a

Mengenal Biaya dalam Akuntansi, Unsur dan Jenis Biaya

Ketika berbicara tentang akuntansi, kita akan menemukan istilah biaya di setiap pembahasan. Namun apa sebenarnya biaya? Mengapa biaya menjadi satu hal penting bagi para akuntan? Dalam akuntansi biaya menjadi satu hal penting dan tidak boleh terlewatkan dalam proses dan tahapannya. Lalu apa itu biaya dan seberapa penting biaya dalam akuntansi.

Memang istilah biaya sering kita dengar. Baik itu oleh para pengusaha dan para akuntan. Namun bagi para pemilik UKM istilah biaya hanya dikenal dengan uang masuk dan keluar saja. Tetapi pengertian biaya tidak sesempit itu.

Bagi para pengusaha, mungkin kalian harus belajar mengenai biaya itu apa. Pentingnya biaya, unsur biaya, hingga jenis-jenis biaya pada setiap lini usaha. Mengenal biaya akan membuat Anda sebagai pengusaha mengenali biaya dan penerapannya pada UKM.

Pengertian Biaya

Sebelum kita bahas lebih jauh, kita akan bahas apa itu pengertian biaya. Biaya adalah segala pengorbanan yang dilakukan oleh pemilik bisnis biasanya berbentuk uang. Uang yang di korbankan umumnya mengikuti harga pasar yang berlaku di daerah atau negara tersebut.

Ketika masuk dalam ranah akuntansi, pengertian biaya menjadi lebih mengerecut. Biaya merupakan aliran sumber daya yang di hitung dengan satuan uang yang dikeluarkan untuk membeli dan membayar persediaan, jasa, tenaga kerja, produk, peralatan, dan lainnya yang digunakan untuk kepentingan bisnis.

Dalam akuntansi, biaya terbagi menjadi dua macam. Yakni biaya ekplisit dan biaya implisit. Biaya ekplisit merupakan biaya yang dapat terlihat, seperti uang, aset properti, dan lainnya. Sementara biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat langsung, seperti biaya penyusutan barang modal.

Unsur Biaya

Setelah kita membahas pengertian biaya, sekarang akan kita ulas mengenai unsur biaya. Yang mana unsur ini akan membentuk biaya menjadi satu kesatuan dalam bisnis, seperti berikut:

Bahan Baku Langsung

Biaya bahan baku menjadi salah satu hal penting. Jika bisnis Anda merupakan bisnis manufaktur yang mengharuskan memproduksi barang mentah menjadi barang jadi. Setiap proses produksi dari bahan mentah menjadi bahan jadi akan dihitung sebagai biaya.

Tenaga Kerja Langsung

Selain bahan baku langsung, dalam unsur biaya juga termasuk tenaga kerja langsung yang digunakan oleh bisnis Anda dalam melakukan proses produksi, membuat jasa pelayanan. Semua itu akan masuk dalam perhitungan biaya tenaga kerja langsung.

Biaya Tidak Langsung

Ini merupakan biaya yang tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan suatu objek biaya. Biaya ini biasanya berbentuk depresiasi produk, persediaan perusahaan, akuntansi maupun penggajian. Termasuk biaya pemeliharaan peralatan produksi.

Jenis-Jenis Biaya

Biaya Tetap

Mungkin para pengusaha sudah mengenal lama istilah biaya tetap. Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan secara tetap dan stabil setiap bulannya. Biasanya biaya tetap merupakan pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh pengusaha atau perusahaan dalam jangka panjang. Seperti biaya pajak bumi dan bangunan serta gaji karyawan.

Biaya Variabel

Tentunya ini merupakan biaya yang selalu berubah dalam setiap periode akuntansi baik dalam jangka satu bulan maupun satu tahun. Tentunya perubahan biaya terjadi di karenakan oleh volume kegiatan yang terjadi pada bisnis. Terkadang biaya ini juga akan meningkat ketika kegiatan semakin banyak, dan terkadang menurun ketika aktivitas menurun.

Biaya Semivariabel

Ada cukup banyak biaya memang ketika kita membahas akuntansi. Jenis biaya berikutnya yang akan kita bahas adalah biaya semivariabel. Biaya ini merupakan biaya yang dikeluarkan menyesuaikan dengan kegiatan atau aktivitas yang terjadi.

Biaya semivarabel besarannya tidak akan sama setiap bulannya. Karena meliputi beberapa hal, baik itu listrik, air serta biaya telepon, dan internet yang mungkin tidak sama setiap bulannya. Sehingga akan mempengaruhi jumlah uang yang keluar.

Biaya Langsung

Biaya langsung tentunya berbeda dengan biaya tetap. Jadi biaya langsung adalah biaya yang dikeluarkan ketika memang ada kebutuhan wajib yang harus Anda keluarkan sebagai pengusaha. Biasanya biaya langsung terdiri dari biaya bahan baku dan tenaga kerja.

Biaya Investasi

Investasi bisa dikatakan sebagai biaya modal awal yang bisa digunakan oleh para pengusaha dalam memulai bisnisnya.

Biaya Total

Ini merupakan keseluruhan biaya yang dikeluarkan dalam proses bisnis. Biaya total merupakan penggabungan dari seluruh biaya yang ada.

Demikianlah pembahasan mengenai biaya yang bisa diberikan oleh SolusiUKM kepada para pelaku UKM di Indonesia. Jika ada pertanyaan berkaitan dengan biaya pada bisnis Anda. Bisa bertanya melalui email kami.

Share With:
Rate This Article