a
Software akuntansi Accurate

Menentukan Segmentasi Pasar Untuk Usaha kecil Agar Tepat Sasaran

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh UMKM di Indonesia adalah segmentasi pasar. Bagaimana menentukan segmentasi pasar yang tepat bagi UMKM di Indonesia? Banyak sekali pengusaha UMKM yang tidak mengetahui segmentasi pasar mereka. Menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil saat memulai bisnis adalah sesuatu yang paling sulit. Terkadang, bisnis sudah berjalan, namun segmentasi pasar belum terlihat secara jelas. Sehingga usaha dapat mati ditengah jalan. Hal inilah yang sering ditemukan di Indonesia.

Target pasar cukup penting, dimana target pasar berguna untuk mengetahui siapa saja konsumen yang ingin kita sasar dan cocok dengan produk yang kita miliki. Misal, Anda ingin membuka toko atau memproduksi produk fashion? Siapa calon-calon konsumen yang ingin Anda sasar, berapa usia mereka, apa pekerjaan mereka, apa pendidikan mereka, dan berapa pendapatan mereka. Tentunya beberapa kriteria tersebut harus dipikirkan secara matang, agar Anda bisa mengetahui produk seperti apa yang ingin Anda tawarkan kepada calon-calon konsumen.

Kehadiran internet, bukan saja mempermudah Anda dalam bertemu dengan konsumen. Tetapi Anda juga akan merasa sulit, bagaimana menentukan konsumen Anda. Namun, ada hal yang tidak perlu Anda pikirkan ketika Anda berjualan secara online. Anda membiarkan konsumen yang mencari barang Anda, bukan lagi Anda yang menawarkan kepada mereka hal itulah yang membuat banyak pengusaha pemula lebih memilih berjualan di Marketplace.

Bagaimana Anda harus menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil yang sedang Anda bangun?

Ada beberapa hal yang harus Anda pelajari untuk mengetahui siapa saja target pasar yang ingin Anda incar dan Anda jadikan sebagai calon-calon konsumen. Jangan sampai Anda tidak bisa menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil milik Anda. Berikut beberapa tips menemukan target pasar yang tepat.

Tentukan Siapa Konsumen Anda

Setelah Anda sudah memiliki ide produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen, maka sekarang Anda harus menentukan siapa saja calon-calon konsumen Anda. Anda harus melihat tingkat ekonomi calon konsumen. Apakah ia kelas ekonomi atas, menengah, atau bawah.

Jika Anda salah menyasar konsumen, maka bersiaplah untuk menyediakan tempat yang luas untuk menumpuk produk-produk Anda, karena tidak laku. Untuk itu, pikirkanlah secara matang siapa saja calon konsumen Anda. Hal penting, Anda bisa menemukan tingkat ekonomi calon konsumen Anda.

Menentukan Geografi Konsumen

Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, maka tentukan georafi calon konsumen. Geografi ini, dapat menentukan konsumen yang tinggal dimana yang dapat membeli produk Anda. Menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil sesuai dengan geografi, bukanlah hal sulit. Karena Anda hanya menentukan dimana calon-calon konsumen Anda berada. Apakah ia tinggal di perkotaan, atau tinggal di pedesaan. Geografi akan mempengaruhi kebutuhan si pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka butuhkan.

Mungkin saat ini kehadiran internet, sangat membantu dalam menentukan geografi usaha Anda. Sebab, Anda bisa menjual produk ke semua daerah yang bersifat lokal, dalam negeri, maupun ke luar negeri bisa Anda lakukan. Hal itu dengan bantuan internet.

Karakter Konsumen atau Psikologi Konsumen

Sebagai pengusaha, maka Anda harus bisa mengetahui bagaimana karakter konsumen. Ada konsumen yang membeli produk karena dia memang membutuhkan produk tersebut, tetapi ada juga konsumen membeli sebuah produk karena ikut tren yang sedang berkembang.

Selain itu, menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil harus tahu bagaimana sikap si konsumen. Apakah ia seorang yang kritis, atau tidak. Sering sekali kita menemukan seorang konsumen yang kritis terhadap produk. Sehingga Anda harus dapat memberikan suatu hal yang dapat menyenangkan konsumen, meskipun produk tersebut masih memiliki kekurangan.

Apa yang Dimiliki Oleh Kompetitor?

Produk yang Anda miliki harus bisa lain dari apa yang dimiliki kompetitor dan apa yang tidak dimiliki kompetitor. Berilah nilai lebih kepada konsumen Anda, dari produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka. Jangan hanya memberikan harga yang lebih rendah dari kompetitor. Karena hal itu tidak akan baik dalam masa depan.

Berilah nilai lebih dan produk Anda bisa menjadi jawaban serta solusi bagi konsumen Anda. Hal ini akan menentukan segmentasi pasar untuk usaha kecil. Sehingga Anda bisa mengorganisir calon-calon konsumen Anda.

Share With:
Rate This Article