a

Mcd Sarinah VS Gedung Sarinah. Berantem?

Tahukah kalian bahwa McDonald’s atau yang biasa disingkat dengan sebutan Mcd Sarinah tutup? Betul, Mcd cabang Sarinah akan ditutup secara permanen. Lalu, apa yang membuat restoran Mcdonald’s atau Mcd Sarinah spesial dibandingkan restoran Mcd cabang – cabang lainnya? Hal tersebut dikarenakan Mcd cabang Sarinah adalah restoran McDonald’s pertama yang didirikan di Indonesia. Mcd Sarinah pertama kali dibuka pada Februari tahun 1991. Wah, sudah lama sekali bukan? Tentunya dengan adanya Mcd Sarinah yang rencananya tutup tersebut mendatangkan reaksi yang dramatis.

Selang beberapa waktu setelah pengumuman dari akun Instagram Mcd Official menjelaskan bahwa bangunan Mcd Sarinah akan ditutup, warga net banyak yang menyayangkan kejadian tersebut. Salah satu poin yang disebut pada akun resmi Mcdonald’s Indonesia menyebutkan, “Selama 30 tahun hadir di Sarinah, atas permintaan manajemen Sarinah, dengan berat hati kami akan menutup pintu kami mulai Minggu 10 Mei 2020 jam 10.05 malam”.

Yang lebih menghebohkan lagi, setelah pengumuman Mcd Sarinah akan tutup, lokasi Mcd Sarinah langsung dipadati oleh banyaknya masyarakat yang sedih oleh Mcd Sarinah yang akan tutup.

Mcd Sarinah tutup ternyata menjadi sebuah kejadian yang menyedihkan, terutama bagi mereka yang memiliki banyak sekali memori atau kenangan yang terjadi di dalam lokasi Mcd Sarinah yang bertempat di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat tersebut.

Kerumunan masyarakat yang datang ke lokasi Mcd Sarinah sebagai salam perpisahan karena rencana Mcd Sarinah tutup tersebut  bahkan menjadi buah bibir yang menghebohkan. Pembicaraan kerumunan penduduk yang banyak tersebut bahkan berita yang viral, karena pada saat itu, peraturan pemerintah terkati PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar sangat dilanggar oleh masyarakat.

Tentunya kejadian ini membuat banyak pihak menelisik apa penyebab utama dari kejadian Mcd Sarinah tutup.  Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, seorang Direktur Utama dari gedung Sarinah menuturkan, bahwa PT Sarinah atau yang masuk juga dalam Persero yang memiliki pusat perbelanjaan Sarinah, memiliki rencana strategi bisnis terbaik untuk melakukan renovasi pada bangunan Sarinah yang memang sudah termasuk sebagai bangunan lama. Tindakan peremajaan ulang gedung Sarinah tersebut yang membuat Mcd Sarinah tutup juga.

Gedung Sarinah juga memiliki rencana dan strategi untuk mengubah struktur dan manuver bisnis yang selama ini telah mereka jalankan. Langkah pertama yang dilakukan oleh tim dari gedung Sarinah, selain Mcd Sarinah tutup, adalah melakukan pengosongan gedung Sarinah yang menjadi salah satu icon dari ibu kota Jakarta tersebut. Pemilik – pemilik kios toko yang ada di Gedung Sarinah juga harus ikut menutup bisnisnya, selain Mcd Sarinah yang ikut tutup.

Gedung Sarinah yang masuk dalam jenis pusat perbelanjaan tersebut sempat menjadi acuan dan tren pada awal – awal tahu didirikannya. Biaya yang dibutuhkan untuk renovasi yang akhirnya membuat Mcd Sarinah tutup adalah Rp. 700 Miliar. Wow! Nominal fantastis ya Sobat UKM! Masuk akal juga mengingat lokasi gedung Sarinah tersebut berada pada bilangan pusat kota yaitu Thamrin, Jakarta Pusat.

Michael Hartono sebagai Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia menjelaskan bahwa pihak Mcd Sarinah dan Mcd pusat menjamin bahwa seluruh karyawan Mcd Sarinah akan dipindahkan atau relokasi pada Mcd cabang – cabang lainnya. Banyak dugaan – dugaan dan spekulasi terhadap alasan Mcd Sarinah tutup yang disayangkan oleh konsumen. Salah satu dugaan yang muncul ke permukaan mengenai alasan mengapa Mcd Sarinah tutup, adalah kondisi Mcd Sarinah yang tidak lagi meraih untung alias rugi. Spekulasi ini langsung ditepis karena tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Restoran dengan konsep cepat saji Mcdonald’s sendiri mengembangkan sayap bisnisnya melalui sistem waralaba atau biasa juga dikenal dengan sebutan franchise. Pada mulanya, jenis makanan utama yang Mcdonald’s internasional sediakan adalah Hamburger. Namun, sistem dari Mcdonald’s tidak sertam – merta secara asal – asalan membuka restoran cabang miliknya, tanpa disertai dengan data riset mengenai market atau pasar yang dituju. Mereka menyajikan menu utama yaitu Ayam Goreng dengan menu pendamping yaitu Nasi. Jenis makanan yang memang dikonsumsi rakyat Indonesia sehari – hari.

Jadi, sudah jelas bukan apa saja yang melatar belakangi dari situasi tutupnya bisnis Mcd Sarinah? Dengan penyesuaian gedung pusat perbelanjaan Sarinah membuat kalian mempelajari bagaimana situasi dan kondisi yang diakibatkan oleh bisnis tersebut. Semoga bisa mendapat inti atau ilmu dari kejadian di atas, ya! Terutama pada masa pandemi Covid – 19 Corona seperti saat ini.

Untuk menunjang berkembangnya bisnis kalian di masa sulit seperti pandemi Covid – 19 Corona saat ini, kami memiliki banyak sekali E – BOOK GRATIS dengan cara mendaftar MEMBERSHIP secara cuma – cuma. E – BOOK tersebut banyak yang membahas mengenai dunia marketing UKM, strategi bisnis pada pemasaran e – commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain – lain.

 

Share With:
Rate This Article
avatar
trackback
Waduh! Ternyata Banyak Pebisnis Langgar PSBB di Jakarta, lho! - Solusiukm

[…] […]