a

Kesempatan! 14 Usaha Kreatif yang Jarang Dilirik Pengusaha-Pengusaha Besar

Mencari sebuah ide bisnis terkadang menyulitkan bagi sebagian orang. Banyak dari mereka yang harus berpikir begitu keras hingga harus begadang setiap malam, bepergian ke tempat yang indah hanya sekedar menemukan ide bisnis, dan melakukan cara aneh untuk sekedar memikirkan peluang usaha yang sedang tren. Padahal Anda bisa memikirkan satu usaha kreatif untuk memulai bisnis yang ingin Anda jalankan.

Sebenarnya Anda bisa menemukan sebuah ide bisnis yang orang lain tidak pernah memikirkan ide tersebut, tetapi memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya. Seperti menciptakan produk yang bernilai karya seni, bisa menjadi satu pilihan untuk memulai sebuah bisnis. Suatu produk yang memiliki nilai art akan selalu diburu oleh konsumen di Indonesia, bahkan juga konsumen mancanegara.

Menemukan suatu ide bisnis tak perlu berpikir terlalu keras, terkadang pemikiran sederhana dari bahan sederhana dapat menghasilkan buah karya yang luar biasa dan akan membawa Anda menjadi seorang jutawan.

Peluang Usaha Kreatif

Cukup banyak usaha kreatif yang bisa Anda jalankan dan Anda coba. Anda bisa memulainya dengan bahan-bahan sederhana dan mungkin barang-barang tersebut selalu disepelekan oleh banyak orang. Padahal, jika diberi sentuhan seni maka barang tersebut bisa menjadi satu produk yang menghasilkan uang yang cukup besar.

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa barang-barang yang dianggap sepele dapat menjadi sesuatu yang luar biasa. Padahal banyak yang menganggap ide tersebut tidak akan dilirik oleh konsumen luas, ternyata tidak.

Drum atau Ban Bekas Dijadikan Meja dan bangku

Usaha kreatif dari drum bekas. sumber : ragamkerajinantangan.blogspot.com

Anda pernah datang ke cafe atau kedai kopi, dan interior serta parabotan yang ada di dalamnya mungkin terlihat unik, terbuat dari drum bekas atau ban bekas. Mungkin Anda juga pernah datang ke salah satu supermarket perabotan rumah tangga yang menjual bangku atau meja dari drum dan ban dengan harga yang cukup tinggi? Bukankah itu menarik untuk dijadikan usaha.

Jika Anda memiliki jiwa kreatif, maka Anda bisa mengubah ban dan drum bekas tersebut menjadi karya kreatif yang bernilai dan memiliki nilai seni. Serta Anda bisa menjualnya kembali ke orang-orang dekat Anda, dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang ditawarkan retail perabot rumah tangga besar.

Usaha Kreatif dari Sampah Plastik

Usaha kreatif kerajinan tangan dari sampah plastik. sumber: ragamkerajinantangan.blogspot.com

Mungkin usaha seperti ini sudah sering Anda lihat. Banyak cara yang bisa Anda ciptakan dari sampah plastik sabun, shampoo, kopi, teh, serta bungkus lainnya sangat mudah Anda temukan. Tentunya sampah plastik tersebut, jika mendapatkan sentuhan seni maka sampah-sampah tersebut akan menghasilkan produk-produk yang cukup menarik. Anda bisa mencoba bisnis tersebut.

Sampah-sampah plastik tersebut, dapat Anda jadikan barang seperti tempat pensil, tas, pot bunga dari botol-botol plastik, dan juga saat ini para desainer pakaian memanfaatkan sampah plastik untuk membuat karya pakaian yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Anda bisa mencobanya, pasarnya masih terbuka lebar.

Membuat Tempat Rokok dan Asbak yang Unik

Saat ini jumlah perokok aktif di Indonesia cukup besar. Memang miris melihat kondisi ini, bukan berarti kita mendukung para perokok. Tetapi Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang usaha yang begitu besar dari para perokok aktif yang ada di Indonesia. Salah satu contohnya membuat tempat rokok dan asbak yang unik.

