Solusiukm
Bisnis

Langkah TOKCER Bisnis Jilbab Buatan Sendiri

Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam, yang mana mereka memiliki banyak kebutuhan pada banyak hal, salah satunya adalah pada bidang fesyen yang setiap saat mengalami perubahan dan dinamikanya sesuai dengan tren. Maka dari itu, membuka bisnis fesyen khusus baju muslim bisa menjadi salah satu peluang emas.

Bisnis baju muslim sendiri memiliki jenis – jenis yang sangat luas, salah satu jenis binis fesyen baju muslim yang sangat ramai peminat adalah  bisnis jilbab buatan sendiri. Bisnis jilbab buatan sendiri menjadi menarik terutama bagi kalian yang tidak ingin selalu bergantung pada merek orang lain dan serius dalam entrepreneur sehingga dapat mengembangkan merek kalian sendiri.

Selain untung yang di dapat akan lebih banyak, tentunya bisnis jilbab buatan sendiri akan memiliki perasaan bangga tersendiri karena semua detail mengenai jilbab buatan sendiri akan lebih memuaskan. Yang perlu disiapkan untuk bisnis jilbab buatan sendiri memang rumit, namun bukan berarti kalian tidak bisa mengerjakannya bukan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kalian berniat membuka bisnis jilbab buatan sendiri:

Buat konsep A – Z

Langkah paling awal untuk memulai bisnis jilbab buatan sendiri adalah dengan menentukan konsep dari A hingga Z. Hal ini merupakan kosep garis besar dan panduan kalian saat harus melangkah ke bagian – bagian selanjutnya dari bisnis jilbab buatan sendiri. Konsep garis besar ini yang nantinya dirincikan pada lain waktu

Cek berapa banyak modal yang dimiliki

Image: Freepik.com by www.slon.pics

Setelah melakukan perancangan konsep secara garis besar di bisnis jilbab buatan sendiri, kalian bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu melakukan pengecekan terhadap berapa banyak modal yang kalian miliki. Mengetahui berapa banyak modal yang kalian miliki dapat dijadikan perbandingan kuat seberapa besar kekuatan yang kalian miliki untuk menggerakkan bisnis jilbab buatan sendiri. Jangan lupa juga untuk membuat catatan mengenai berapa saja alokasi dana dan pada pos mana saja. Sebagai contoh: uang sekian untuk membeli bahan, uang sekian untuk membayar penjahit, uang sekian untuk pengemasan bisnis jilbab buatan sendiri, dan lain sebagainya.

Rancang model

Langkah seterusnya, dan menjadi salah satu bagian yang menyenangkan dalam bisnis jilbab buatan sendiri, adalah bagian merancang model hijab. Model jilbab sendiri memiliki sangat amat banyak model yang disesuaikan dengan kebutuhan para musliman Indonesia, lho. Beberapa jenis jilbab yang sudah terbukti memang sangat laku adalah jilbab yang bisa langsung dikenakan (tanpa tali, tanpa kaitan), jilbab berbentuk segitiga, jilbab kotak, dan lain – lain. Selain itu juga yang perlu diperhatikan pada bisnis jilbab buatan sendiri adalah perihal motif dan pola yang akan dipilih. Acuannya, kalian dapat melihat apa saja yang sedang tren saat ini.

Pilih bahan

Image: Freepik.com by aopsan

Memilih bahan pada bisnis jilbab buatan sendiri juga merupakan hal yang susah – susah – gampang, lho. Beberap konsumen memiliki kriteria tertentu dalam memilih bahan, seperti tidak licin agar lebih mudah digunakan, atau menggunakan bahan yang tidak kaku agar mudah dibentuk – bentuk mengikuti tren. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, jangan lupa lakukan riset ya, Sobat UKM.

Pasang harga berapa?

Setelah konsep, target pasar, pemilihan bahan, dan lain – lainnya sudah dirancang, saatnya kalian menentukan berapa harga jual dari bisnis jilbab buatan sendiri. Yeay! Selamat berbisnis ya Sobat UKM. Ingat juga untuk memperhatikan kompetitor sehingga harga yang kalian keluarkan dapat seimbang bersaing dengan mereka.

Artikel Terkait

Lebaran Usai, 5 Daftar Kuliner Jadi Incaran Setelah Hari Raya

Iskandar Rumi

Lokomotif Tersebut Sudah diambil Alih Dunia Online

admin

6 Keuntungan yang Di Dapat Saat Meneruskan Bisnis Keluarga

Melisa