Solusiukm
4 Langkah Mudah Mencapai Kebebasan Finansial
Manajemen & Pemasaran

4 Langkah Mudah Mencapai Kebebasan Finansial

Semua orang tentu ingin bebas dalam menggunakan uang mereka, tanpa berpikir dua kali. Maksudnya, Anda selalu ingin menghabiskan uang Anda, tetapi kebutuhan lainnya sudah Anda cukupi. Anda tidak lagi memikirkan pengeluaran bulanan, cicilan, minggu depan masih bisa makan apa tidak. Apakah Anda sudah merasa mencapai kebebasan finansial? Jika belum, yuk kita ulas bareng.

Kebebasan keuangan menjadi impian setiap orang. Namun tidak semua orang mampu dan mau melakukan proses ke arah sana. Banyak orang yang baru melangkah sudah menyerah. Buat Anda yang masih memiliki keyakinan, Anda harus melakukan beberapa tahapan agar mampu mencapai kebebasan keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Kebebasan Finansial

Apa sih arti dari kebebasan finansial yang sebenarnya? Apakah kebebasan finansial berarti bisa membeli semua barang dan bisa jalan-jalan kapan saja Anda mau? Bagaimana mendefinisikan kebebasan financial untuk Anda yang memang ingin mencapainya?

Mengutip dari Kompas.com, kebebasan finansial adalah saat seseorang mampu untuk menyimpan atau saving uang lebih banyak dan mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya dengan gaya hidup yang di inginkan. Bahkan Anda sudah memiliki banyak penghasilan dari pasive income.

Menurut etmoney.com, kebebasan finansial adalah ketika Anda mampu menutup semua kebutuhan hidup Anda dan keluarga Anda. Kebebasan finansial bukan tentang menjadi kaya dan memiliki banyak uang. Melainkan, Anda dapat menghabiskan waktu berharga bersama keluarga, kerabat, dan sahabat. Serta menghabiskan sesuatu untuk mendapatkan uang.

Sering sekali kita mengalami peningkatan hutang, darurat keuangan, hingga pengeluaran yang sangat besar, serta masalah keuangan lain yang menghalangi tujuan kita. Memang untuk mencapai kebebasan finansial tidak akan mampu berhasil dalam waktu instan. Semua membutuhkan proses dan tingkatan masing-masing untuk mencapainya.

Accurate.partners akan membahas tingkatan menuju kebebasan finansial untuk Anda semua yang ingin memiliki kebebasan keuangan di masa depan. Akan kami rinci setiap tahapan, agar memudahkan Anda menggapai kebebasan finansial tersebut dan segala impian Anda bisa tercapai.

Baca juga: 8 Skill Wajib Laki-Laki Dewasa yang Harus Dikuasai

Langkah Pertama

Lunasi Semua Hutang

Hampir semua orang memiliki hutang, termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini. Tampaknya hutang menjadi kewajiban bagi seseorang. Berhutang memang hal yang cukup mengasyikan di awal, namun menjadi suatu yang menyiksa di waktu-waktu selanjutnya.

Berhutang seperti layaknya gaya hidup kekinian, tidak bisa terlepas dari seseorang. Ada anggapan, hutang selalu membuat semua orang ketagihan. Sekali berhutang, mereka akan terus menerus berhutang. Untuk menuju kebebasan finansial, Anda harus melupakan hutang dan menghindarinya.

Jika saat ini Anda masih memiliki hutang dengan seseorang, bank, atau kantor segeralah untuk melunasinya. Biasakan untuk tidak menggunakan kartu kredit dalam berbelanja, teruntuk Anda yang masih suka menggunakan kartu kredit untuk membeli barang konsumtif, sebaiknya tidak perlu lagi untuk berhutang. Karena akan menyiksa Anda di masa depan.

Lebih baik Anda bersabar sedikit ketika memang ingin membeli sesuatu. Kumpulkan uangnya perlahan, hingga semuanya terkumpul. Setelah terkumpul, baru Anda membelinya.

Baca juga: 8 Cara Keluar dari Zona Nyaman, Beserta Langkah-Langkah dan Alasannya

Membuat Anggaran Rumah Tangga

Setelah Anda melunasi semua hutang yang Anda miliki. Cobalah untuk membuat anggaran berdasarkan penghasilan yang Anda miliki setiap bulannya. Dengan adanya anggaran ini, Anda sudah bisa memposisikan, uang Anda akan lari kemana saja.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat anggaran bulanan, Anda mengetahui jumlah penghasilan bersih yang sudah dikurangi pajak. Anggaran ini berlaku buat Anda yang bekerja serabutan atau dikatakan memiliki pendapatan tidak tetap.

