a

Mengenal 9 Elemen Penting dalam Implementasi Model Bisnis Kanvas

Anda pernah dengar tentang model bisnis kanvas?

Kalau Anda pengusaha retail, mungkin mengenal bisnis model kanvas adalah dengan cara menawarkan produk secara door to door langsung ke pengecer. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas, tapi bagaimana menjalankan sebuah bisnis melalui elemen-elemen penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha. Kita akan berikan elemen-elemen penting dalam model bisnis kanvas.

Model bisnis kanvas merupakan manajemen strategi bisnis yang diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder. Dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation, Alexander memaparkan sembilan elemen penting yang menjadi kesatuan dalam sebuah bisnis.

Ulasan tentang elemen-elemen penting dalam model bisnis kanvas berikut ini tentu akan menambah wawasan Anda seputar bisnis:

Customer Segments

Elemen yang satu ini penting untuk menentukan target bisnis Anda. Satu brand bisnis bisa saja mengeluarkan lebih dari satu produk atau jasa dengan target yang berbeda. Bila Anda sudah menentukan segmen pasar yang menjadi target, Anda akan lebih mudah menyiapkan produk atau jasa yang sesuai dengan target tersebut.

Value Proportions

Value proportions mengacu pada manfaat yang bisa diperoleh pelanggan bila memilih bisnis Anda. Semua bisnis yang sukses bertahan dan mengungguli persaingan pasar pasti bisa memetakan value proportions yang tepat. Karena semua bisnis harus berorientasi pada kebutuhan atau selera pelanggan.

Channels

Anda butuh channel yang tepat untuk menyampaikan value proportions kepada customer segments yang Anda inginkan. Dahulu, channels identik dengan media cetak dan media elektronik. Namun, kini media sosial juga wajib dimanfaatkan untuk mempopulerkan bisnis dan membentuk personal branding.

Revenue Streams

Aliran pendapatan bisnis patut dikelola secara cermat. Sebaiknya Anda tak hanya mengambil keuntungan besar dari bisnis. Karena pendapatan bisnis juga wajib dialokasikan untuk proses produksi, penambahan modal, dan berbagai perbaikan lainnya. Revenue streams yang efisien akan mendukung proses ekspansi bisnis secara maksimal.

Customer Relationship

Jangan mengabaikan hubungan dengan para pelanggan bisnis Anda. Karena hubungan yang terjalin dengan baik bisa membuat pelanggan menjadi lebih loyal. Tak ada bisnis yang berjalan sukses tanpa dukungan pelanggan yang jumlahnya terus bertambah. Bukan mustahil bila para pelanggan setia Anda sering merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekat.

Key Activities

Jika ingin memberikan manfaat maksimal bagi para pelanggan, Anda juga wajib menentukan key activities yang tepat. Key activities bersifat dinamis karena dapat berubah mengikuti perkembangan tren maupun situasi bisnis.

Key Resources

Key resources bukan sekadar bahan baku yang Anda gunakan untuk membuat produk. Lebih dari itu, aset dan Sumber Daya Manusia (SDM) bisnis Anda juga tergolong dalam key resources. Penataan key resources yang efektif akan mendukung kelancaran proses operasional bisnis Anda. Sehingga Anda tinggal memadukannya dengan inovasi dan strategi promosi yang efektif.

Key Partnership

Tak ada bisnis sukses yang bisa berdiri secara mandiri. Anda bukan hanya membutuhkan pelanggan, melainkan juga harus bekerja sama dengan pihak lain seperti supplier, distributor, dan tim promosi. Hubungan antara pihak yang terlibat dalam bisnis harus berlangsung interaktif. Supaya setiap info terbaru atau perubahan bisnis bisa disikapi secara cermat.

Cost Structure

Elemen kesembilan yang melengkapi model bisnis kanvas adalah pengelolaan pembiayaan bisnis. Pengelolaan biaya dalam bisnis wajib dilakukan secara transparan dan teliti. Supaya efisiensi bisnis dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Salah satu cara pengelolaan biaya modern yang dapat Anda wujudkan dalam bisnis yaitu penggunaan software pembukuan, dengan software pembukuan, Anda bisa dengan mudah dalam mengelola biaya bisnis yang Anda keluarkan.

Sekarang, Anda bisa mengandalkan Accurate Online untuk urusan pengelolaan biaya bisnis, mengelola stok bisnis, serta menghasilkan laporan keuangan. Tak hanya bisa melakukan update laporan keuangan secara mudah, Accurate Online juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti internet banking dan e-faktur pajak sehingga Anda bisa dengan mudah mengisi laporan pajak dan tinggal Anda upload. Mengurus laporan keuangan jadi lebih cepat, praktis, dan akurat bila Anda mengandalkan Accurate Online.

Model bisnis kanvas yang terdiri dari sembilan elemen penting tersebut tentu tak sulit diimplementasikan pada bisnis Anda. Mari membenahi struktur bisnis Anda agar tak kalah saing dengan kompetitor lain di masa kini dan masa mendatang.

Share With:
Rate This Article