Tempat rokok menjadi salah satu lifestyle yang sering dilakukan oleh para perokok di Indonesia, Anda bisa mencoba membuat tempat rokok dengan motif yang unik dan memiliki nilai seni. Selain tempat rokok, Anda bisa menciptakan asbak yang unik pula. Bukankah itu cukup menghasilkan?

Memanfaatkan Rotan Sebagai Perabotan Rumah Tangga

Usaha kreatif dari rotan

Selain bangku dari drum dan ban bekas, mungkin Anda pernah melihat bangku atau perabot rumah tangga lainnya yang terbuat dari rotan. Ternyata usaha kreatif dari bahan dasar rotan cukup menjanjikan. Anda bisa memperoleh omzet mencapai jutaan rupiah setiap bulannya dengan memproduksi perabot rumah tangga dari rotan.

Bahan rotan tidak hanya bisa dijadikan perabot rumah tangga. Tetapi Anda bisa mendaur rotan menjadi tempat baju, tas, keranjang dan perabotan lainnya yang memiliki nilai seni dan tentunya memiliki nilai jual cukup tinggi. Rotan kurang dilirik, karena sering dianggap tidak menarik saat dalam bentuk asli.

Memproduksi Flip Cover Hape, dan Tablet yang Unik

Tidak hanya rokok yang memiliki pengguna ratusan orang, tetapi handphone pun sudah dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat kita jadikan sebagai peluang usaha kreatif yang cukup menjanjikan, salah satunya adalah dengan memproduksi flip cover hape.

Flip cover yang polos saja banyak dicari, bagaimana jika flip cover yang Anda jual memiliki nilai seni berupa gambar tokoh pahlawan, batik, atau gambar lainnya yang bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Anda bisa mencobanya dengan berbagai motif gambar yang memang disukai oleh semua kalangan. Sehingga Anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah yang cukup banyak.

Bisnis Case Hape Unik

Selain flip cover, Anda juga bisa menyasar case hape. Saat ini case hape banyak dicari oleh pengguna smartphone. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menciptakan sebuah bisnis kreatif yang cukup menjanjikan. Anda bisa memulai mencari-cari gambar apa yang ingin Anda pasang pada case hape ciptaan Anda.

Anda bisa membrowsing atau meminta teman untuk menggambarkannya, dan Anda hanya cukup untuk menempelkan gambar tersebut kepada case hape yang Anda buat. Mudah dan memiliki peluang yang menjanjikan bukan?

Kuliner

Bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya, Anda bisa mencoba bisnis kuliner yang lebih kreatif meskipun makanan yang Anda jual sudah banyak dipasaran. Dengan sentuhan kreatif, pasti bisnis kuliner Anda akan diterima pasar.

Contoh kecilnya yang baru-baru ini muncul yakni bakso beranak, meskipun bakso merupakan makanan yang sudah cukup banyak. Tetapi dengan kehadiran bakso beranak pun bisa diterima oleh masyarakat luas. Masih banyak kuliner lain yang ditambahkan kreatifitas oleh pemiliknya akan menghasilkan uang yang cukup besar dan menjadi peluang bisnis.

Bisnis Rajutan

Anda pasti pernah mendengar, bahwa produsen sepatu dunia Adidas menciptakan sepatu rajutan. Sepatu tersebut diberi nama Adidas Yeezy. Tak disangka, sepatu ini laris di pasaran bahkan hingga tercipta produk KW nya.

Bukan menyuruh Anda menciptakan produk KW dengan mencontoh produk lain. Namun Anda yang memiliki kemampuan menjahit, bisa memanfaatkan benang-benang sisa untuk membuat barang-barang rajutan tersebut. Meskipun waktu pembuatan akan cukup lama, namun harga jual produk rajutan pun cukup mahal.

Usaha Aksesoris Tubuh

Anda bisa menciptakan produk aksesoris yang terbuat dari bahan-bahan sisa, seperti bahan-bahan sisa seperti tali, manik-manik, dan bahan tambahan lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai aksesoris tubuh.

