Solusiukm
Bisnis

Marketing Untuk Bisnis Kecil? Siapa Takut!

Tentunya kita semua sering mendengar kata ‘marketing’. Kata marketing sendiri sering digaungkan bagi mereka yang berkutat pada dunia bisnis. Meskipun banyak yang salah mengerti arti kata marketing, ilmu ini sering menjadi tombak bagi sebuah bisnis. Banyak juga masyarakat yang sulit membedakan antara marketing dan sales. Padahal, marketing dan sales meskipun mirip, memiliki banyak sekali perbedaan.

Marketing adalah salah satu penentu sebuah bisnis sukses atau justru gulung tikar. Marketing juga termasuk salah satu hal yang perlu diatur secara strateginya dengan serius. Banyak sekali kasus yang terjadi dari pelaku UKM soal marketing. Menyepelekan dan menganggap remeh marketing, adalah hal yang lumrah ditemui. Meskipun begitu, mengecilkan bidang marketing adalah langkah fatal sebuah bisnis.

Apa sih marketing itu?

Secara definisi, marketing adalah sebuah kegiatan yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tertentu tersebut adalah memperkenalkan produk atau jasa atau apa bisnis kalian. Arti lain dari marketing adalah segala hal yang bersifat pemasaran dari produk, jasa, atau apa saja bisnis yang kalian jalankan. Dari kegiatan marketing sendiri, sesungguhnya sangat luas. Perkembangan marketing dari tahun ke tahun benar – benar meluas sehingga menjadi kaya akan arti. Yang perlu kalian pahami, bagian marketing adalah kunci penting dalam kesuksesan dari produk atau jasa kalian, termasuk bisnis UKM.

Seluas apa marketing zaman sekarang?

Dari tahun ke tahun, tentunya semua hal semakin berkembang. Salah satu yang memegang peranan penting pada perkembangan marketing adalah teknologi. Bagian teknologi tidak pernah mengalami kemunduran. Teknologi menopang utama perkembangan dari maketing itu sendiri. Marketing dan teknologi merupakan dua faktor yang saling mendukung sehingga kalian meksipun ada pada bisnis kecil, perlu paham akan hal ini.

Dari mulai media sosial yang ikut berkembang karena teknologi ikut berkembang. Hingga pencapaian mesin pencari seperti Google, dan media aplikasi komunikasi seperti WhatsApp, dan lain – lain. Semua perkembangan tersebut yang akhirnya perlu kita pelajari dan membuat marketing bisnis kalian adalah hal utama.

Apa bisnis kecil atau UKM juga butuh marketing?

Jawabannya tentu saja IYA. Meskipun bisnis kalian masuk dalam kategori bisnis kecil, kalian tetap membutuhkan strategi marketing.

Marketing untuk bisnis UKM harus seperti apa?

Tentunya marketing untuk bisnis kecil adalah kewajiban yang perlu dilaksanakan. Meksipun tentunya marekting untuk UKM adalah mengikuti budgeting atau dana yang dimiliki. Bisnis UKM mayoritas memiliki budget marketing yang terbatas. Keterbatasan ini adalah tidka menjadi kendala bagi kalian pelaku usaha kecil dan menengah. Kalian tentu tetap bisa berekembang dengan budget yang minim.

Tentukan segmentasi, dan siapa target market produk bisnis kalian

Yang ini merupakan langkah paling awal sebagai trik marketing. Trik marketing yang paling awal adalah menentukan siapa saja yang masuk dalam target pasar kalian. Produk apa yang kalian jual? Bagaimana kualitas produk tersebut? Kelebihan dan kekurangannya apa saja? Poin – poin tersebut biasa disebut dengan product knowledge. Poin – poin tersebut yang nantinya menjadi salah satu bagian marketing, dan juga adalah masuk dalam siapa saja yang kalian sasar untuk membeli.

Endorsement orang sekeliling

Yang paling mudah untuk bisnis kecil UKM kalian adalah menjalankan marketing sederhana. Pilih kerabat dekat, atau keluarga yang memang aktif pada media sosial. Jika kalian menjual produk seperti makanan atau produk non jasa, tentunya akan lebih mudah. Kalian sebagai pelaku usaha bisa memberikan secara gratis produk bisnis kalian sebagai teknik marketing. Teknik marketing ini adalah upaya agar mereka membantu mempromosikan bisnis kalian pada media sosial seperti Instagram. Yang umum dilakukan adalah dengan mengunggah Instagram Story pada platform media Instagram.

Kalian bisa meminta tolong kerabat atau keluarga dengan trik marketing ini. Dengan melakukan ini, harapannya adalah agar mereka membuat video atau foto beserta review dari produk jualan kalian. Selain membuat orang lain yang ada di sekeliling keluarga atau teman merasa tergugah, kalian juga bisa melakukan repost pada akun bisnis kalian, atau akun sosial media pribadi kalian.

Bundling harga

Strategi marketing lainnya adalah dengan melakukan bundling harga. Dengan melakukan bundling harga, bisa membuat teknik marketing kalian adalah berkembang. Seperti contoh menggunakan marketing adalah harga yang kalian patok pada setiap produk adalah Rp. 30.000. Maka, kalian bisa mengadakan budling harga sebagai marketing dengan memberikan harga Rp. 50. 000 jika membeli 2 buah produk. Dengan menggunakan teknik marketing ini, adalah trik yang sering kali menarik bagi banyak calon pembeli untuk bisnis kalian.

Shopee dan Tokopedia penting banget

E – commerce seperti Shopee dan Tokopedia merupakan strategi marketing yang gratis. Dengan biaya yang cuma – cuma tersebut, kalian bisa memaksimalkan layanan – layanan e – commerce sebagai bentuk marketing paling murah. Tentunya, dengan trik marketing ini, adalah bertujuan membuat konsumen dan kalian semakin nyaman dalam bertransaksi. Selain itu juga dengan bergabung pada Shopee dan Tokopedia dapat memperluas calon – calon konsumen kalian, lho!

Segala trik di atas diharapkan bisa kalian raih dengan mempertimbangkan trik – trik marketing kalian. Lalu, untuk lebih lengkap, kalian bisa mengunduh file panduan bisnis UKM terlengkap secara GRATIS! Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Yuk, buruan download! Jumlah terbatas! Klik banner di bawah ini, ya!

Artikel Terkait

Omzet Ratusan Juta; Kelar Covid, Yuk Coba Bisnis Jasa Titip!

marsha

Cara Memulai Usaha Kuliner Saat Pandemi, Dijamin Laris!

marsha

Ini yang bisa dilakukan Pelaku Bisnis Saat WFH

marsha