a

5 Manfaat Akuntansi Bagi UKM yang Jarang Diketahui

Kadang mencatat hal tentang keuangan yang jumlahnya cukup kecil masih malas dilakukan. Terlebih saat usaha yang Anda jalankan baru saja dibuka, terkadang merasa bahwa hal tersebut belum begitu penting. Padahal, semua yang berkaitan dengan keuangan atau akuntansi dalam bisnis diperlukan meskipun bisnis yang dijalankan masih kecil. Ada manfaat akuntansi bagi UKM yang memang diperlukan.

Jangan sampai Anda sebagai pemilik bisnis hanya memandang, bahwa akuntansi hanya diterapkan diterapkan oleh perusahaan yang sudah tingkat menengah maupun perusahaan yang sudah besar. Padahal tidak, bisnis yang masih dalam tahap berkembang pun perlu menerapkannya meskipun transaksi tidak begitu besar. Mengapa?

Karena ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan sistem akuntansi pada bisnis kecil Anda. Karena Anda memerlukan laporan untung rugi bisnis yang sedang Anda jalankan. Jangan sampai keuntungan dan kerugian yang diperoleh tidak terlihat, karena tidak adanya sistem pembukuan.

Ada beberapa manfaat akuntansi bagi UKM yang jarang diketahui oleh pebisnis pemula. Padahal masalah keuangan dalam bisnis adalah sesuatu yang krusial. Penerapan akuntansi dilakukan untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan bisnis yang Anda bangun.

Meskipun memang hampir secara keseluruhan bisnis UKM yang ada di Indonesia tidak pernah melakukan pencatatan keuangan yang begitu rapih. Mungkin hal ini disebabkan oleh tidak adanya standar yang pasti dalam pembuatan laporan keuangan bagi UKM. Padahal cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari si pemilik bisnis ketika mereka memiliki catatan keuangan yang begitu rapih.

Manfaat Akuntansi Bagi UKM                                   

Mengetahui Jumlah Keuntungan dan Kerugian

Dengan adanya catatan yang berdasarkan pada standar akuntansi, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengetahui berapa jumlah kerugian dan keuntungan yang Anda dapatkan setiap harinya. Dengan begitu Anda juga bisa mengetahui jumlah modal yang sudah terpakai, dan modal yang belum digunakan, termasuk berapa jumlah utang yang Anda miliki.

Sehingga semua tercatat dengan rapih, Anda pun bisa mudah mengetahui untung yang Anda peroleh dalam satu bulan, dua bulan, tiga bulan dan seterusnya dalam satu tahun. Anda bisa melihat daftar keuntungan yang Anda peroleh dari catatan-catatan yang telah Anda buat tersebut.

Sebagai Perencana

Dalam bisnis yang sudah cukup besar berjalan, pembukuan juga digunakan untuk perencana kedepan yang cukup baik. Sehingga terkadang, setiap biaya operasional yang digunakan untuk meningkatkan penjualan tidak diketahui berapa jumlahnya.

Padahal ini cukup penting untuk kelangsungan hidup dari bisnis yang Anda jalankan. Tanpa hal ini, maka Anda akan sangat sulit melihat kas yang bisa Anda peroleh dari kegiatan usaha UKM yang sudah Anda jalankan. Disinilah salah satu pentingnya akuntansi bagi UKM.

Mengetahui Posisi Keuangan

Setiap usaha yang dijalankan dengan modal, maka diperlukan untuk mengetahui bagaimana cara melihat posisi keuangan bisnis yang dijalankan tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui posisi keuangan pada UKM milik Anda adalah dengan membuatkan catatan untuk mengetahui transaksi-transaksi yang terjadi dalam bisnis yang Anda kelola.

Dengan menjalankan proses akuntansi maka Anda sebagai pemilik bisnis dapat mengetahui, berapa uang kas yang Anda miliki, berapa utang yang Anda miliki, berapa nilai asset yang Anda miliki, berapa jumlah utang yang harus Anda bayarkan, dan sebagainya akan terlihat secara jelas. Disinilah manfaat akuntansi bagi UKM yang cukup penting.

Memudahkan Untuk Melakukan Peminjaman

Ketika usaha Anda sudah berkembang cukup pesat, dan membutuhkan beberapa tambahan barang atau jasa yang di produksi, namun Anda tidak memiliki modal yang cukup besar. Maka catatan-catatan akuntansi kecil yang sudah Anda buat tersebut dapat membantu Anda dalam mengajukan peminjaman kredit kepada Bank.

Laporan keuangan yang Anda miliki, bisa Anda ajukan sebagai salah satu syarat peminjaman kepada Bank. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuatkan laporan keuangan ketika baru ingin mengajukan peminjaman kepada bank.

Sebagai Pengambil Keputusan

Meskipun bisnis yang Anda jalankan masih cukup kecil, namun dengan Anda memiliki catatan akuntansi maka Anda akan merasakan manfaat akuntansi bagi UKM yang langsung terasa bagi Anda. Salah satunya untuk mengambil satu keputusan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Sehingga Anda bisa menentukan keputusan yang tepat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan sistem akuntansi pada bisnis UKM milik Anda. Meskipun bisnis Anda masih terbilang cukup kecil, namun dengan adanya laporan keuangan maka Anda bisa mengetahui posisi keuangan yang Anda miliki.

Share With:
Rate This Article