Solusiukm
Bisnis

Kata Siapa Bisnis Fotografi Mahal? Baca Tipsnya di Sini!

Memang benar, untuk melakukan pekerjaan dan berkaitan dengan bisnis dan kesuksesan, ada baiknya jika melakukan hal yang sesuai dengan passion, hobi atau kegemaran kita. Di antara kalian pasti ada yang memiliki hobi motret alias fotografi. Lalu, mengapa tidak menjadikan fotografi sebagai sebuah bisnis?

Dengan melakukan bisnis fotografi yang memang sudah menjadi kegemaran kalian sejak awal, tentunya dalam berproses dan mengerjakannya akan lebih menyenangkan dan tanpa berat hati, bukan? Mendatangkan uang dari hobi benar – benar merupakan impian banyak pelaku bisnis karena tidak ada yang lebih menyenangkan selain mencari uang dengan cara menyenangkan.

Zaman now, sudah makin banyak bisnis – bisnis yang bekembang pesat terutama pada sektor bisnis fotografi. Bahkan bisnis fotografi ini sangat menjanjikan dan menjadikannya bisnis utama. Bagi kalian yang masih ragu – ragu namun tertarik pada bisnis fotografi, sebenarnya bisnis fotografi tidak rumit sama sekali, bahkan bisa ditekan modal biayanya karena bisnis fotografi terkenal dengan modal biaya yang selangit. Gimana cara agar bisnis fotografi kalian minim modal? Simak penjelasan kami di bawah ini:

Modal Urusan Cincay!

Kita tahu yang namanya fotografi terkenal banget butuh modalyang super tinggi. Hak ini dikarenakan bisnis fotografi memiliki alat ‘perang’ seperti badan camera, lensa, dan pearalatan – peralatan lainnya yang mematok harga selangit. Seperti badan camera saja, denga harga baru, minimal membutuhkan sekitar Rp. 4.000.000,- yang mana harga tersebut belum termasuk lensa, yang tentunya lensa tersebut minimal perlu merogoh kocek jutaan rupiah. Tidak berhenti di situ saja, pada dunia fotografi sendiri masih memerlukan alat – alat lainnya agr foto yang dihasilkan memiliki kualitas jelas dan bagus

Beberapa trik yang dapat dilakukan agar bisnis fotografi bisa tercegah dari biaya modal selangit, adalah dengan menjalankan sistem DP atau down payment. Sistem ini memungkinkan kalian untuk mendapat uang muka yang bisa digunakan untuk menyewa peralatan – peralatan kamera.

Saat ini sudah sangat banyak tersedia bisnis – bisnis yang memang khusus menyewakan alat – alat fotografi. Setelah itu, hasil pembayarannya dapat dicicil untuk menabung dan membeli peralatan memotret agar ke depannya kalian bisa mandiri dengan camera dan perlengkapan milik pribadi.

Cara lainnya adalah dengan menyewa atau meminjam dari kerabat yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis fotografi ini. Pastikan juga hubungan kalian memang sudah dekat dengan mereka, ya!

Ngga Butuh yang Mehong
Sumber : www.freepik.com created by Freepik

Kami yakin bahwa dalam menjalankan bisnis fotografi ini, faktor peralatan camera mahal tidak bisa menjamin hasil yang fantastis juga. Selera dan skill yang baik adalah faktor utama bahkan paling penting yang nantinya akan menentukan hasil sebuah foto baik atau tidak, memuaskan klien atau tidak. Bahkan, dengan peralatan paling standar, hasil yang diciptakan dapat sangat baik asalkan skill yang mumpuni dan selera kekinian dimiliki oleh fotografer. Tapi tetap, diskusikan segala sesuatu dengan klien, jangan sampai nantinya klien tidak mengerti kondisi bisnis fotografi milik kamu dan berekspektasi lebih lalu kecewa, ya! Bahkan beberapa camera cukup mumpuni dengan julukan mirrorless banyak dirasa sudah cukup oke dalam menjalankan bisnis fotografi.

Sebagai portofolio awal, sangat bisa diawali dengan memotret kawan sendiri yang kiranya memiliki kelebihan terlihat baik di camera atau biasa disebut dengan fotogenic. Ciptkan konsep yang sesuai, low budget, namun tetap tingkatkan kreatifitas agar tetap baik sebagai portofolio bisnis fotografi. Gampang banget kan mulai bisnis fotografi tanpa budget! Jangan mudah menyerah dan selamat mencoba, gaes!

Artikel Terkait

Banyak Pengusaha Tidak Tahu, Ini 8 Macam Aset Tak Berwujud yang Harus DiKetahui!

Iskandar Rumi

Rahasia Jualan Laris di Shopee

marsha

KABAR GEMBIRA: Ada Bantuan Pemerintah untuk UKM Ambruk Karena Pandemi!

marsha