a

Komputerisasi Akuntansi Pada UKM yang Masih Jarang Dilakukan Di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah mempengaruhi semua bidang, termasuk pada bidang akuntansi. Hampir seluruh perusahaan, saat ini sudah memulai menggunakan teknologi akuntansi untuk pencatatan semua data keuangan. Tentunya dengan kehadiran teknologi informasi cukup membantu perusahaan. Lalu bagaimana komputerisasi akuntansi pada UKM?

Sepertinya UKM di Indonesia belum mau memulai menggunakan teknologi informasi untuk mengolah data keuangan mereka. Para pelaku UKM berpikir bahwa penggunaan teknologi dalam akuntansi hanya meribetkan mereka, dan sebagian besar dari pelaku UKM, mungkin, tidak melek dalam teknologi. Sehingga masih banyak UKM yang tidak menggunakan teknologi dalam mengolah data keuangan dalam bisnis mereka.

Mengapa UKM Belum Mau Menggunakan Teknologi Akuntansi?

Enggan Belajar Menggunakan Teknologi

Sebagian besar pelaku UKM yang ada di Indonesia bukanlah generasi milennial yang melek teknologi. Sehingga tidak terlalu tertarik dalam penggunaan teknologi dalam usaha mereka, seperti komputerisasi akuntansi. Sehingga sangat sulit untuk menerapkan teknologi kepada pelaku UKM untuk beralih kepada pengguna komputerisasi untuk bisnis. Seharusnya dalam mengelola akuntansi, mereka bisa beralih untuk memanfaatkan teknologi akuntansi yang sudah cukup berkembang saat ini.

Belum Perlu

Banyak pengusaha UKM yang merasa mereka belum memerlukan teknologi keuangan untuk bisnis yang mereka jalankan. Karena, mereka menganggap bisnis yang mereka kelola belum begitu besar, sehingga semua masih dapat ditangani dengan manual. Hal ini yang menjadi kendala mengapa banyak pelaku UKM yang belum mau menggunakan teknologi.

Memerlukan Budget yang Besar

Permasalahan lain yang sering ditemukan mengapa komputerisasi akuntansi masih jarang dilakukan di Indonesia oleh para pelaku UKM adalah masalah budgeting. Pelaku UKM merasa, bahwa budget yang dikeluarkan untuk pengalihan dari manual ke teknologi memerlukan budget yang cukup besar. Terlebih, mereka juga merasa bahwa UKM yang mereka bangun belum memiliki keuntungan yang cukup besar, sehingga menyulitkan mereka dalam pengalihan teknologi tersebut.

Ketiga alasan tersebut mungkin menjadi alasan mengapa pelaku UKM masih jarang menggunakan teknologi keuangan untuk menjalankan bisnis mereka. Disinilah pemerintah wajib melakukan pendampingan agar UKM mau merubah haluan mereka dari manual untuk menggunakan teknologi.

Padahal, jika pelaku UKM melihat potensi perkembangan teknologi yang ada selama ini, maka mereka akan mendapatkan beberapa keuntungan yang cukup signifikan. Karena terdapat banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pelaku UKM dalam mengelola keuangan menggunakan teknologi.

Keuntungan Komputerisasi Akuntansi

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pelaku UKM dengan mengalihkan pengolahan keuangan mereka ke komputer. Salah satunya dengan penggunaan software akuntansi yang cukup banyak di Indonesia. Dalam menggunakan software akuntansi ini, ada berbagai pilihan agar software bisa menjadi hal membantu para pelaku UKM.

Posisi Keuangan Terlihat

Keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan teknologi informasi dapat memudahkan Anda sebagai pelaku UKM untuk melihat diposisi mana keuangan usaha Anda. Apakah sedang dalam keadaan rugi atau sedang dalam keadaan untung. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari teknologi keuangan yang ada saat ini.

Karena software akuntansi, seperti Accurate, software akuntansi yang cukup populer di Indonesia tersebut, bisa menggambarkan posisi seperti apa keuangan UKM Anda saat ini, setelah Anda memasukan transaksi yang terjadi selama periode tertentu dalam usaha milik Anda. Hal ini lah yang akan memudahkan pekerjaan Anda ketika ingin memantau kondisi keuangan.

Data Keuangan Dapat Dipantau

Salah satu keuntungan lain yang bisa diperoleh dari mengolah data keuangan mengunakan komputerisasi adalah bisa dipantau secara real time. Inilah salah satu keuntungan yang bisa Anda peroleh dari pengunaan sistem komputerisasi akuntansi.

Jika Anda melakukanya secara manual, sudah pasti Anda harus bolak balik ke kantor untuk melihat data keuangan usaha Anda. Ataupun Anda harus membawa tumpukan kertas tersebut ke rumah untuk memantau data keuangan Anda.

Tentunya hal tersebut sangat merepotkan Anda. Dengan menggunakan Accurate apa lagi jika Anda menggunakan Accurate online (AOL), Anda bisa mengakses dengan smartphone milik Anda. Meskipun Anda tidak sedang di tempat usaha, namun Anda tetap bisa melihat data keuangan usaha yang sudah di update oleh pegawai Anda.

Irit Biaya & Sebagi Investasi Masa Depan

Dengan penggunaan software akuntansi, Anda bisa mengirit biaya usaha dan sebagai investasi teknologi untuk masa depan. Apa lagi jika Anda menggunakan software Accurate, merupakan satu-satunya software akuntansi yang memberikan harga murah dengan fitur premium yang cocok untuk UKM.

Dengan penggunaan komputerisasi dalam sistem akuntansi, sebenarnya cukup mengirit biaya. Karena Anda tidak perlu membeli kertas, tinta printer, dan menyewa jasa akuntan. Bahkan software Accurate bisa Anda pelajari dengan mudah, meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan dalam bidang akuntansi sehingga sangat menekan budget.

Dengan keuntungan tersebut, maka Anda bisa mulai beralih dari sistem manual ke sistem komputerisasi akuntansi agar Anda bisa lebih mudah dalam mengolah data keuangan perusahaan dan memajukan usaha Anda.

Share With:
Rate This Article