a

Memanfaatkan Cloud Computing Untuk Bisnis Demi Menjaga Data Keuangan

Maraknya pengunaan teknologi seperti internet, smartphone, dan piranti lain berbasis komputer memperlihatkan bahwa teknologi sudah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan sehari-hari. Kita semua dituntut untuk melek teknologi agar tidak ketinggalan zaman, pesatnya penggunaan teknologi mendorong semua lini kehidupan diharuskan memanfaatkannya, termasuk dalam pengelolaan bisnis. Saat ini, perusahaan di dunia fokus dalam penggunaan cloud computing untuk bisnis yang lebih cerdas, dan lebih efisien serta melihat fleksibiltasnya.

Jika kita mengartikan cloud ke dalam bahasa Indonesia, maka kita akan menemukan arti ‘Awan’. Mengapa awan? Awan merupakan metafora dari internet, awan digambarkan sebagai bentuk cloud computing karena awan adalah infratsruktur internet yang disembunyikan.

Cloud computing adalah salah satu inovasi dari perkembangan IT sejak meningkatnya pengunaan internet untuk bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Menurut Wikipedia, Cloud Computing ialah pengabungan antara pengunaan komputer dengan internet. Meskipun secara tidak langsung, saat Anda menggunakan layanan internet seperti e-mail dan social media, Anda pun sudah menggunakan cloud computing.

Mengapa demikian? Dalam penggunaan email dan social media, Anda dituntut untuk menyimpan data dalam sebuah jaringan yang dinamakan internet. Tetapi kita tidak mengetahui dimana data kita itu tersimpan, namun kita mengetahui siapa yang menyimpan data tersebut.

Misal Anda sedang menggunakan email Google yakni Gmail. Anda menyimpan seluruh data pekerjaan Anda dalam email tersebut. Secara tidak langsung Anda sudah menyimpan data dalam cloud computing yang Anda ketahui siapa pemilik Cloud tersebut. Layanan ini dikenal dengan Software as a service (SaaS). Dimana Anda hanya memakai layanan email yang telah disediakan.

Jenis Layanan Cloud Computing

Selain layanan SaaS, terdapat dua layanan lain yang umum digunakan untuk menikmati layanan yang ingin mendapatkan yang lebih.

SaaS (Software as a Service)

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa Cloud computing adalah layanan yang sudah ada, dan Anda tinggal menggunakan layanan yang sudah tersedia tersebut. Hal yang perlu Anda tahu, bahwa layanan yang diberikan oleh penyedia cloud tersebut sudah cukup baik namun memiliki keterbatasan dari segi jumlah.

Contohnya adalah Google, jika Anda memiliki email Gmail, maka Anda diberikan fasilitas penyimpanan data hingga 15 GB (Gigabyte) untuk email yang gratis. Jika untuk kegunaan pribadi, maka storage sebesar 15 GB tersebut cukup besar. Mungkin Anda pun tidak akan menggunakan seluruhnya.

PaaS (Platform as a Service)

PaaS lebih sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang mengembangkan suatu aplikasi. Layanan yang diberikan oleh penyedia PaaS tentunya sangat besar mulai dari sistem operasi, database engine, network, framework aplikasi, dan lainnya tersimpan dalam satu cloud computing tersebut.

Memang layanan cloud computing untuk bisnis aplikasi komputer sangat cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan aplikasi. Hal terpenting yang harus kita ketahui, bahwa aplikasi yang kita ciptakan dapat berjalan dan digunakan dengan baik. Tanpa harus memikirkan berbagai kendala yang terjadi dalam layanan tersebut.

Saat ini jasa layanan PaaS yang tersedia dan sering digunakan terdiri dari Amazon Web Service, dan Windows Azure. Keuntungan dari penggunaan PaaS, Anda sebagai pemilik bisnis aplikasi dapat lebih fokus untuk pengembangan aplikasi. Untuk masalah Cloud computing untuk bisnis Anda, maka dapat diserahkan kepada penyedia layanan.

