Solusiukm
Bisnis

Panduan A-Z Bikin Campaign Digital Biar Bisnis Makin Laris!

Pelaku usaha yang memang telah terjun pada dunia digital agar produknya semakin dekat dengan konsumen, tentu tidak asing lagi dengan banyaknya campaign pada dunia digital. Campaign tersebut umumnya diciptakan untuk membuat konsumen tidak merasa bosan dan menciptakan engagement. Meskipun bukan hal yang asing, menciptakan campaign yang tepat sasaran dan efektif bukan langkah yang mudah.

Pada mulanya, Anda perlu memilih media mana yang ingin disasar sebagai alat penyebar campaign dengan teliti karena setiap platform memiliki karakteristik pengguna yang berbeda. Bagi platform media konvensional seperti TV, meskipun terlihat diandalkan, belum tentu dapat dengan bijak menghasilkan sesuai keinginan kita, terlebih dengan biaya mahal yang dihasilkan.

 

Lalu, bagaimana langkah awal untuk menciptakan sebuah campaign yang tepat sasaran?

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah habit masyarakat saat harus mengonsumsi sebuah produk

Hal tersebut termasuk dalam bagaimana respon mereka saat melihat sebuah campaign, apa yang membuat mereka merasa dilibatkan dan menarik sehingga mereka dengan senang hati untuk ikut berpartisipasi pada sebuah campaign? Tentunya setiap konsumen memiliki perbedaan karakter yang perlu Anda teliti secara detail, yang tentunya data-data tersebut dapat membantu Anda melakukan pergerakan yang tepat sasaran.

 

Jangan lupa untuk melakukan brainstorming secara berkala dengan tim mengenai karakter brand Anda yang nanti disesuaikan dengan langkah campaign yang akan ditempuh. Hal ini juga penting untuk menumbuhkan ide-ide baru agar campaign Anda lebih efektif.

Sebagai alat untuk membantu, Anda dapat menggunakan jasa Adxscope, sebagai platform untuk membantu advertiser. Adxscope menyediakan data secara rinci seperti jenis kelamin, hobi, lokasi, website yang sering diakses, dan lain-lain, sehingga dapat semakin terukur dan dimanfaatkan.

Langkah selanjuntnya, Anda perlu melakukan riset terhadap brand kompetitor Anda pula dengan seksama

Bagaimana kompetitor bertindak, menggunakan taktik dan menciptakan strategi, tentunya penting untuk Anda amati dan pelajari. Siapa tahu justru data riset kompetitor tersebut dapat Anda pahami untuk mengenal konsumen lebih dalam, bukan? Anda dapat mengunjungi situs Alexa Toolbar untuk mengerti sebarapa besar traffic yang didatangkan oleh kompetitor Anda.

Saat semua aspek telah matang, saatnya Anda memilih media sosial yang menjadi alat penyebarluasan informasi campaign. Ingat, media sosial kini menjadi penetu apakah campaign yang Anda sasar termasuk berhasil dan efektif menyasar pasar Anda. Aspek mendalam dalam media sosial yang dapat dipetakan, adalah strategi, publikasi, monitoring dan engagement.

Tentunya, campaign pada media sosial lebih dari sekedar hastag # yang pada umumnya digunakan. Saat melempar sebuah hastag, Anda mampu meneliti siapa saja yang dengan senang hati bergabung pada campaign Anda, saat itu lah Anda memahami semakin dalam perilaku konsumen-konsumen Anda. Tentunya, saat paham hal-hal tersebut, saat masa mendatang Anda perlu menciptakan campaign serupa, Anda dapat lebih matang dan siap melakukan strategi yang efektif. Perhatikan juga siapa saja konsumen-konsumen loyal yang rutin bergabung dengan campaign yang Anda lemparkan, dengan tujuan melakukan service terbaik dan pendekatan yang semakin intens.

Tentunya, dalam membuat sebuah campaign pada media sosial seoerti saat ini pada masa pandemi Covid – 19 Corona, kita sebagai pelaku bisnis UKM akan mendapat halangan dan ujian yang lebih sulit, berat, rumit dibanding masa – masa sebelum Covid – 19 Corona melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Karena pada masa pandemi semua strategi perlu lebih waspada, kalian bisa cek panduan kami secara GRATIS khusus UKM agar bisa bertahan dan TIDAK BANGKRUT dari musibah besar pandemi Covid – 19 Corona ini. Caranya gampang banget dan bisa kalian unggah atau download secara cuma – cuma. Klik banner di bawah ini yaaa! (Serius, ini BUKAN SPAM kok).

 

Artikel Terkait

8 Teknik Menggaet Pelanggan Setia

admin

Mudahnya Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk UKM

marsha

Usaha Laundry Sepatu = CUAN Besar, Ayo Dicoba!

marsha