Solusiukm
Bisnis

Kembangkan Bisnis: Ini Cara Jitu Agar Produk Anda Dijual di Luar Negeri!

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti berkeinginan untuk semakin mengembangkan usaha yang Anda miliki. Caranya dapat dengan berbagai cara, seperti melebarkan sayap marketing, promo yang unik, sampai dengan usaha untuk menjual produk pada pasar internasional.

Hal ini lah yang membuat pameran dagang terbesar di Indonesia bernama Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 diciptakan. Acara ini direncanakan akan berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten pada 11 hingga 15 Oktober 2017.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, bahwa salah satu fokus pemerintah saat ini adalah menjaga neraca perdagangan dengan meningkatkan ekspor produk-produk potensial dalam negeri, yang mayoritas berasal dari UKM-UKM Indonesia.

“Bapak Presiden dalam salah satu perintahnya kepada saya adalah untuk menjaga neraca perdagangan dan itu harus meningkatkan ekspor,” ujar Enggartiasto Lukita.

Ia juga berpendapat bahwa dalam meningkatkan ekspor produk-produk Indonesia yang memiliki potensial merupakan hal yang mustahil jika tidak menggelar program promosi besar yang menarik dan bertujuan untuk mendatangkan calon pembeli dalam skala internasional.

“Bagaimana untuk meningkatkan ekspor kalau tidak melalsanakan promosi, bagaimana kita bisa membuka pasar-pasar ekspor baru kalau tidak melaksanakan promosi,” papar Enggartiasto.

Pemerintah, dalam naungan Kementrian Perdagangan berharap, nantinya pameran TEI bisa terselenggara dengan baik dengan tujuan untuk mendukung peningkatan ekspor yang sedang didorong oleh pemerintah. “Di lokasi penyelenggaraan baru, kami berharap TEI akan terlaksana lebih baik lewat penataan tampilan dan layout zonasi produk yang lebih baik dan lebih menarik sesuai standar internasional. Begitu juga dengan kenyamanan bertransaksi dan bernegosiasi bisnis,” ujar Mendag.

TEI 2017 direncanakan akan menampilkan lebih dari 300 produk dan jasa Indonesia, dan dipamerkan dalam 7 zona produk potensial dan unggulan nasional. Zona-zona tersebut adalah Furniture and Furnishing, Fashion, Craft and Creative Products, Premium Products, Strategic Industries, Manufacturing Products and Services, Food and Beverages, dan Province Premium Products.

“Setiap hall pameran akan dilengkapi dengan buyer service area untuk melayani buyer selama berada di lokasi pameran,” pungkas Mendag.

Berdasarkan data yang diriset oleh Kementerian Perdagangan, pada gelaran TEI 2016 yang diadakan tahun lalu telah berhasil membukukan nilai transaksi sebesar 1,02 miliar dollar AS, dengan total jumlah pengunjung 15.567 orang yang berasal dari 125 negara. Dari berbagai tamu internasional tersebut, negara dengan nilai transaksi terbesar antara lain adalah India, Malaysia, Swiss, Mesir, dan Perancis.

Dengan digelarnya acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 tersebut, diharapkan Anda sebagai pelaku UKM-UKM Indonesia dapat berpartisipasi sehingga mampu menunjukkan dan mempromosikan produk-produknya, dan diharapkan nantinya bisnis UKM yang Anda usung akan berkembang luas, tidak hanya pada zona lokal, namun juga mampu untuk bersaing pada ranah internasional.

Langkah selanjutnya yang penting untuk Anda ambil setelah usaha Anda dikenal secara internasional, adalah semakin memperdalam pengetahuan dalam menjalankan bisnis UKM. Menjalankan bisnis UKM tentunya bukan merupakan persoalan yang mudah. Hal ini disebabkan masa pandemi Covid – 19 Corona yang menyebabkan kondisi krisis secara global.

Dengan semua kesulitan – kesulitan tersebut, tim Solusi UKM membantu agar pelaku – pelaku bisnis UKM bisa lebih bertahan pada situasi yang sulit seperti saat ini. Cek panduan lengkap agar bisnis kalian bertahan di saat pandemi, GRATIS dan BUKAN SPAM. Yuk, klik banner di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Biar Gak Salah Jalan! 4 Tips Memilih Jenis Usaha yang Tepat

marsha

Ini Daftar Usaha yang Jarang Rugi Saat Masa Pandemi

marsha

8 Cara Membuat Usaha Franchise Agar Berkembang Hingga Memiliki Ribuan Mitra

marsha