a

Keuntungan Penggunaan Akuntansi Cloud Untuk UMKM

Saat ini hampir seluruh perusahaan besar yang memiliki lini bisnis cukup besar, mereka menggunakan cloud storage untuk penyimpanan data perusahaan pada sistem komputerisasi. Sistem cloud saat ini sudah menjadi pilihan banyak perusahaan skala kecil dan besar termasuk UMKM sebagai tempat penyimpanan database perusahaan. Salah satu cloud yang digunakan adalah akuntansi cloud yang menjadi media penyimpanan dan pengelolaan data keuangan perusahaan.

Cloud computing adalah sistem pengabungan teknologi komputer dengan jaringan internet. Secara umum, dimana informasi mengenai perusahaan akan tersimpan secara otomatis dalam server internet yang digunakan oleh perusahaan dan hanya dalam waktu sementara tersimpan dalam komputer perusahaan.

Tentunya dengan kehadiran cloud computing, memudahkan pemilik perusahaan untuk memonitor perusahaan dengan memanfaatkan jaringan internet. Terlebih ketika ia sedang berada di luar kota ataupun luar negeri, ia tetap dapat melihat perkembangan perusahaan selama ia tinggal.

Apa itu Software Akuntansi Cloud Computing?

Setelah mengulas sedikit mengenai cloud computing, lalu apa perbedaan antara software akuntansi versi desktop mengenai software akuntansi berbasis cloud. Tentunya perbedaannya tidak terlalu banyak, namun sistem cloud lebih memiliki keunggulan yang mumpuni dibandingkan software akuntansi versi desktop.

Akuntansi cloud merupakan sebuah program atau aplikasi yang penggunaannya membutuhkan jaringan internet. Tentunya dengan adanya jaringan internet ini, memudahkan siapa saja yang bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan untuk melihat data keuangan perusahaan dan segera melakukan pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaan.

Sejak 2016, sudah mulai banyak perusahaan di Indonesia yang beralih dari mengunakan software desktop, serta berubah menjadi software berbasis desktop. Terutama untuk menjalankan bidang-bidang krusial seperti pegadaan barang, akuntansi, dan pelayanan terhadap pelanggan.

Mengapa Pengusaha Harus Beralih Dari Desktop Ke Cloud

Setiap pengusaha harus segera beralih dari sistem desktop ke cloud. Mengapa? Terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pebisnis dalam penggunaan sistem cloud yang dijalankan oleh sistem dan memiliki server tersendiri. Terlebih penggunaan sistem cloud memiliki banyak kemudahan dibandingkan pada sistem desktop.

Anda sebagai pengusaha harus segera beralih dari desktop ke online untuk menjalankan sistem akuntansi yang cukup baik pada perusahaan dan bisnis yang Anda jalankan. Tanpa itu, maka akan sangat sulit fokus dalam menjalankan usaha Anda.

Mengapa Harus Beralih ke Akuntansi Cloud?

  • Software Akuntansi Cloud yang digunakan tidak perlu di upgrade dengan install ulang setiap tahun
  • Software versi desktop hanya dapat digunakan pada satu PC atau Laptop, untuk digunakan pada software lain harus melakukan install kembali, dan biasanya software yang digunakan untuk beberapa desktop akan terkena biaya yang cukup besar.
  • Hanya dapat diakses oleh satu orang

Ketiga alasan tersebut dapat menjadi alasan yang kuat bagi Anda untuk segera beralih kepada sistem yang sudah terintegrasi pada jaringan internet dalam bisnis Anda. Karena memiliki banyak keuntungan daripada biasanya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari penggunaan software akuntansi berbasis cloud.

Menghemat Biaya

Yah ternyata dalam menggunakan software akuntansi cloud akan membantu Anda dalam menghemat biaya dalam infrastruktur perusahaan. Karena dengan cloud accounting Anda tidak perlu lagi melakukan update software, pemeliharaan dan biaya perawatan sistem pun tidak diperlukan kembali. Dan tidak perlu mengintegrasikan satu software ke dalam beberapa PC.

