a

Mau Jadi Serial Entrepreneur? Ketahui Dulu 4 Tipe Serial Entrepreneur

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Serial Entrepreneur. Salah satu istilah yang belum begitu tenar namun sudah dilakukan oleh banyak pengusaha di Indonesia. Ada yang mengatakan Serial Entrepreneur adalah suatu hal yang mengasyikan. Sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe Serial Entrepreneur.

Serial Entrepreneur adalah seorang yang suka challenge dirinya untuk mencoba bisnis baru yang belum pernah dia coba. Para pengusaha yang mencoba menjadi Serial Entrepreneur akan mencoba hal-hal baru meskipun itu bukan passion mereka.

Sering sekali kita menemukan banyak pengusaha membuka usaha baru, tetapi mereka tidak senang untuk menjalankan bisnis tersebut. Bahkan para Serial Entrepreneur sering sekali meninggalkan bisnisnya ketika bisnis yang dijalankan sudah menghasilkan uang dan memiliki orang kepercayaan untuk menjalankannya. Lalu si pengusaha beralih ke bisnis lainnya.

Begitulah sikap seorang entrepreneur di dunia yang memiliki beberapa jenis bisnis. Seperti yang dikutip dari proposify.com ada empat tipe Serial Entrepreneur di dunia. Keempat tipe tersebut akan SolusiUKM paparkan :

Folder

Apakah Anda sudah pernah menjalankan banyak bisnis dan sudah menjalankan bisnis tersebut tetapi belum sukses, Anda dapat dikatakan sebagai Serial Entrepreneur. Banyak para Serial Entrepreneur tipe Folder adalah mereka yang senang menggerakan bisnisnya selama bertahun-tahun. Namun ketika hasilnya tidak terlihat, maka mereka segera meninggalkannya atau menjualnya.

Meskipun mereka sudah menggeluarkan banyak uang pada bisnis tersebut, namun mereka tidak memikirkan itu untuk kembali. Mereka menganggap kegagalan bisnis adalah pengalaman berharga yang harus mereka pakai lagi untuk mencoba bisnis baru yang bisa menghasilkan uang lebih banyak.

Sebab pengusaha yang tidak dapat menghasilkan uang adalah pengusaha yang tidak dapat menjadi juara dalam sebuah kompetisi. Menghasilkan uang adalah bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Bukan berarti Anda tidak boleh gagal atau kalah, tetapi Anda harus mulai menghasilkan. Jika tidak menghasilkan, bisnis tersebut bukan untuk Anda.

Flipper

Ada yang mengatakan Serial Entrepreneur jenis ini merupakan Serial Entrepreneur yang paling sukses. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang yang membangun bisnis hingga berhasil, lalu setelah berhasil mereka menjual bisnisnya dengan harga yang cukup bagus, lalu pindah ke bisnis lain.

Ketika pengusaha tipe Flipper ini menjual bisnisnya, bisnis mereka sedang jaya-jayanya. Bahkan pebisnis jenis ini bisa menghasilkan jutaan dollar dari bisnis yang telah dijualnya. Inilah kesuksesan dan prestasi terbesar seorang Serial Entrepreneur tipe Flipper.

The Milker

Sepertinya The Milker adalah tipe Serial Entrepreneur yang suka membangun bisnis hingga bisnis berhasil dan mendapatkan keuntungan. Pebisnis The Milker adalah seorang yang suka memulai bisnis, namun ia tidak mengurus bisnisnya. Melainkan ia rekrut seorang manager atau seorang Direktur untuk menjalankan bisnisnya untuk mengerjakan perintilan harian, lalu si pengusaha beralih ke bisnis lainnya. Tetapi sih pengusaha tetap menjadi pemegang saham.

Selayaknya seorang Serial Entrepreneur tipe The Milker lebih ingin menjadi orang yang bebas. Para pengusaha tipe Milker, selalu ingin bisnis yang ia bangun terlihat kecil dan sederhana. Bahkan mereka menganggap bahwa bisnis yang besar adalah bisnis yang cukup merepotkan.

Namun ketika tim sudah terbentuk, Serial Entrepreneur tipe Milker menganggap bahwa kunci kekayaan dan kebebasan adalah mempekerjakan lebih banyak orang.

Buruknya dari Serial Entrepreneur tipe Milker ini, mereka selalu tidak ingin bertanggung jawab dengan perintilan bisnis setiap harinya. Demi mendapatkan kebebasan bisnis. Anda tidak bisa berpikir seperti ini. Karena Anda bertanggung jawab dengan kesuksesan perusahaan dalam jangka panjang.

The Gnat

Tipe Serial Entrepreneur terakhir ini, merupakan seorang pengusaha yang senang memulai bisnis baru sambil menjalankan bisnis lain yang sudah ada. Mereka selalu berpikir menjalankan satu bisnis itu membosankan.

Tetapi disatu sisi, Anda tidak boleh terlalu antusias dalam menjalankan seluruh bisnis dalam satu waktu. Anda tidak akan sanggup melakukan itu. Diibaratkan tidak mungkin Anda bisa menjadi atlet sepak bola, bola basket, baseball, dan lainnya secara bersamaan.

Itulah empat tipe Serial Entrepreneur yang harus Anda ketahui. Tidak salah memang menjadi seorang Serial Entrepreneur. Namun bukan berarti Anda harus mengurus bisnis Anda semua sendirian. Hal terpenting ketika Anda menjadi Serial Entrepreneur adalah dengan membangun tim yang solid.

Share With:
Rate This Article