Dalam membuat anggaran bulanan, cobalah untuk membuat secara detail dan jujur. Ini sangat penting karena Anda harus menyesuaikan dengan penghasilan bersih Anda. Jika Anda sudah memiliki pasangan, gabungkanlah semua pendapatan yang Anda miliki.

Buatlah semacam tabel rincian, mulai dari pengeluaran harian, pengeluaran rumah tangga, dan pengeluaran sekolah anak. Tulislah semua dengan detail dan terperinci. Berikut contoh anggaran bulanan rumah tangga.

Tabel Keuangan Bulanan untuk Mencapai Kebebasan finansial
Tabel Keuangan Bulanan

Prioritas Pengeluaran Bulanan

Salah satu kesuksesan dalam penetapan anggaran bulanan dengan melakukan penelusuran biaya dengan benar. Tentukan prioritas pengeluaran bulanan yang memang wajib Anda keluarkan. Apa saja pengeluaran yang memang benar-benar sebagai prioritas Anda. Jika ada hal yang ingin Anda beli dan bersikap konsumtif, coba dipikirkan kembali apakah itu benar-benar diperlukan atau masih dapat Anda tunda.

Demi mencapai kebebasan finansial, Anda harus benar-benar mencatat pengeluaran yang memang menjadi prioritas utama. Fokus pada pengeluaran prioritas seperti hutang dan cicilan jika memang Anda yang memang wajib Anda keluarkan, Seperti:

  • Cicilan KPR
  • Kredit kendaraan
  • Sewa rumah
  • Uang sekolah
  • Hutang
  • Biaya asuransi
  • Transportasi
  • Tabungan
  • Biaya tagihan lain (listrik, internet)

Pada dasarnya sering sekali boncosnya pengeluaran, cenderung mengikuti keinginan daripada kebutuhan. Dengan anggaran pengeluaran prioritas tertulis, Anda bisa menentukan pengeluaran yang benar-benar menjadi prioritas. Jangan sampai Anda hanya menghabiskan pengeluaran untuk berbelanja barang-barang yang tidak penting atau sesuatu yang hanya bersifat konsumtif dan sementara.

Baca juga: Sadis! 3 Buku Copywriting Berbahasa Indonesia yang Patut Anda Baca

Langkah Kedua

Cari Passion Anda

Menemukan passion memang tidaklah mudah. Passion jika di definisikan secara sederhana merupakan minat seseorang terhadap sesuatu. Demi passion, terkadang seseorang rela untuk melakukan apapun meski harus berkorban begitu besar.

Banyak orang yang bahkan tidak mengetahui passion mereka apa, meskipun mereka sudah bekerja di suatu bidang tertentu, tetapi mereka tetap tidak mengetahui apa yang sebenarnya menjadi passion mereka. Sebab, mereka bekerja hanya untuk mendapatkan uang, bukan menemukan passion.

Passion sendiri merupakan sesuatu yang membuat Anda merasa semangat untuk mengerjakan hal itu. Terkadang, hambatan seseorang tidak menemukan passion mereka karena hanya mengikuti kata orang tua dibandingkan diri mereka sendiri.

Banyak juga, hambatan yang menjadi penghalang seseorang tidak menemukan passion mereka karena mereka hanya mengikuti teman saja. Seperti saat memilih jurusan kuliah ketika lulus SMA, tentu tidak banyak orang yang mengikuti passion mereka. Melainkan hanya ikut-ikutan teman-teman saja. Hal ini membuat Anda akan sulit mencari passion Anda.

Passion ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial. Dengan memiliki passion, Anda bisa mengasah diri Anda untuk menjadi terbaik dalam mencari kebebasan mencari uang. Passion akan membantu Anda dalam menemukan pekerjaan atau cara mendapatkan penghasilan sesuai dengan apa yang Anda minati. Segera temukan passion Anda untuk mendapatkan kebebasan keuangan.

