a

Lariskan Produk Dengan Menerapkan Manajemen Pemasaran

Ketika Anda sudah memiliki sebuah usaha atau bisnis. Maka sudah sepatutnya Anda mencari cara tepat agar produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen bisa laris dan dikenal oleh banyak orang. Disinilah peran marketing akan lebih dominan, salah satu masalah yang sering muncul pada UKM di Indonesia yakni penerapan manajemen pemasaran.

Sebagian pengusaha menganggap pemasaran adalah bagaimana produk dapat terjual dan pengusaha bisa mendapatkan untung yang cukup banyak. Padahal di era persaingan pasar yang cukup ketat, pemasaran bukan sekedar menjual produk, namun apa nilai tambah yang bisa diberikan kepada masyarakat dari produk atau jasa yang kita berikan.

Banyak pengusaha yang sudah mendirikan usaha, namun tidak memiliki strategi pemasaran yang tepat. Padahal strategi ini sangatlah penting untuk dijalankan demi mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa. Sebagai pengusaha pemula, mungkin Anda masih bingung apa itu manajemen pemasaran, dan pentingnya untuk usaha yang Anda miliki.

Apa itu Manajemen Pemasaran

Jika kita melihat pengertian dari Wikipedia, Manajemen pemasaran adalah salah satu proses untuk mencapai tujuan usaha dengan memanfaatkan sumber daya internal yang ada untuk melakukan perencanaan, aktivitas memenuhi tujuan-tujuan, dan mengukur kemajuan ke arah yang ingin dicapai.

Pengertian lain menyebutkan, manajemen pemasaran sebagai kegiatan pokok untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan, perkembangan perusahaan dan mendapatkan laba. Disini dalam menentukan pemasaran dibutuhkan sebuah perencanaan, agar tujuan-tujuan yang Anda inginkan dari usaha yang Anda jalankan dapat tercapai dan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.

Mengapa Pemasaran Penting?

Pemasaran adalah salah satu cara yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan jasa usaha Anda agar bisa dikenali oleh masyarakat, dan masyarakat mau membeli serta menggunakannya.

Pemasaran hingga saat ini adalah salah satu kendala yang sering dihadapi oleh para pengusaha UKM di Indonesia, terutama mereka para pengusaha pemula. Para pengusaha sering mengabaikan pentingnya pemasaran, karena mereka lebih sering menggunakan konsep konvensional yang menunggu datangnya konsumen.

Padahal saat ini cara tersebut sudah tidak terlalu efektif. Karena konsumen tidak ingin hanya sekedar datang ke store untuk melihat produk tanpa dia mengetahui nilai tambah apa yang akan diperoleh ketika mereka membeli produk tersebut. Disinilah pentingnya manajemen dan strategi pemasaran yang harus diterapkan oleh pengusaha agar produk dan jasa mereka bisa laku dan mendapatkan laba yang besar.

Kendala yang Sering Dihadapi UKM

Kendala dalam menerapkan manajemen atau konsep pemasaran pada usaha kecil dan menengah adalah dana yang ingin dikeluarkan untuk melakukan pemasaran tersebut. Sehingga banyak pengusaha UKM yang enggan menerapkan strategi dan manajemen untuk pemasaran produk dan jasa yang ia tawarkan. Padahal pemasaran merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh produsen agar produk atau jasa yang ia tawarkan bisa sampai kepada konsumen. Tanpa adanya pemasaran, maka sangat sulit produk dan jasa tersebut sampai di tangan konsumen.

Selain dana, kendala yang paling sering dihadapi oleh UKM ketika ingin melakukan pemasaran adalah sumber daya manusia. Mungkin Anda sudah memiliki pekerja yang bekerja untuk membuat barang, namun Anda tidak memiliki pekerja yang memasarkan.

Umumnya, jika usaha Anda masih cukup kecil dan belum begitu berkembang maka cara yang sangat mudah untuk melakukan pemasaran, dan menerapkan konsep pemasaran yakni dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pemilik usaha. Saat Anda memulai untuk menjalankan pemasaran dengan tenaga Anda sendiri, tentunya hal itu akan membantu untuk menekan budget yang dikeluarkan untuk pemasaran.

Meskipun terkadang dana menjadi kendala yang paling sering di alami oleh pengusaha, bukan berarti hal tersebut membuat Anda tidak dapat menerapkan konsep marketing yang terbaik dan efektif. Anda masih bisa melakukan beberapa cara untuk menerapkan konsep marketing untuk usaha Anda dan produk Anda bisa sampai ke tangan masyarakat.

Langkah Sederhana Menerapkan Manajemen Pemasaran

Terdapat langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan sistem pemasaran yang tepat untuk usaha Anda. Tentunya dengan langkah-langkah yang low budget. Bagaimana caranya, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Manfaatkan Internet

Saat ini, para produsen yang ingin menjangkau para konsumen dapat memanfaatkan internet. Internet menjadi salah satu media yang paling efektif dalam memasarkan sebuah produk. Anda bisa mencoba menggunakan internet untuk memasarkan produk yang Anda jual.

Hal yang penting ketika melakukan penjualan melalui internet, berilah konsumen foto-foto produk yang menarik, dan berikanlah deskripsi mengenai produk serta nilai tambah yang bisa didapatkan oleh konsumen dari produk milik Anda.

Selain itu, Anda harus memiliki media sosial yang digunakan khusus untuk berdagang dan memasarkan produk. Anda bisa memanfaatkan Facebook, Instagram, Path, dan media sosial lainnya untuk kepentingan pemasaran produk yang Anda miliki.

Anda juga wajib memiliki website khusus untuk produk milik Anda. Website-website ini akan membantu dalam menjalankan strategi pemasaran kepada konsumen. Dalam menjelaskan produk dalam website, jangan selalu memberikan keunggulan produk dan jasa Anda. Berilah nilai tambah yang bisa didapatkan oleh konsumen.

Manfaatkan Rekan dan Kerabat Anda

Jika Anda baru memulai usaha, dan belum ada orang-orang yang mengenal produk Anda, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan rekan dan kerabat Anda terlebih dahulu yang membeli produk dan jasa milik Anda.

Setelah itu, mintalah komentar mereka atau minta tolong mereka untuk memposting produk Anda ke media-media sosial milik mereka. Cara ini secara tidak langsung adalah salah satu konsep manajemen pemasaran yang paling efektif diterapkan oleh para konsumen.

Gunakan Konsep Keagenan

Mungkin Anda memiliki rekan atau kerabat yang menjadi agen produk asuransi. Nah sistem keagenan merupakan salah satu konsep marketing yang cukup efektif untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Anda bisa menerapkan manajemen marketing dengan sistem keagenan dalam penerapan konsep marketing pada bisnis Anda.

Berikanlah para agen-agen dengan komisi yang cukup besar jika dapat menjualkan produk Anda. Cara ini dilakukan untuk memotivasi para agen agar terus semangat dalam menjualkan produk mereka. Sehingga produk Anda bisa dikenal oleh masyarakat.

Untuk mendata jumlah agen dan produk atau jasa yang terjual oleh agen dan menghitung komisi yang akan diberikan kepada agen agar tidak keliru, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa menggunakan Accurate Online (AOL) sebagai software akuntansi online yang bisa Anda gunakan untuk melakukan penghitungan penjualan produk-produk UKM. Anda juga bisa langsung membuat jurnal dan menyusun pembukuan keuangan bisnis Anda dengan AOL. Dan bisa mengakses AOL kapan saja karena AOL bisa diakses melalui smartphone.

Share With:
Rate This Article