a

Panduan Gampang Pembukuan Bisnis Online, Yuk Disimak!

Dalam berbisnis, salah satu komponen yang paling penting untuk menjaga sebuah bisnis berjalan lancar adalah dengan mengatur bagian data pembukuan bisnis secara benar, tepat, dan rapi. Untuk itu, sangat perlu untuk kalian membuat pembukuan bisnis online secara serius.

Meskipun pembukuan bisnis online merupakan hal sangat penting, banyak sekali pelaku bisnis yang menyepelekan komponen ini sehingga pada akhirnya,  mereka melupakan pembukuan bisnis online. Menurut mereka, pembukuan bisnis online terlalu rumit, sehingga banyak yang memilih untuk menundanya hingga waktu yang lama, bahkan tahunan. Padahal, pemikiran bahwa pembukuan bisnis online itu sulit, sebenarnya adalah mitos, lho! Tentunya pembukuan bisnis online bukan hal yang susah. Ngga percaya? Pingin tahu gimana sih caranya bikin pembukuan bisnis onlin yang gampang? Yuk cek tulisan di bawah ini:

Pisah duit bisnis dan pribadi

Hal ini sering sekali disepelekan oleh banyak pelaku bisnis, baik senior maupun yang  baru memulai sebuah usaha. Tahu ngga kalian, kalau yang namanya memisahkan dana pribadi dan dana bisnis itu penting maksimal, lho. Ini merupakan salah satu faktor krusial untuk memulai sebuah pembukuan bisnis online. Terlebih lagi pada bisnis online, akan sangat kecil untuk menerima dana dengan bentuk tunai sehingga sangat penting dipisah agar pembukuan bisnis online jelas terdata arusnya.

Catatan bagian pesanan

Pada catatan bagian pemesanan akan berisi untuk melakukan rincian notes semua yang dipesan oleh konsumen, beserta rinician berapa yang dipesan, dan juga jenis apa yang dipesan. Hal rinci seperti ini penting untuk dikerjakan sebagai salah satu syarat pembukuan bisnis online yang rapi dan terstruktur. Jangan lupa juga untuk memasukan informasi lainnya agar pembukuan bisnis online lebih jelas, seperti nomer pemesanan, tanggal, nominal yang telah dibayar oleh konsumen, nomer resi pengiriman barang, dan lain – lainnya. Tentunya, semua data akan dievaluasi untuk mengetahui dari pembukuan bisnis online mengenai seberapa banyak kalian memiliki omzet.

Catatan bagian stok produk

Bagian ini juga tidak kalah penting dari pembukuan bisnis online, yaitu catatan rincian soal seberapa banyak stok produk bisnis kalian yang masuk dan keluar. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai pemantauan pembukuan bisnis online yang akurat. Terlebih lagi, sering dijumpai kesalahan seperti jumlah stok berbeda dengan catatan yang dimiliki sehingga kalian sebagai pemilik bisnis perlu melakukan pengecekan secara langsung mengenai posisi salahnya ada di mana. Perintilan seperti ini jangan dicuekin ya, Sobat UKM!

Pakai manual atau otomatis?

Image: Freepik.com by freepik

Masih banyak penggunaan catatan pembukuan bisnis online menggunakan manual, ada yang menggunakan excel, ada yang menggunakan software atau aplikasi pada smartphone / gadget lain seperti laptop. Tentunya, masalah pembukuan bisnis online akan sangat krusial dan berefek pada sektor – sektor lainnya pada sebuah bisnis jika salah satu poinnya terdapat kesalahan. Maka dari itu, ada baiknya jika kalian menggunakan aplikasi atau software untuk melakukan pencatatan pembukuan bisnis online.

Sebagai pelaku bisnis UMKM Indonesia, kami mengerti akan banyak tantangan dan panduan, informasi, serta ilmu yang perlu diraih. Untuk itu sebagai pelaku bisnis, jangan sampai kalian tertinggal berbagai tips dan trik untuk berbisnis pada era digital yang semua perubahannya serba sangat cepat.

Yuk daftar MEMBERSHIP SOLUSI UKM, GRATIS! Di situ banyak banget E-Book dan Tutorial soal bagaimana bisa bertahan pada bisnis UMKM Indonesia, beserta tips paling lengkap agar bisnis kalian laris manis! SIKAT! DAFTAR DI: https://solusiukm.com/membership/register/

ads

ads

0 0 vote
Article Rating
Share With:
Rate This Article
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Cara Praktis Pembukuan UKM Paling Gampang! - Solusiukm
February 11, 2020 11:42

[…] bisnis dapat tahu ada di mana posisi keuangan di kurun waktu atau periode tertentu. Neraca pada pembukuan UKM sederhana dan bisnis – bisnis lainnya, rata – rata dikerjakan pada durasi waktu yang lama, yaitu satu […]

trackback
8 Alasan Kenapa WAJIB BANGET Punya Website Bisnis Online - Solusiukm
February 14, 2020 15:47

[…] merasa penting untuk menggunakan website. Namun ternyata ada beberapa kelebihan jika kamu memiliki website bagi bisnis online yang Anda kelola, lalu apa saja kelebihan dari suatu website online shop? Yuk simak dibawah […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x