a

Lakukan 7 Hal ini untuk Resolusi Finansial Bisnis 2019

Masalah finansial memang selalu menjadi pembahasan yang menarik. Setiap hari, bulan maupun tahun selalu membahas tentang uang, uang dan uang. Hampir semua orang ingin memiliki banyak uang dengan berbagai cara. Mungkin kamu pun juga suka dengan hal tersebut. Resolusi finansial bisnis wajib Anda lakukan di awal tahun ini.

Pengelolaan keuangan yang baik bukan hanya dilakukan oleh seorang individu yang mengandalkan pemasukan keuangan dari gaji saja. Melainkan juga dilakukan oleh para pengusaha yang selalu memutarkan uangnya agar bisa terus bertambah setiap harinya. Nah apakah Anda sudah memiliki tekad untuk meresolusi pengelolaan finansial bisnis?

Menjadi pebisnis atau pengusaha Anda akan berpikir bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Selama ini masih banyak pengusaha yang sangat jarang bisa mengatur keuangan dengan baik sebab sebagian dari mereka lebih sering mencampuradukan antara uang pribadi dengan uang usaha. Tapi di tahun baru, ini tidak boleh lagi terjadi. Anda harus resolusi keuangan bisnis.

Dalam menjalankan bisnis Anda tidak boleh hanya fokus pada penjualan saja. Memang tidak salah, karena Anda berpikir bahwa penjualan selalu berbanding lurus dengan keuntungan. Tetapi Anda juga harus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan dengan baik.

SolusiUKM akan memberikan Anda trik ampuh dan jitu dalam melakukan resolusi finansial. Sehingga ini bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis menjadi lebih baik di 2019. Apa saja trik dan caranya, yuk simak lanjutannya.

Lunasi Hutang

Apakah di tahun-tahun sebelumnya bisnis Anda memiliki hutang? Baik itu hutang dengan bank, kerabat ataupun hutang kepada supplier. Usahakan tahun 2019 ini menjadi cara Anda agar bisa lebih mudah dalam melunasi hutang-hutang yang ada. Jika ini yang terjadi maka Anda harus konsisten di 2019 menjadi tahun untuk segera melunasi hutang-hutang tersebut.

Bisnis tanpa hutang? Bisa? Tentunya bisa dong. Banyak di luar sana pengusaha-pengusaha sukses yang berhasil dari bisnis tanpa hutangnya. Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan hasil tanpa hutang.

Membuat Perencanaan Keuangan

Banyak sekali pebisnis yang menjalankan usaha tanpa perencanaan. Mungkin saat Anda mendirikan usaha yang sekarang telah berjalan, Anda pun tidak membuat perencanaan keuangan yang matang. Untuk itu, sebaiknya saat ini Anda harus membuat perencanaan keuangan secara matang dan tepat. Perencanaan keuangan sebagai salah satu resolusi finansial bisnis Anda di tahun 2019. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengatur keuangan bisnis.

Apa saja yang harus direncanakan?

  • Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membayar gaji karyawan
  • Berapa total uang untuk budget promosi
  • Berapa uang untuk ekspansi bisnis

Mungkin ketiga unsur tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam berbisnis. Namun bisa Anda tambahkan unsur-unsur lainnya. Masih banyak unsur yang bisa Anda gunakan dalam merencanakan keuangan bisnis Anda.

Perencanaan keuangan pun bisa menjadi salah satu unsur yang paling tepat untuk menentukan arah dan arti dari bisnis Anda. Jangan sampai Anda tidak merencanakan keuangan dengan baik dan benar sehingga arah bisnis Anda tidak jelas.

Lakukan Evaluasi Keuangan Tahun Lalu

Awal tahun baru adalah awal untuk evaluasi. Apakah Anda sudah melakukan evaluasi keuangan bisnis di tahun sebelumnya. Kalau belum ini waktu yang tepat untuk Anda evaluasi. Salah satu resolusi finansial bisnis yang harus dilakukan adalah evaluasi keuangan. Evaluasi merupakan satu cara tepat untuk bisa mengetahui apa saja yang menjadi salah satu kesalahan di tahun sebelumnya.