Bekerja Keras

Mencapai kebebasan finansial membutuhkan kerja keras dan mungkin kerja cerdas. Kerja keras menjadi kunci untuk menggapai kesuksesan finansial. Banyak orang sukses, karena mereka melakukan kerja keras yang benar-benar bisa membantu mereka mencapai kebebasan finansial yang luar biasa.

Ada juga orang yang memang tidak mau bekerja keras, hanya ingin hasil besar tanpa kerja keras. Tentu ini tidak mungkin bisa dilakukan. Banyak orang yang menganggap dirinya telah bekerja keras, tapi hasilnya hanya begini-begini saja.

Dengan bekerja keras, mungkin Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa untuk mendapatkan keuangan yang baik. Banyak yang merasa bahwa hal ini cukup sulit, tetapi dengan konsisten dan kreativitas bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan hasilnya.

Mencapai kebebasan finansial memang bukan perkara mudah, banyak orang yang mengeluh karena gaji mereka selalu habis setelah diterima. Padahal, sangat penting untuk bisa mencapai kebebasan finansial untuk Anda yang memang memiliki keyakinan dan kesadaran untuk fokus pada bidang satu ini.

Baca juga: Ini 5 Rumus Paten Buat Jualan Makeup Online, Ayo Disimak!

Menunda Kesenangan

Ada yang mengatakan salah satu rahasia terbesar orang-orang sukses dan kaya di dunia, mereka sering menunda kesenangan demi masa depan. Banyak orang-orang sukses, mereka menunda untuk mendapatkan kesenangan jangka pendek. Yang mana banyak orang terjebak dalam hal ini.

Misal, istilah “Selagi muda, maka manfaatkanlah waktu untuk bersenang-senang. Sebelum nanti nikah dan punya anak.” Banyak orang percaya akan hal tersebut, mereka lupa akan masa depan. Diluar sana banyak orang yang menunda untuk membeli gawai terbaru, menunda untuk plesiran ke lokasi-lokasi wisata, dan menunda untuk membeli suatu barang yang mungkin menurut mereka belum diperlukan sama sekali.

Orang-orang sukses lebih memilih untuk menginvestasikan uang dan waktunya kepada hal-hal produktif. Seperti membeli buku, mengikuti seminar, dan training yang bisa mengasah kemampuan dan kreatifitas mereka. Dibandingkan harus memilih untuk bertahan dan melancong ke tempat-tempat baru yang menghabiskan banyak uang.

Menunda kesenangan mungkin salah satu tips yang bisa dilakukan demi kebebasan finansial. Memang hal ini berat, apa lagi jika Anda selalu ‘sirik’ dengan orang lain. Belum lagi iklan yang Anda lihat di televisi, Koran, hingga jalan selalu mendorong Anda untuk menggubah gaya hidup. Seperti selalu mengganti gadget, dan melakukan traveling. Padahal dana itu bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal produktif lainnya. Kesenangan saat ini mungkin hanya akan membuat Anda terlena, hingga melupakan masa depan.

Cobalah untuk memandang masa depan, dan pikirkan sebuah hal jangka panjang untuk memudahkan Anda dalam menuju kebebasan finansial. Tidak mudah memang, tetapi dengan disiplin Anda akan sukses dan berhasil. Memang ini sulit, apa lagi jika Anda mendapatkan cemoohan dari orang lain. Anda akan dikatakan pelit, kikir, hingga dianggap tidak mau menikmati hasil jerih payah sendiri. Padahal Anda sedang menyiapkan masa depan yang lebih baik dibandingkan kebanyakan orang.

Langkah Ketiga

Menabung

Istilah yang sering kita dengar sejak SD adalah menabung pangkal kaya. Memang betul, dengan menabung kita bisa saving uang. Menabung salah satu cara untuk meraih kebebasan finansial di masa depan. Tidak banyak orang yang mampu menabung, padahal menabung itu cukup penting demi mendapatkan kebebasan finansial di masa depan.

Ketika menabung, kita memang harus konsisten untuk menyimpan sebagian persen dari penghasilan. Tapi banyak orang yang tidak mampu menabung, alasannya sederhana. Penghasilannya masih belum cukup untuk menutup kebutuhan dan segala pengeluaran.

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda menabung uang hasil jerih payah Anda selama ini. Meskipun tabungan yang Anda lakukan tidak banyak. Tetapi itu bisa mendorong Anda untuk bisa lebih aktif dan memiliki dana pensiun untuk masa depan nanti.

