a

Mau Jadi Pemimpin Cerdas dan Hebat, Coba Miliki 8 Kemampuan Manajemen Ini

Mengisi posisi puncak di perusahaan merupakan impian setiap orang. Bahkan setiap pegawai selalu memiliki mimpi untuk menjadi pemimpin di tempat kerja mereka. Banyak orang yang ingin menjadi pemimpin, namun tidak memiliki kemampuan manajemen yang baik. Padahal kemampuan manajemen menjadi salah satu skill utama seorang pemimpin.

Kita saat ini sudah sering mendengar ada banyak pemimpin baru dengan ide segar bermunculan. Anggaplah di Indonesia, beberapa pendiri perusahaan rintisan merupakan anak-anak muda. Mereka memiliki ide yang bisa membawa perusahaan mereka sukses dan menjadi contoh perusahaan konvensional.

Namun, hal yang harus diketahui oleh para pemimpin dan calon pemimpin baru. Pemimpin bukanlah sebuah profesi, hierarki dalam suatu perusahaan atau badan pemerintah. Karena itu tidak akan membuat Anda menjadi seorang pemimpin yang kuat dan cerdas.

Menjadi pemimpin yang mampu memimpin cerdas harus memiliki kemampuan manajemen yang bisa membuat staff maupun orang lain takjub, membawa mereka kepada pencapaian baru, dan hasil tertinggi. Berikut kemampuan manajemen yang harus di kuasai oleh pemimpin. SolusiUKM mengutip Lifehack.org memberikan wejangan untuk para pemimpin untuk bisa menguasai kedelapan kemampuan manajemn ini

Menginspirasi Tim

Seorang pemimpin perusahaan bukan hanya fokus pada tujuan, meningkatkan penjualan, dan meraih laba. Menjadi pemimpin bukan hanya sekedar bekerja di ruangan Anda sendiri, bukan hanya fokus dengan pekerjaan Anda sendiri.

Lebih dari itu, Anda harus keluar dari ruangan Anda untuk bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada setiap anggota tim. Ketika sedang menyelesaikan proyek besar, usahakan Anda harus berada di samping tim. Karena partisipasi dan kontribusi Anda akan menginspirasi mereka.

Jangan pernah meremehkan tim Anda, tetap berikan apresiasi kepada mereka yang sudah berkontribusi kepada Anda. Ketika Anda sedang rapat atau diskusi cobalah untuk mengeluarkan kata-kata yang tepat kepada anggota tim. Bahkan saat sulit akan menunjukan bahwa Anda merupakan pemimpin yang baik.

Tetap Bertanggung Jawab dan Jangan Menyalahkan

Saat Anda menjadi pemimpin, Anda akan menemui kegagalan dalam setiap proses yang dilakukan. Baik itu gagal tidak mencapai target atau gagal dalam hal apapun. Sebagai pemimpin cerdas. Anda tidak boleh menyalahkan staff Anda. Tetapi Anda harus bertanggung jawab bersama atas kesalahan yang terjadi.

Dan Anda harus bisa membuat staff atau karyawan Anda bertanggung jawab mengenai semua pekerjaan, keputusan yang mereka buat. Ingat, jika Anda sebagai seorang pemimpin harus ikut bertanggung jawab atas keputusan yang bersama-sama Anda cetuskan, bukan sekedar menyalahkan tim.

Jangan lupa untuk memberikan tepukan jika staff Anda berhasil, jangan salahkan ketika gagal. Jadikan semua anggota tim merasakan dukungan dan partsipasi Anda sebagai pemimpin untuk menerima kesalahan secara bersama-sama dan melakukan perbaikan bersama.

Bertanggung jawab atas apa yang Anda kerjakan untuk perusahaan dan segala sesuatu yang terjadi di dalam termasuk kegagalan akan memotivasi tim untuk meniru Anda.

Kembangkan Karyawan Anda

Menjadi pemimpin cerdas bukan hanya sekedar mengembangkan kemampuan diri sendiri saja. Namun harus ingat dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda. Karena keberhasilan Anda mungkin tidak akan terjadi tanpa bantuan mereka.

