a

Langkah Awal Sebelum Memulai Usaha

Memulai bisnis memang bukan hal yang sederhana, tapi bukan berarti menjadi sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi, jika Anda harus memikirkan banyak langkah yang harus dipelajari dan dilakukan sebelum Anda pada akhirnya memulai sebuah bisnis. Banyak yang berpendapat, untuk memulai sebuah usaha Anda harus fokus pada nominal modal. Lalu, apakah benar hanya modal besar yang dibutuhkan seseorang untuk membangun sebuah bisnis hebat?  Jika Anda tertarik untuk mendirikan sebuah bisnis namun masih bertanya-tanya mengenai langkah apa yang harus diambil, berikut kami paparkan pada Anda mengenai langkah demi langkah yang harus dilakukan saat akan memulai sebuah bisnis dan menggiringnya sampai sukses:

Tinggalkan Comfort Zone

Sebagian besar pengusaha berasal dari pekerjaannya sebagai karyawan mengharapkan pendapatan yang lebih dengan membuka sebuah usaha. Tapi jika ingin serius berbisnis, sebaiknya jangan terlalu nyaman dengan pekerjaan sebagai karyawan. Dengan keluar dari zona nyaman, maka Anda akan  mampu mendorong diri lebih keras lagi untuk terus mengembangkan bisnis.

Keberanian

Ketika anda sudah memiliki niat untuk menjadi seorang pebisnis, maka sekarang waktunya untuk mengumpulkan keberanian untuk memulai sebuah bisnis. Mengapa keberanian amat dibutuhkan? Karena, ketika Anda menjadi bos pada diri sendiri, setiap resiko yang terjadi akan Anda hadapi sendiri. Hal ini berbeda ketika Anda masih menjadi seorang karyawan, dimana Anda dapat menghadapi segala resiko yang terjadi bersama dengan tim. Terlebih lagi Anda perlu menguatkan mental terhadap keberanian Anda dalam berkompetisi. Para pengusaha sukses, selalu berani berkompetisi dalam segala hal, termasuk menghadapi gejolak pasar yang selalu berubah-ubah. Jadikan kompetisi sebagai motivasi Anda untuk bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha yang sudah ada.

Perhatikan Apa Keinginan Pasar

Membentuk pasar baru yang belum dijangkau merupakan cara bagus untuk membuat ciri khas terhadap brand bisnis Anda. Namun, jika Anda masih ragu, ada baiknya untuk tidak terlalu memaksakannya, apalagi jika masih belum yakin akan berhasil atau tidak. Selain itu, jangan lupa untuk fokus dengan keinginan dan kebutuhan pasar dengan rutin membuat survei kepada pelanggan tentang apa keinginan mereka, sehingga konsumen paham bahwa kita peduli dengan apa yang mereka mau. Untuk mempercepat transaksi, Anda diharapkan memiliki sebuah perangkat yang dapat Anda kelola di mana saja dan kapan saja, sehingga calon pelanggan tidak akan menunggu lama proses transaksi yang akan mereka lakukan.

Skill dan Knowledge

Pertajam pula skill dan knowledge Anda mengenai bisnis yang akan dijalankan. Jika anda memulai sebuah bisnis tanpa sebuah pengetahuan dan kemampuan, mustahil bisnis yang anda jalankan akan berhasil dan maju pesat seperti yang anda impikan. Salah satu pengusaha sukses yang dapat Anda pelajari triknya, adalah Bill Gates. Sejak umur 12 tahun, ia sudah membaca puluhan buku tentang bisnis dan dilanjutkan dengan buku yang mengulas mengenai hukum. Anda juga dapat mempelajari bisnis dari berbagai macam sumber, seperti beberapa kolega dan kerabat yang telah dahulu menjalankan bisnis dengan sukses. Tanyakan mengenai kendala dan masalah yang dihadapai dan trik mengatasinya.

Kesabaran dan Komitmen

Menjadi seorang pebisnis membuat kita harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Kesuksesan tidak didapat dalam waktu singkat, maka dari itu seorang pengusaha dituntut untuk memiliki kepala dingin. Begitu juga dengan komitmen, pengusaha diharapkan untuk memiliki dedikasi yang tinggi agar bisnis yang dikelola akan membuahkan hasil maksimal. Tanpa komitmen untuk menjalankan sebuah bisnis, sebuah bisnis akan lebih sulit berkembang karena usaha yang dikerahkan hanya minim.

Lima sikap dasar tersebut yang harus dimiliki oleh Anda jika berencana untuk membangun sebuah bisnis. Hal terpenting yang perlu Anda ketahui, adalah untuk tidak berharap bisnis yang anda mulai dapat berkembang dalam waktu singkat dan instan, karena hal itu biasanya tidak akan bertahan lama. Sudah banyak pengusaha-pengusaha yang terbukti dapat meraih tujuan dengan sikap ketekunan, meskipun tidak mudah, bukan berarti Anda tidak dapat meraihnya, bukan?

Share With:
Rate This Article