Solusiukm
Bisnis

Mineral Botanica; Kosmetik Lokal ala The Body Shop yang Berhasil

Photo Source: Jean Milka

Geliat industri kecantikan dan perawatan diri memang menjadi salah satu hal yang berkembang di Indonesia. Tren – tren yang masuk di Indonesia pada dunia kecantikan juga terbilang cepat. Hal ini juga ditenggarai oleh besarnya peran influencer – influencer kecantikan atau biasa disebut beauty influencer. Peran beauty influencer yang sering menciptakan video tutorial makeup, atau tips merawat diri terutama wajah menjadi pencetus industri kecantikan.

Merek – merek kecantikan lokal pun saat ini semakin menjamur. Permintaan pasar yang sangat tinggi dan besarnya peluang bisnis pada dunia kecantikan membuat pelaku bisnis semakin semangat dalam menciptakan bisnisnya. Karena produk yang diperlukan perempuan dalam merawat diri dan mempercantik sangat banyak jenisnya, maka produsen lokal bisa meraih untung dari kesempatan emas ini.

Mineral Botanica, salah satu brand lokal yang sukses

Salah satu merek kecantikan dan perawatan diri dari Indonesia adalah Mineral Botanica. Mineral Botanica adalah salah satu produsen kosmetik dan juga skincare yang meramaikan industri lokal. Tentunya mayoritas perempuan Indonesia sudah tidak asing lagi dengan nama Mineral Botanica tersebut. Mineral Botanica adalah salah satu merek yang mempelopori merek – merek kecantikan dari lokal Indonesia.

Dimiliki sepasang suami dan istri

Merek Mineral Botanica adalah merek kecantikan yang diproduksi secara massal pada tahun 2014. Wah, sudah tergolong cukup lama ya, Sobat UKM! Brand Mineral Botanica dimiliki oleh pasangan pebisnis suami dan istri. Pemilik dari Mineral Botanica adalah Anita Loeki dan Widy Susindra. Pasangan muda ini mendirikan Mineral Botanica, dengan tujuan adalah untuk meramaikan industri kecantikan yang memiliki potensi tinggi pada pasar Indonesia

Bahan kosmetik yang terbuat dari pohon

Dalam penggalian formula, tentunya Anita & Widy memiliki banyak pengalaman yang dapat dijadikan riset. Salah satu yang mereka dapatkan, adalah fungsi dari tanaman atau pohon berjenis Baobab. Riset ini yang akhirnya membuat Mineral Botanica adalah berasal dari tanaman atau pohon jenis Baobab. Sesuai dengan namanya, Mineral Botanica adalah sebuah merek kosmetik yang mengedepankan bahan – bahan alami. Yang tentunya bahan – bahan utama dari Mineral Botanica adalah pohon Baobab yang memiliki banyak khasiat. Pohon Baobab ini berasal dari Afrika dan pohon ini sudah hidup sangat lama yaitu hingga beratus – ratus tahun. Wow!

Fakta dunia kecantikan: Sertifikasi Halal itu penting!

Dalam perjalanan dari menciptakan Mineral Botanica adalah ditemukannya fakta – fakta menarik. Fakta menarik tersebut merupakan fakta yang terjadi pada dunia kecantikan Indonesia yang tentunya sangat berbeda dibanding negara lainnya. Anita & Widy menyampaikan bahwa konsumen lokal Indonesia memiliki kemutlakan untuk memilih produk – produk yang jelas dan bersertifikasi halal. Tentunya, Mineral Botanica adalah salah satu brand yang mengedepankan hal tersebut. Saat Mineral Botanica dibuat, mereka adalah mendaftarkan merek mereka untuk memiliki sertifika yang halal. Tentunya dalam memasuki pasar dunia kecantikan Indonesia, Mineral Botanica adalah salah satu merek yang mempelajari semua elemen – elemen dengan serius sehingga merek Mineral Botanica adalah brand yang perlu diperhitungkan pecinta produk kecantikan Indonesia.

Harga juga sangat menentukan

Faktor selanjutnya yang membuat Mineral Botanica diperhitungkan, adalah unsur harga. Dalam mematok harga, Mineral Botanica tidak bisa sembarangan. Terlebih Mineral Botanica adalah produk kecantikan yang menargetkan perempuan – perempuan dengan kelas menengah. Maka, harga yang dipatok Mineral Botanica adalah Rp. 60.000,- hingga Rp. 200.000,-. Dengan harga yang dipatok Mineral Botanica, tentunya harapan mereka adalah perempuan dengan umur 16 – 35 tahun dapat menerima dan menyukai produk – produk yang dihadirkan oleh Mineral Botanica.

Produk terlaris adalah produk kecantikan bibir

Mineral Botanica tentu memiliki jenis – jenis produk yang laris disukai masyarakat. Jenis produk yang disukai masyarakat atau konsumen mperempuan tersebut adalah produk bibir alias lipstick dan lip cream. Meskipun terdengar sama, lipstick dan lip cream memiliki bentuk yang berbeda, lho. Lipstick sendiri berbentuk padat, sedangkan lip cream berbentuk krim atau cenderung lebih cair sehingga memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda saat produk diaplikasikan pada bibir perempuan. Produk Mineral Botanica untuk bibir tersebut adalah salah satu produk yang digilai konsumen, bahkan di beberapa area, produk tersebut sampai sold put sehingga Mineral Botanica perlu melakukan stok ulang. Keren banget, ya!

Nah, untuk level UKM seperti bisnis kalian, kalian bisa menjual ulang atau reseller produk – produk lokal seperti Mineral Botanica. Sebelum memulai bisnis tersebut, yuk intip panduan paling ampuh untuk menjalankan usaha pada masa pandemi seperti saat ini. GRATIS! Klik banner di bawah ini, yaaaa!

Artikel Terkait

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Perlu Mengikuti Perubahan Pesaing

marsha

7 Barang Bekas yang Bisa Jadi Ladang Emas!

marsha

Jangan Panik! 7 Trik Tetap Semangat Berbisnis Meskipun Sepi Pembeli

Iskandar Rumi