Ketika tim Anda mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri mereka,tentunya mereka akan lebih berkembang dan membawa kemajuan pada bisnis Anda. Moral mereka pun akan tumbuh menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Bagaimana tipsnya? Cobalah jadikan meeting dengan metode belajar, undanglah pakar atau mentor untuk mengembangkan karyawan, ajak tim untuk selalu mau mengembangkan diri, dan bagikan setiap ilmu yang Anda dapatkan di luar kepada anggota tim.

Ajak Mereka Menjadi Kreatif dan Inovatif

Kemampuan memimpin akan di nilai dari kreatifitas yang Anda miliki. Tetapi, jika Anda merupakan orang yang kreatif, Anda harus bisa mengajak staff Anda untuk berpikir kreatif untuk sama-sama mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

Ketika Anda bisa mengajak tim berpikir kreatif dan inovatif, Anda akan mendapatkan hasil luar biasa. Ajak tim Anda untuk kreatif dan inovatif. Banyak orang yang menganggap inovatif merupakan hal yang menyakitkan, namun Anda harus tetap memperhitungkannya.

Cara termudah untuk mengajak tim menjadi kreatif dan inovatif dengan menunjukan diri Anda antusias terhadap inovasi, ciptakan suasana kreatif, dan buat suasana yang bisa membuat staff Anda ikut menjadi kreatif, serta beri hadiah kepada setiap anggota tim yang kreatif.

Tunjukan Kharisma

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus menunjukan kharisma Anda. Tidak ada salahnya sebagai seorang pemimpin untuk melakukan pekerjaan membersihkan ruangan sendiri, mencuci piring bekas Anda gunakan, maupun melakukan aktivitas lain yang bisa membuat karyawan Anda bersifat empati.

Kita harus tahu, pemimpin cerdas mereka selalu bertindak baik, dekat dengan staff maupun orang lain, serta bisa menunjukan perhatian kepada seluruh karyawan. Pemimpin cerdas selalu menunjukan kepercayaan kepada setiap orang dalam situasi apapun.

Selalu Positif

Menjadi seorang pemimpin hebat dan cerdas, Anda harus bisa berpikir positif. Berpikir positif akan mendorong Anda dan tim selalu termotivasi. Berpikir positiflah dalam kondisi maupun keadaan apapun. Meskipun Anda dan tim sedang berada dalam posisi tersulit. Pemimpin akan menjadi contoh bagi para staff dibawah Anda.

Selera Humor

Seorang pemimpin bukan hanya orang yang selalu tampak serius dan melakukan hal serius. Seorang pemimpin, haruslah memiliki selera humor. Tunjukan rasa humor Anda, usahakan tetap memiliki humora saat sedang ada masalah, Anda perlu mendorong karyawan Anda untuk bersikap rileks.

Kemampuan membuat tim tertawa bisa membuat semangat dan motivasi untuk produktivitas staff dalam situasi sulit. Sifat humor akan membuat karyawan Anda merasa bahwa Anda berada di satu bus yang sama. Ini merupakan salah satu sikap kepemimpinan empatik. Humor akan meningkatkan persatuan di tempat kerja.

Jadikan Kegagalan sebagai Tantangan bukan Kesalahan

Tidak banyak pemimpin yang mampu menghadapi kegagalan sebagai kesalahan. Tetapi Anda harus bisa mengatasi hal ini. Bagaimana mengelola kegagalan? Bawalah setiap kegagalan dengan tenang, jangan pernah terpisah dari tim Anda untuk menghilangkan sikap moral negatif. Selalu ajak tim untuk diskusi dalam menemukan akar masalah serta merancang solusi terbaik.

Menjadi pemimpin yang kuat dan pintar dalam mangelola manajemen tidak mudah, Anda harus memiliki kualitas dan pengalaman. Namun Anda juga harus melampaui kerangka tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin di kantor.

Anda juga harus bisa menunjukan kecerdasan, kebijaksanaan, kejujuran, komitmen, dan dedikasi kepada tim Anda.

Share With:
Rate This Article