Dari manik-manik tersebut mungkin bisa tercipta kalung, gelang, dan juga aksesoris sebagainya yang cukup unik dan disukai banyak orang. Pasar usaha kreatif macam ini masih sedikit dilirik oleh pengusaha, mungkin Anda bisa memulainya.

Karikatur dan Lukis Wajah Pasir

Nilai seni pada karikatur memang tidak ada habisnya, bahkan hingga hari ini masih banyak orang yang mencari karikatur. Baik sebagai kado ulang tahun, maupun sebagai cendramata untuk seseorang yang dicintai. Jika Anda memang memiliki kemampuan dalam menggambar, maka peluang usaha kreatif ini patut Anda coba. Karena cukup banyak orang yang membutuhkannya.

Selain karikatur, Anda juga bisa mencoba ide bisnis lukis wajah mengunakan pasir yang cukup tren saat ini. Tentunya hal yang penting dalam berbisnis pada bidang ini adalah kemampuan seni yang Anda miliki harus segera sudah teruji.

Membuka Usaha Custom Produk

Banyak orang yang menginginkan produk yang ia miliki menggambarkan karakter dirinya. Peluang ini harus bisa Anda lirik. Karena banyak orang yang menginginkan barang-barang miliknya sesuai dengan pesanan yang diinginkan oleh dirinya.

Dengan memiliki jiwa wirausaha, dan juga memiliki jiwa seni maka Anda bisa mencoba usaha kreatif  custom produk. Produk-produk yang biasanya dapat dibuat dengan custom terdiri dari kaos, binder, dan case hape. Anda bisa mencoba menciptakan produk-produk tersebut.

Lampu Hias dan Lampu Tidur

Banyak orang yang memiliki lampu tidur di kamar mereka, tetapi tidak banyak lampu tidur yang mereka miliki mempunyai nilai seni yang tinggi. Peluang ini bisa Anda ciptakan untuk menghasilkan sebuah produk lampu hias ruangan atau lampu tidur yang memiliki nilai seni.

Berikan juga pelayanan untuk menciptakan sebuah lampu hias untuk custom sesuai keinginan konsumen, selain Anda sudah memiliki ide-ide gambar lainnya. Tawarkan lah ide tersebut kepada teman-teman terdekat Anda terlebih dahulu untuk pemasarannya.

Menjual Buku Terbitan Lama

Masih banyak usaha kreatif yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menjual buku-buku lama yang sudah tidak diterbitkan. Saat ini banyak lho para pecinta buku yang mencari buku-buku terbitan lama untuk mereka baca kembali, baik itu buku untuk kuliah maupun buku-buku untuk mereka baca. Anda bisa mencoba usaha kreatif yang satu ini sebagai peluang bisnis untuk Anda.

Menjadi Affiliater yang Memberikan Keuntungan Besar

Jika Anda tidak dapat menjadi seorang pebisnis yang harus menciptakan suatu produk usaha kreatif, maka Anda bisa menjadi seorang penjual kreatif seperti menjadi Affiliater. Peluang menjadi seorang affiliate masih cukup besar lho. Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dengan menjadi seorang affiliater, hanya menjual produk orang lain tanpa harus membeli produk tersebut.

Salah satu produk yang menawarkan para Affiliatenya keuntungan besar adalah Accurate Online (AOL). Anda hanya menjual software akuntansi Accurate dan mendapatkan keuntungan diatas 20 %. Menarik bukan? Langsung saja Anda mendaftar sebagai Accurate Digital Partner (ADP) dan rasakan keuntungannya.

Itulah beberapa bisnis kreatif yang bisa Anda mulai sekarang juga. Hal terpenting dalam memenangi pasar adalah dengan menciptakan produk-produk yang kreatif dan tentunya produk inovatif. Dari kreatifitas tersebutlah bisa menjadi uang dan Anda bisa menjadi seorang jutawan.

Share With:
Rate This Article