Uang tabungan ini cukup penting untuk Anda. Karena Anda bisa memanfaatkannya ketika Anda sedang mengalami masa-masa sulit seperti saat ini. Misal ketika Anda di PHK oleh perusahaan Anda bekerja, selama Anda menganggur dan sedang mencari pekerjaan baru. Kehidupan Anda bisa di topang dari uang tabungan.

Selain itu, menabung juga menjadi tanda Anda akan mencapai kebebasan finansial. Saat kondisi darurat Anda masih bisa mengandalkan tabungan Anda. Disinilah Anda perlu atau memulai untuk menabung di masa-masa senang, saat Anda masih bekerja.

Baca juga: Lakukan 7 Persiapan Akhir Tahun untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Kalian

Minimalisir Pengeluaran

Sering sekali kita mengeluh terhadap pengeluaran. Terkadang, kita tidak mampu meminimalisir pengeluaran keuangan rumah tangga. Padahal, ketika kita mampu dalam meminimalisir pengeluaran, kita akan mampu mencapai kebebasan finansial.

Meminimalisir pengeluaran bukan berarti memangkas pengeluaran wajib. Tetapi Anda bisa meminimalisir dengan beberapa cara agar mampu mengurangi pengeluaran yang memang tidak perlu. Seperti jajan diluar, makan di café, jalan-jalan, hingga membeli sesuatu yang hanya sebuah keinginan.

Ada banyak cara untuk meminimalisir pengeluaran, seperti dengan membawa makanan dari rumah ke kantor, memasak, menggunakan listrik dengan bijak, hingga tidak perlu sering keluar rumah dengan kendaraan bermotor jika bepergian hanya ke supermarket atau tempat ibadah.

Dengan adanya catatan anggaran bulanan, akan memudahkan Anda dalam menghabiskan uang Anda. Kemana saja uang Anda keluar. Anda bisa dengan memangkas biaya hidup yang masih dapat di minimalisir dengan bijak.

Biasanya seseorang menghabiskan uang untuk kebutuhan yang belum jelas, seperti membeli camilan, minuman ringan, hingga membeli makanan di restoran dalam waktu yang cukup sering dalam satu bulan. Ini juga menjadi salah satu penyebab uang Anda habis begitu saja. Demi memiliki kebebasan keuangan, Anda harus mampu meminimalisir pengeluaran.

Hargai Uang Hasil Kerja Keras

Ada pepatah yang mengatakan orang yang tidak akan kaya adalah orang yang tidak dapat menghargai uang. Menghargai uang menjadi salah satu kunci untuk menggapai kebebasan finansial. Tidak banyak orang yang dapat menghargai uang hasil kerja keras mereka. Sehingga membuat diri Anda terlena untuk mengikuti gaya hidup konsumtif.

Apa saja tanda orang yang tidak menghargai uang?

  • Tidak memiliki anggaran belanja
  • Tak mengukur kemampuan keuangan
  • Menggunakan kartu kredit sembarangan
  • Berhutang untuk memenuhi gaya hidup
  • Menyepelekan menabung
  • Mengabaikan uang kecil

Menghargai uang menjadi salah satu kunci agar Anda bisa mencapai kebebasan finansial. Saat ini banyak cara untuk menghargai uang. Mulai dari menggunakan aplikasi kas pribadi hingga catatan manual yang bisa Anda buat dengan mudah. Semua bisa Anda lakukan jika memang Anda memiliki niat untuk menggapi kebebasan keuangan di masa depan. Atau mengikuti format contoh template keuangan pada table di atas.

Uang hasil kerja keras memang itu hak Anda, bukan berarti uang hasil jerih payah Anda harus dihabiskan begitu saja. Dengan mengehargai uang, Anda akan mampu memiliki mindset kemana saja uang Anda digunakan. Ada banyak cara trik dan tips untuk menjaga keuangan menjadi lebih baik.

Langkah Keempat

Investasikan Tabungan

Menabung tidak cukup untuk memaksimalkan keuangan Anda di masa depan. Oleh sebab itu, menabung juga hanya membuat uang Anda diam dan tidak berputar. Berbeda ketika Anda melakukan investasi dengan tabungan yang telah Anda kumpulkan.