Infrastructure as a Service (IaaS)

Layanan cloud computing ini sering digunakan sebagai cloud computing untuk bisnis perusahaan-perusahaan besar. Karena IaaS menyediakan layanan untuk menyewa sebuah infrastruktur IT demi kelangsungan jalannya bisnis secara keseluruhan. Dimana kita bisa meminta berapa kebutuhan komputasi, penyimpanan, memori, dan bandwith sesuai pada kebutuhan yang kita inginkan.

Sehingga kita tidak memerlukan melakukan upgrade ketika memori komputer yang kita gunakan sudah cukup besar. Kita bisa menambah sesuai keinginan kita. Tanpa harus membeli sebuah produk terbaru. IaaS tidak dirancang untuk bisnis skala kecil, tapi dirancang untuk bisnis skala menengah dan besar.

Saat ini baru tersedia tiga layanan cloud computing yang sudah disebutkan diatas. Ketiga cloud tersebut bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Mengapa bisnis Anda harus menggunakan cloud computing, untuk mendapatkan fleksibilitas dan efektifitas dari bisnis yang Anda jalankan.

Mengapa Harus Menggunakan Cloud Computing?

Perkembangan teknologi sejak kehadiran internet begitu pesat sudah memengaruhi berbagai sektor, termasuk sektor bisnis. Agar bisnis bisa terus jalan secara efektif dan efisien, maka sebagai pemilik bisnis harus mengarahkan bisnis untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Terlebih, saat ini trend bisnis sudah berpindah dari offline ke online. Mau tidak mau sebagai pemilik bisnis Anda harus mulai melakukan bisnis online. Salah satunya adalah pemanfaatan cloud computing untuk bisnis. Anda harus menjadikan bidang IT menjadi prioritas untuk bisnis Anda.

Sekarang, secara tidak langsung pemilik bisnis lebih memilih menampung semua data bisnis ke cloud computing. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan yang terjadi pada pemilik bisnis, terutama biaya perawatan perangkat IT yang bisa meningkat setiap tahunnya.

Meskipun saat ini keberadaan penyedia layanan cloud sudah cukup banyak di Indonesia, namun masih sangat sedikit perusahaan dan UKM yang bersedia menggunakan sistem cloud untuk bisnis mereka. Terutama cloud computing untuk bisnis dalam menyimpan data-data keuangan perusahaan. Mereka harus memilih perusahaan pelayanan cloud computing untuk bisnis yang benar-benar memiliki tingkat keamanan tinggi untuk menjaga data bisnis agar tidak mudah dibobol.

Memilih Software Keuangan Berbasis Cloud

Penyimpanan awan untuk data keuangan tak boleh sembarangan memilih, karena data keuangan yang Anda miliki akan tersimpan pada cloud yang digunakan. Tentunya keamanan yang dipilih pun harus yang benar-benar sudah teruji.

Sebelum memilih jasa layanan cloud, Anda juga harus bisa memilih software akuntansi atau software keuangan yang memang cocok Anda gunakan. Anda bisa memilih software akuntansi yang sudah memiliki tingkat keamanan data setara dengan software yang dimiliki oleh sistem perbankan seperti yang tersedia pada Software Akuntansi Accurate.

Accurate, yang saat ini sudah memiliki versi online yakni Accurate Online (AOL) memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi dan berbagai kemudahan dalam penggunaannya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan data keuangan perusahaan. Anda bisa menggunakan AOL pada server cloud computing untuk bisnis yang sudah digunakan perusahaan, tanpa harus menyesuaikan dengan Accurate.

AOL dapat digunakan oleh berbagai sektor bisnis, dan cocok dipakai oleh pengusaha UKM yang ada di Indonesia. Para pemilik UKM yang tidak memiliki kemampuan akuntansi yang cukup baik pun, tetap dapat menggunakan AOL dengan baik.

Share With:
Rate This Article