Solusiukm
Bisnis

Kena PHK Karena Corona? Cek Bisnis 2020 yang Menjanjikan di Sini!

Tentunya, dengan menyebarnya fenomena pandemi virus Covid – 19 Corona, membuat sektor bisnis d berbagai negara mengubah pola dan strategi mereka. Urgensi para pelaku – pelaku bisnis tersebut pada saat ini adalah untuk bertahan hidup. Karena pada fakta di lapanga, sangat banyak bisnis – bisnis yang terpaksa gulung tikar diakibatkan lumpuhnya mobilisasi masyarakat dan juga daya beli konsumen.

Apa kalian termasuk salah satu korban PHK karena Corona?

Meluasnya virus pandemi Covid – 19 Corona tentunya sangat menghantam berbagai macam sektor, mulai dari yang kecil, hingga sektor – sektor raksasa yang besar. Salah satu sektor yang menjadi momok dan ketakutan banyak kalangan masyarakat adalah pada sektor ekonomi. Sektor ekonomi yang berdampak tentunya mempengaruhi bisnis – bisnis yang dimiliki oleh masyarakat.

Merebaknya virus mematikan berupa Covid – 19 Corona tersebut membuat banyak bisnis gulung tikar, seperti bisnis pariwisata, hotel, dan lain sebagainya. Bahkan, bisnis yang memiliki tingkat kapitalis tinggi saja dihimbau untuk tidak beroperasi alias tutup seperti tempat – tempat pusat perbelanjaan mall, dan plaza. Hal ini tentu dilakukan agar mata rantai dari Covid – 19 Corona tersebut putus sehingga tidak menulari yang lain. Bisnis – bisnis dengan skala lebih kecil seperti pedagang kaki lim pun tidak kalah terdampak.

Dengan efek yang besar dari pandemi Covid – 19 Corona tersebut, pada sektor – sektor bisnis tentu akan memiliki imbas besar, seperti unpaid leave, pemotongan gaji. Bahkan, efek yang terburuk pun banyak sekali pekerja yang terkena PHK atau singkatan dari Pemutusan Hubungan Kerja.

Dengan terjadinya banyak PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja tersebut, tentu banyak masyarakat yang kehilangan pemasukan untuk bertahan hidup. Banyak yang kebingungan saat mendat PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja untuk mencari nafkah. Bagi kalian yang terkena PHK, tidak perlu lagi sedih dan pusing, karena pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini, justru banyak beberapa peluang bisnis yang muncul dan bisa kalian manfaatkan dengan maksimal. Bisnis – bisnis tersebut tentu telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat pandemi Covid – 19 Corona dan diharuskan untuk work from home tidak keluar rumah.

Tim Solusi UKM telah merangkumkan apa saja bisnis 2020 yang menjanjikan, terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona yang sedang menyerang:

Makanan katering harian

Saat pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini, salah satu ide bisnis 2020 yang menjanjikan untuk mencari nafkah, terutama bagi kalian yang terkena PHK adalah bisnis kuliner jenis katering harian. Katering harian merupakan bisnis 2020 yang menjanjikan, karena pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini, banyak rumah tangga yang tentu merasa bosan atas masakan – masakan mereka yang itu – itu saja. Kita tidak tahu sampai kapan karantina mandiri seperti saat ini harus terus dilakukan, bukan?

Untuk menjamin katering harian sebagai bisnis 2020 yang menjanjikan tetap berjalan dengan baik, kalian perlu memastikan bahwa semua hal yang dimasak dilakukan dengan level higienis yang tinggi. Rekam kalian yang mencuci bahan makanan dengan sabun khusus.

Sang pencuci juga harus tetap menggunakan standar kebersihan seperti menggunakan sarung tangan, masker wajah, penutup kepala sekali pakai, agar konsumen benar – benar yakin bahwa bisnis katering harian kalian dikerjakan dengan sungguh – sungguh dan bebas dari virus penyakit. Jika kalian menjalankan bisnis katering harian dan disiplin mengenai standar higienis, tentu saja usaha katering harian tersebut dapat menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis 2020 yang menjanjikan.

Bisnis tanaman berkhasiat tradisional

Pilihan kedua untuk menjalani bisnis 2020 yang menjanjikan, adalah dengan berbisnis minuman tradisional berkhasiat, atau biasa disebut dengan julukan minuman jamu. Dalam menjual jamu sebagai bisnis 2020 yang menjanjikan, kalian bisa mejual tanaman – tanaman dalam wujud raw atau mentah belum diolah, seperti contohnya adalah temulawak.

Mengapa menjual jamu pada masa pandemi Covid – 19 Corona dapat menjadi pilihan yang baik untuk bisnis 2020 yang menjanjikan? Karena minuman jamu telah dipercaya sejak dahulu dapat meningkatkan imunitas tubuh, terlebih pula dengan bahan – bahan alami sehingga akan mengurangi efek – efek negatif olahan dan bahan – bahan pengawet kimia.

Nama lain dari tanaman tersebut adalah tanaman empon empon. Tanaman empon – empon ini yang nantinya dipetik hasilnya, dan dijadikan jamu sehingga dapat menjadi ide bisnis cemerlang untuk menjalani bisnis 2020 yang menjanjikan.

Tips untuk menjual jamu agar laku dan menjadi bisnis 2020 yang menjanjikan, yaitu dengan menggunakan kemasan yang rapi dan juga modern. Dengan kemasan yang kekinian, diharapkan image jamu sebagai minuman jadul dan tidak enak dapat segera disingkirkan, dan menjual jamu bisa menjadi salah satu ide cemerlang untuk berbisnis pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini. Jual minuman jamu pada saat kondisi dingin agar bisa dikonsumsi selama bulan Ramadhan seperti saat ini, yaaaa! Selamat mencoba sobat UKM!

 

 

Artikel Terkait

KABAR GEMBIRA: Ada Bantuan Pemerintah untuk UKM Ambruk Karena Pandemi!

marsha

Sinar Mas Mau Buka Pabrik Masker Karena Covid-19 Corona, lho!

marsha

Belajar Bisnis: Cara PDKT Bogasari ke Komunitas

marsha