a

Awas, Hindari 8 Kesalahan Mengelola Keuangan yang Sering Dilakukan Pengusaha

Memiliki uang banyak dari hasil keringat sendiri memang kebanggaan tersendiri. Apa lagi jika uang tersebut diperoleh dari keuntungan hasil usaha, maka cukup bangga bukan. Pengusaha mana pun akan merasa bangga ketika mendapatkan keuntungan yang sudah diharapkan jauh-jauh hari. Namun, terkadang banyak pengusaha yang lupa diri dan melakukan kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha. Dan hasil usaha tidak bisa dinikmati dalam waktu lama.

Apa lagi jika Anda seorang pengusaha pemula. Pastinya uang keuntungan sering sekali digunakan untuk memenuhi hasrat pribadi. Inilah kesalahan fatal yang sering dilakukan para pengusaha pemula dalam mengelola keuangan mereka. Padahal hasil keuntungan tersebut bisa digunakan untuk kepentingan usaha, seperti menambah store, menambah kapasitas produksi, dan lebih meningkatkan promosi untuk memperkenalkan brand kepada calon konsumen baru.

Jika Anda sebagai pengusaha tidak bisa mengatur keuangan, bersiaplah, hanya dalam menghitung hari bisnis yang selama ini sudah Anda bangun hanya tinggal kenangan. Mengatur uang bukanlah sesuatu yang mudah bagi setiap orang. Jangankan Anda pengusaha pemula, pengusaha yang sudah lama bercimpung di dunia bisnis, sering mengalami kesalahan mengelola keuangan bisnis.

Kesalahan-Kesalahan Mengelola Keuangan yang Sering Dilakukan Pengusaha

Banyak kesalahan yang sering dilakukan pengusaha dalam mengelola keuangan mereka. Sehingga dalam waktu singkat bisnis yang sedang berada di posisi puncak kembali ke posisi bawah, bahkan mengalami kebangkrutan. Hal itu karena disebabkan oleh kesalahan pengelolaan keuangan dalam bisnis Anda.

Mengunakan Keuntungan Usaha Untuk Memenuhi Nafsu Lifestyle

Kesalahan pertama yang sering terjadi pada pengusaha dalam mengelola keuangan mereka, baik itu pengusaha berpengalaman maupun pengusaha pemula sering menggunakan keuntungan usaha untuk memenuhi nafsu pribadinya.

Seperti membeli baju branded dengan harga mahal, gadget terbaru, mobil baru, dan sebagainya yang mereka anggap itu untuk menunjang bisnis. Padahal itu adalah kesalahan yang paling besar dalam berbisnis.

Mengeluarkan Modal Terlalu Besar, Agar Mendapatkan Keuntungan yang Besar Pula

Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada pebisnis pemula adalah berani mengeluarkan modal yang besar. Memang hal ini tidak salah, tetapi jika menggeluarkan modal terlalu besar akan menjadi kesalahan besar pula dan akan mengancam bisnis Anda.

Ingat, berbisnis juga memiliki resiko yang besar. Sama dengan Anda melakukan investasi, jika jumlah investasi Anda besar, maka resiko yang Anda hadapi pun akan besar. Ketika Anda berbisnis dengan modal besar, dan Anda tidak memiliki modal cadangan. Bersiaplah jika dilangkah pertama Anda gagal, untuk melangkah selanjutnya Anda sudah kehabisan amunisi.

Mencampur Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha

Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha yaitu sering mencampur antara uang pribadi dan usaha. Misal, Anda hanya memiliki satu rekening. Padahal ini kesalahan yang berakibat fatal pada usaha Anda. Karena, Anda tidak bisa melihat berapa jumlah keuntungan yang Anda peroleh dari usaha yang Anda jalankan.

Usahakanlah Anda memiliki rekening khusus untuk usaha. Pisahkan rekening untuk customer, dan untuk keperluan internal usaha, seperti untuk pengajian karyawan. Karena jika tidak, itu bisa membuat Anda tidak pernah bisa melihat berapa jumlah keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha.

Tidak Menyisihkan Keuntungan Untuk Usaha

Sering sekali pengusaha pemula tidak menyisihkan keuntungan yang mereka dapatkan dari usaha untuk digunakan sebagai pengembangan usaha. Banyak dari pengusaha yang mengabaikan hal ini. Padahal ini cukup penting, jangan sampai Anda selalu menghabiskan keuntungan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Ingat, dalam berbisnis bukan saat ini saja. Tetapi Anda juga harus memikirkan untuk kelangsungan bisnis selama beberapa tahun ke depan. Anda juga harus bisa melihat laju inflasi yang terjadi dari tahun ke tahun, karena inflasi akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan yang Jelas

Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha pemula, tidak memiliki rencana keuangan yang jelas. Bahkan rencana keuangan tidak pernah memiliki catatan-catatan. Padahal ini penting untuk mengetahui alokasi dana modal yang diperlukan mau dilarikan kemana saja.

Tidak adanya rencana keuangan yang jelas pun akan membuat Anda bingung, mau dibelanjakan apa saja modal yang Anda miliki tersebut. Karena Anda tidak tahu apa yang harus Anda belanjakan, dan untuk kebutuhan apa saja keuangan yang ada saat ini.

Tidak Memiliki Dana Darurat

Selain menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha, sebagai pengusaha Anda harus menyiapkan dana darurat. Dana ini bisa Anda gunakan ketika usaha Anda mengalami kritis, sangat jarang pengusaha yang memikirkan dana darurat. Terutama mereka yang masih dalam tahap pemula.

Sebaiknya, ketika Anda memiliki keuntungan yang cukup besar, sisihkanlah dari keuntungan tersebut sebagai dana darurat. Sebab, Anda tidak akan pernah mengetahui kapan usaha Anda mengalami kegagalan. Inilah pentingnya menyiapkan dana darurat.

Mengunakan Uang Pribadi untuk Bisnis

Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha adalah mengunakan uang pribadi untuk kebutuhan bisnis. Memang pada awal Anda memulai bisnis, Anda harus mengelontorkan uang pribadi sebagai modal usaha Anda.

Namun, saat usaha sudah berjalan maka hal itu jangan terlalu sering dilakukan. Sebab bisa menyebabkan hal fatal dalam menyusun laporan keuangan bisnis Anda. Sebaiknya buatkanlah rekening khusus yang memang digunakan untuk kepentingan usaha.

Tidak Memiliki Catatan Pembukuan yang Baik

Kesalahan mengelola keuangan yang sering dilakukan pengusaha yang paling sering terjadi, tidak memiliki catatan pembukuan yang baik untuk usahanya. Bahkan Anda tidak tahu berapa pendapatan dan pengeluaran yang terjadi pada periode tertentu. Hal itulah yang membuat seorang pengusaha tidak mengetahui jumlah keuntungan yang ia peroleh.

Sebaiknya dalam melakukan pencatatan pembukuan usaha, Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online (AOL). AOL merupakan software akuntansi dengan fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan UKM dan harga yang terjangkau bagi UKM. Dengan AOL, Anda bisa merapihkan sistem pembukuan keuangan bisnis sebaik mungkin. Sehingga Anda tidak perlu repot menyewa akuntan untuk pembuatan laporan keuangan usaha.

Share With:
Rate This Article