Mudahnya evaluasi bisa dilakukan dengan melihat jumlah pengeluaran bisnis. Selain itu, Anda juga bisa mengevaluasi dari sisi utang Anda selama tahun sebelumnya. Apakah utang-utang tersebut sudah Anda lunasi. Atau setidaknya Anda mengurangi utang di tahun 2019 ini.

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Hal-Hal Konsumtif

Banyak pengusaha di Indonesia yang sering menggunakan kartu kredit untuk hal-hal konsumtif. Tentunya ini bukan satu cara bijak yang Anda lakukan. Sebab jika Anda menggunakan kartu kredit dengan tidak seksama, Anda bisa kebobolan dalam pembayaran cicilannya. Apa lagi jika Anda membayar kartu kredit masih menggunakan uang hasil usaha.

Namun jika menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon-diskon itu bisa menjadi pilihan bagi Anda. Dengan begitu kartu kredit yang Anda miliki bisa menjadi satu cara untuk menjadi sumber diskon untuk membeli bahan baku bagi usaha Anda. Bukankah itu lebih menarik?

Jangan Lupa Pembukuan

Ini ni yang jarang sekali dilakukan oleh para pengusaha di Indonesia. Masih banyak yang malas melakukan pembukuan. Pembukuan bukan perkara yang ribet. Tapi merupakan hal mudah yang bisa dijalankan oleh setiap pengusaha. Pembukuan bisa menjadi salah satu resolusi keuangan bisnis Anda di tahun 2019.

Untuk tahap awal, Anda bisa melakukan pembukuan dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan. Setelah itu Anda bisa mencatat setiap barang masuk, barang digudang dan juga barang yang sudah keluar.

Tetapi jika itu Anda rasa sulit, sebaiknya untuk memudahkan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk pembukuan bisnis yakni platform akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah platform pembukuan yang cocok untuk bisnis UKM. Saat ini Accurate Online sudah membantu ribuan pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Anda bisa mengikuti jejak mereka dengan menggunakan Accurate Online.

Atur Cashflow

Mengatur cashflow salah satu pengawasan yang wajib dilakukan oleh pengusaha sebagai resolusi finansial bisnis di 2019. Karena mengatur arus kas harus dilakukan secara berkala. Jangan sampai Anda kecolongan lagi di tahun 2019. Tahun ini Anda harus bisa mengawasi cashflow lebih menarik lagi.

Memanfaatkan Laba

Laba memang harus di manfaatkan. Jangan sampai Anda tidak memanfaatkan laba. Mengapa? Karena laba bisa di putar kembali untuk ekspansi bisnis atau untuk dana investasi lainnya. Anda bisa menjadikan laba sebagai manfaat baru bagi bisnis Anda saat ini.

Jangan sampai Anda hanya menjadikan laba hanya digunakan untuk keperluan pribadi Anda. Laba bukan hanya sekedar untuk digunakan bagi keperluan pribadi Anda. Melainkan untuk keperluan bisnis lagi, biar bisnis Anda bisa berkembang dan menjadikan bisnis Anda lebih besar lagi.

Tahun baru juga resolusi baru. Anda harus menyiapkan resolusi-resolusi terbaik untuk bisnis Anda. Termasuk dalam hal keuangan bisnis. Keuangan bisnis merupakan satu hal penting demi kesuksesan bisnis ke depannya.

Sistem keuangan bisnis yang baik tentunya akan membawa bisnis Anda ke arah yang baik dan aman. Karena diluar sana banyak pengusaha yang gagal dikarenakan tidak memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan yang baik.

Meminimalkan kegagalan harus Anda lakukan dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan  melakukan resolusi finansial bisnis di tahun baru ini. Memiliki manajemen dan sistem pengelolaan yang baik pada bisnis dengan langkah-langkah yang telah SolusiUKM berikan.

Share With:
Rate This Article