya, pesanan semakin menumpuk dan SDM yang Anda miliki saat ini tidak mampu lagi menyelesaikan semua pesanan. Jika sudah seperti ini, maka saatnya Anda merekrut karyawan baru.

Dengan penambahan tenaga baru tersebut, pesanan dari konsumen pun bisa dikerjakan tanpa terlambat dan Anda tetap bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen. Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan pengeluaran karena pemasukan tentunya juga akan semakin besar seiring dengan banyaknya pesanan, bukan?

Ada Karyawan yang Resign

Karyawan resign adalah hal yang lumrah terjadi. Jika hal ini terjadi pada bisnis Anda, tidak perlu khawatir karena Anda bisa merekrut karyawan yang baru lagi. Tapi perlu diperhatikan, merekrut karyawan memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus memperhatikan keahlian yang dimilikinya serta kepribadian karyawan tersebut. Pastikan Anda merekrut karyawan yang jujur dan bisa dipercaya. Akan lebih baik kalau Anda mencari informasi tersebut dari teman atau kenalan.

Dengan pengganti tersebut, Anda bisa menyelesaikan pesanan seperti biasanya. Sebelum karyawan Anda resign, sebaiknya katakan padanya untuk melakukan pemberitahuan sebulan sebelumnya sehingga ketika ia resign, Anda sudah punya penggantinya karena kalau karyawan resign secara mendadak sedangkan Anda belum punya yang baru, tentu akan membuat semuanya Berantakan, bukan?

Apakah bisnis Anda sedang berada dalam kondisi-kondisi di atas? Maka sebaiknya Anda segera merekrut karyawan baru agar bisnis tetap berjalan lebih lancar. Dengan penambahan karyawan, tentunya bisnis kalian jalankan sedang kea arah maju dan lebih baik. Yang mana hal itu juga berarti omzet yang masuk pun akan mengalami penaikkan, bukan? Tapi begitu juga sebaliknya, jika  dirasa belum perlu maka sebaiknya tunda dulu karena perekrutan yang kurang efektif justru akan membuat pengeluaran Anda membengkak sia-sia. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Daftar Bisnis Selama Pandemi yang Bisa Bikin Kaya

marsha

Amerika Kerusuhan, Kafe Indonesia ‘Dua Coffee’ Kena Sasaran!

marsha

6 Kiat Mempertahankan Omzet dan Penjualan Pasca Lebaran

Iskandar Rumi