Investasi adalah sebuah cara menanam uang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Masyarakat Indonesia masih sangat sedikit yang melakukan dan melek akan investasi. Baik itu reksadana, maupun saham. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investor reksadana hanya mencapai 1,8% dari total penduduk kelas menengah di Indonesia. Total penduduk kelas menengah di Indonesia 22 % dari total penduduk Indonesia.

Masyarakat Indonesia masih takut tentang investasi. Mereka juga berpikir bahwa investasi merupakan aktivitas orang yang memiliki modal besar. Padahal tidak, investasi reksadana bisa menjadi pilihan untuk investasi untuk pemula.

Dibandingkan Anda hanya membuat rekening tabungan di bank, yang mana uang Anda tidak akan pernah bertambah. Dan mungkin saja malah berkurang setiap bulannya. Investasi menjadi salah satu pilihan untuk Anda, investasi bisa menjadi salah satu keuntungan di masa depan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan menjadikan dana investasi sebagai pasive income untuk Anda.

Infograpis mencapai kebebasan keuangan

Mulailah Berbisnis

Langkah selanjutnya untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan memulai bisnis. Berbisnis menjadi pilihan banyak orang saat ini. Tidak menunggu harus di PHK atau pensiun. Siapapun bisa berbisnis sambil bekerja. Meskipun Anda sebagai seorang pegawai, cobalah untuk memulai bisnis. Tak perlu muluk-muluk, mulailah dengan bisnis kecil-kecilan saja

Dengan berbisnis, bisa membantu Anda mendapatkan sumber pendapatan lain diluar pendapatan tetap dari gaji. Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda lakukan. Hal terpenting ketika Anda berbisnis sambil bekerja, Anda harus mampu membagi prioritas. Banyak orang yang tidak mampu melakukan hal ini. Untuk itu Anda harus mampu menjalankannya dan banyak belajar.

Hasilkan Banyak Sumber Penghasilan

Menghasilkan banyak sumber penghasilan menjadi satu cara untuk bisa memiliki kebebasan finansial. Anda bisa melakukan semua itu dengan memanfaatkan aset yang Anda miliki untuk menjadi sumber penghasilan utama Anda. Dua contoh sumber penghasilan sudah kami jelaskan di poin sebelum ini, yakni dengan melakukan investasi dan berbisnis.

Dengan memiliki banyak sumber penghasilan, tentu Anda tidak akan berpikir bahwa sumber penghasilan Anda hanya berasal dari gaji Anda bekerja. Banyaknya sumber penghasilan memang akan membuat Anda aman secara finansial, ketika semua sumber penghasilan bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Memang tidak mudah mengelola semua itu, namun dengan konsistensi dan ketekunan tentu Anda bisa melakukan hal tersebut. Terpenting, kini waktunya Anda memulai dari hal paling kecil terlebih dahulu. Seperti membangun sebuah bisnis. Anda bisa memanfaatkan bisnis yang mungkin bisa Anda kelola sendiri atau bersama pasangan.

Mulai sekarang, waktunya Anda untuk berpikir bagaimana cara Anda bisa menghasilkan banyak sumber penghasilan. Dari mulai pilihan bisnis, investasi, hingga memanfaatkan aset untuk menjadi uang. Dengan begitu Anda akan dengan mudah mendapatkan sumber penghasilan. Anda akan lebih mudah dalam mencapai kebebasan finansial yang saat ini banyak orang inginkan.

Penutup

Akhir kata, kebebasan finansial memang belum menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih senang menghabiskan untuk untuk memenuhi gaya hidup demi memenuhi foto Instagram dengan tempat-tempat baru, hingga café-café instagramable. Dibandingkan harus memiliki banyak uang dalam tabungan yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Pendidikan keuangan memang harus ditingkatkan dari diri sendiri dan keluarga. Banyak orang yang tidak memiliki potensi dan mampu menghargai uang dengan baik. Sehingga uang Anda bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih berguna dan lebih baik lagi. Serta bisa menghasilkan. Saat ini waktunya bersiap untuk mencapai kebebasan finansial.

Artikel Terkait

Ini 5 Rumus Paten Buat Jualan Makeup Online, Ayo Disimak!

marsha

5 Jenis Video yang Cocok untuk Branding, Bisa Bikin Bisnis Melejit, Apa Saja Ya?

Maya Nirmala Sari

Ingin Bisnis Semakin Laris? Bikin Saja Kemasan Produk yang Unik

admin