Penggunaan Multi-user

Tentunya cloud accounting akan memudahkan bagian keuangan untuk selalu berkoordinasi dengan tim dalam melihat perkembangan keuangan perusahaan. Sehingga penanggung jawab keuangan bisa selalu melakukan tindakan untuk meningkatkan pemasukan perusahaan.

Dalam bisnis UKM, keuntungan bisa multiuser, setiap ada transaksi yang dilakukan oleh pegawai Anda dari kantor, maka bisa Anda deteksi dari manapun, meskipun Anda sedang tidak ada di kantor. Sehingga Anda bisa mengawasi perkembangan keuangan usaha Anda.

Memanfaatkan Jaringan Internet

Dengan penggunaan jaringan internet, tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola data keuangan. Sehingga tidak alasan lagi bagi salah satu anggota tim yang menyatakan bahwa komputer yang ia gunakan sedang rusak, ataupun komputer yang mereka gunakan memiliki masalah. Karena mereka bisa menggunakan komputer lain untuk melihat data keuangan yang masuk.

Memberikan Data Keuangan Secara Real Time

Kehadiran sistem akuntansi cloud dalam menjalankan bisnis, dapat melihat bagaimana perkembangan keuangan bisnis yang Anda jalankan secara real time. Karena Anda bisa melihat data keuangan bisnis yang Anda jalankan kapanpun dan dimanapun, tentunya Anda harus memiliki jaringan internet.

Menjadi Plan B yang Baik

Mengapa menjadi plan B? Karena saat Anda menjalankan usaha tidak ada yang tahu musibah apa yang bisa terjadi pada bisnis Anda. Baik itu kehilangan form-form transaksi, kealpaan dalam menginput data, dan jika terjadi misal kehilangan PC ataupun laptop, maupun misal terjadinya kebakaran pada lokasi bisnis Anda, maka Anda tetap masih bisa mengakses data keuangan dengan PC ataupun laptop lain.

Data Tersimpan Dengan Aman

Keamanan penyimpanan data dalam akuntansi cloud bisa tersimpan dengan baik. Karena data Anda akan disimpan dalam pusat software yang dikelola dengan keamanan tingkat tinggi. Sehingga Anda tidak perlu takut kehilangan data yang Anda miliki.

Jika Anda menggunakan accounting cloud software Accurate Online (AOL) yang memiliki keamanan data tingkat tinggi, Anda bisa menyimpan data keuangan bisnis dalam server perusahaan Anda sendiri. Sehingga Anda tidak perlu takut bahwa data keuangan Anda terbaca oleh perusahaan pembuat software.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan accounting cloud pada bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa memilih Accurate Online sebagai pilihan accounting cloud untuk bisnis Anda. Karena AOL cocok digunakan untuk bisnis dalam skala kecil maupun dalam bisnis skala besar.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dari menggunakan AOL adalah terdapat fitur yang terintegrasi dengan sistem perpajakan di Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak secara manual. Anda bisa melakukan hal tersebut hanya dengan menggunakan satu software.

AOL juga menyediakan fasilitas private cloud kepada para pengguna. Tentunya dengan kehadiran private cloud tersebut, memudahkan Anda dalam menjaga keamanan dari data keuangan yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Memang masih sangat awam orang Indonesia mengenal private cloud. Private cloud yang tersedia pada AOL yakni layanan Cloud komputer yang disediakan untuk bisnis dan perusahaan yang membutuhkan layanan tersebut.

Dengan memakai private cloud maka Anda akan memiliki keamanan data keuangan yang terjamin, karena mengelola akuntansi cloud bisnis secara sendiri. Hal lain yang tentunya sangat menguntungkan bagi bisnis Anda dengan private cloud yaitu dapat menghemat bandwith jaringan internet yang Anda gunakan.

Share With:
Rate This Article