Solusiukm
Bisnis

Panduan ‘New Normal’ Khusus Pelaku UKM

Saat ini dunia memasuki era yang sangat baru dan berbeda dari sebelumnya. Era tersebut tentu ditenggarai oleh sebuah krisis yang diakibatkan oleh masuknya sebuah pandemi berupa virus Covid – 19 Corona yang menghebohkan seluruh dunia, termasuk negara kita Indonesia. Bisnis – bisnis besar sempat ditutup dikarenakan penyebaran dari virus Covid – 19 Corona ini semakin luas dan membuat banyak sekali warga yang positif telah tertular virus tersebut.

Bisnis – bisnis yang ditutup karena penyebaran virus Covid – 19 Corona semakin tinggi meliputi tempat – tempat pariwisata, hotel, restoran, bahkan pusat pebelanjaan atau biasa juga disebut dengan mall. Tempat – tempat tersebut ditutup karena sangat berpotensi menjadi sumber dari penyebaran virus Covid – 19 Corona. Tempat – tempat tersebut diyakini mampu menampung kapasitas individu yang sangat banyak sehingga akan memperparah penyebaran rantai virus Covid – 19 Corona yang mematikan.

Lalu, yang terbaru (29 / 05 / 2020) saat ini pemerintah dari Republik Indonesia sedang merancang sebuah aturan dan protokol kesehatan yang ketat untuk seluruh lapisan warga negara Indonesia agar bisa menghadapi ancaman virus tersebut dengan lebih tanggap. Sebuah protokol tersebut, sesungguhnya sudah digaungkan banyak negara – negara lain dan mereka sudha lebih dahulu menjalankan protokol kesehatan yang baru tersebut. Protokol kesehatan yang baru tersebut diberi nama New Normal.

New normal  tersebut memiliki arti yaitu sebuah gaya hidup, yang sudah melalui proses adaptasi yang besar untuk virus Covid – 19 Corona tersebut. New normal adalah sebuah kebiasaan baru yang mengahruskan kita untuk lebih disiplin terhadap banyak hal seperti kebersihan, agar tetap bisa menjalani hidup normal namun tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan.

Lalu, bagaimana bentuk New normal untuk bisnis dan pelaku usaha yang ada di Indonesia?

Tentunya dengan pemberlakuan new normal akan sangat mempengaruhi untuk bisnis kalian, bukan? Salah satu yang terkena dampak sangat besar, semenjak masuknya virus Covid – 19 Corona ini, tentunya adalah para pelaku – pelaku bisnis yang ada di Indonesia. Dari semenjak pemberlakuan PSBB atau singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar tersebut, hingga saat ini peraturan dan kampanye baru yang bertema new normal  ini tentu akan membuat pelaku bisnis perlu beradaptasi, bahkan melakukan perubahan yang sangat drastis.

Dengan pemberlakuan new normal ini, pelaku bisnis wajib untuk menaati peraturan – peraturan atau protokol kesehatan yang sangat ketat. Protokol – protokol tersebut wajib ditaati warga negara termasuk pelaku bisnis Indonesia. Yang menjadi tantangan, adalah bagaimana kalian sebagai pelaku usaha bisa menjalankan new normal untuk bisnis tapi tetap bisa meraih keuntungan.

Wajib Disiplin Soal Higienis

Salah satu faktor penting, yang selalu harus diingat bagi kalian pelaku usaha dalam menerapkan new normal adalah dengan sangat disiplin menjalankan standar kebersihan. Dengan disiplin menjelankan protokol arahan pemerintah untuk new normal untuk bisnis, kalian bisa lebih aman dalam mencari pemasukan.

Jangan sekalipun teledor dan lengah terhadap stadar dan prosedur kesehatan selama masa pandemi Covid – 19 Corona ini, ya, Sobat UKM! New normal untuk bisnis tidak bisa disepelekan, agar kalian sebagai pemililk bisnis dan tentu karyawan – karyawan bisa tetap higienis dan sehat seterusnya sehingga aman dalam mencari pemasukan.

Wajibkan cuci tangan setiap 30 menit atau sesering mungkin bagi kalian pelaku bisnis, dan jiuga pegawai – pegawai yang bekerja dengan kalian, agar bisnis kalian lancar dan aman di kehidupan new normal. Jangan lupa juga untuk memberlakukan peraturan pada internal bisnis kalian, untuk selalu membersihkan peralatan – peralatan pada bisnis kalian seperti mesin kasir, gagang pintu, alat – alat yang digunakan untuk operasional kantor atau usaha kalian dengan teratur sesuai arahan new normal untuk bisnis – bisnis kalian. Jangan lupa juga berikan masker pada karyawan – karyawan kalian agar tetap aman selama bekerja.

Buat Konsumen Tetap Merasa Aman

Cara ini, selain dengan ketat memberlakukan protokol new normal untuk bisnis, kalian sebagai pelaku usaha juga perlu memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen – konsumen yang datang untuk membeli produk bisnis kalian. Dengan memberlakukan prtokol dengan disiplin, tentu diharapkan konsumen dapat melihat sendiri bahwa kalian menganggap serius konsep new normal untuk bisnis. Jika konsumen merasa percaya bisnis kalian sangat bersih dan higienis, tentunya mereka akan kembali lagi mebeli produk atau jasa pada bisnis kalian karena mereka merasa aman dan yakin kalian dengan serius menjalankan protokol new normal untuk bisnis.

Selain mengharapkan konsumen melihat sendiri bahwa kalian serius menjalankan protokol kesehatan, kalian juga bisa mempublikasi pada media sosial mengenai seberapa serius kalian mengerjakan bisnis atau membuat produk kalian agar bisa aman dikonsumsi oleh konsumen selama masa pandemi Covid – 19 Corona ini. Rekam dengan format video dengan serius, sekaligus potret karyawan – karyawan kalian yang menggunakan peralatan lengkap seperti cap penutup rambut yang dibuang untuk sekali pakai, sarung tangan plastik saat menyiapkan produk bisnis kalian, bahkan mencuci dengan sabun tempat – tempat atau produk plastik yang digunakan. Jika kalian menjalankan langkah ini dengan benar, maka new normal untuk bisnis kalian tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi berjalannya pemasukan kalian.

Realistis Akan Harapan

Pada masa pandemi, semua pebisnis tentu mengalami krisis dan kesulitan dalam menjalankan usahanya. Maka, saat ini tentu menetapakan tujuan yang realistis sangat penting bagi keberlangsungan bisnis kalian. Masyarakat tentu tidak bisa membelanjakan uang mereka sebanyak saat sebelum pandemi menyerang. Konsumen saat ini tentunya dengan new normal untuk bisnis, memiliki kebiasaan konsumsi yang baru, yaitu mereka cenderung lebih berhati – hati dalam membelanjakan uang. Maka itu, kita sebagai pelaku usaha juga tidak bisa asal – asalan menaikkan harga jika ingin bisnis yang dijalankan dapat lama bertahan pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini. Semoga new normal untuk bisnis kalian bisa bertahan lama, ya!

Artikel Terkait

Trik Paling Oke Ngatur Keuangan Pribadi

marsha

Panduan Lengkap Sewa Freezer Untuk Bisnis Frozen Food

marsha

Acuan Bisnis Vapor: Curi Tipsnya Dari Jakarta Vapor Shop!

marsha