a

PEBISNIS WAJIB BACA! Efek Heboh Virus Corona Buat Bisnis

Memasuki tahun 2020, seluruh dunia cukup dikejutkan dengan berbagai berita menyedihkan yang ada. Beberapa bencana alam terjadi di negara tetangga Australia, yang pada sebagaian besar daerah Australia sedang terjadi kebakaran besar –besaran, yang bahkan membuat langit negara Kanguru tersebut berwarna oren. Bahkan bencana ala mini terjadi dalam waktu yang cukup lama hingga menewaskan banyak korban, baik manusia maupun hewan – hewan seperti Koala, Kanguru, dan lain lain.

Tidak cukup bencana itu saja, dunia disentakkan dengan kejadian heboh yaitu menyebarnya virus corona. Virus corona tersebut mulanya mewabah pada negara China saja, yaitu lebih tepatnya pada daerah Wuhan. Parahnya lagi, virus corona kini menyebar dan mewabah pada hampir seluruh dunia, kecuali Indonesia (berita ini ditulis pada 10/02/2020). Meskipun Indonesia belum terkena virus corona, namun tentunya penyakit ini memiliki pengaruh pada bisnis Indonesia.

Lalu, apa saja dampak virus corona pada bisnis negara kita Indonesia?

Dampak virus corona pada bisnis tentu saja akan terasa secara sangat langsung, salah satunya adalah Indonesia merupakan salah satu negara dengan lalu lintas pengunjung dari negara China yang cukup tinggi. Tentunya dampak virus corona pada bisnis akan berpengaruh karena banyak orang yang mulai ketakutan untuk berinteraksi dan bertransaksi ke negara China tersebut.

Pemerintah Indonesia akhirnya memberikan larangan untuk penduduk negara kita berpergian ke negara China, sehingga dampak virus corona akan sangat terasa pada sektor bisnis. Dunia bisnis kita tentunya sangat erat dengan negara China dari segi perdagangan, jasa, pariwisata, dan lain –lain. Dampak virus corona pada bisnis akan terasa pula bagi sejumlah pelaku usaha Indonesia.

Jangankan, ranah bisnis yang ada di Indonesia, bahkan dampak virus corona pada bisnis memiliki efek hingga internasional dan seluruh dunia, lho. Serem banget, ya!

Dari sektor ekonomi, dampak virus corona pada bisnis mengalami efek nilai tukar rupiah. Semenjak virus corona menghebohkan dunia, nilai tukar rupiah mengalami depresiasi. Sentimen negatif menyerbak pada dampak virus corona pada bisnis Indonesia, bahkan perekonomian secara global.

ads

ads

Di negara China sendiri, banyak masyarakat yang akhirnya terkena dampak virus corona pada bisnis sehingga mereka melakukan perintah karantina pada masyarakat yang tertular. Selain itu juga, masyarakat China sendiri merasa was – was dalam melakukan aktifitas termasuk mereka yang bekerja sebagai pelaku bisnis. Dampak virus corona pada bisnis negara China, tentunya akan berdampak besar pula pada industri bisnis negara kita.

Pemerintah negara China telah melarang kegiatan dan melakukan isolasi penduduk daerah Wuhan, China, dan kota – kota lainnya agar virus tidak semakin parah. Namun nyatanya, dampak virus corona pada bisnis sudah besar dan menyebar pada negara – negara lainnya, dan mmebuat industri bisnis global dilanda krisis.

Photo: by onlyyouqj. Freepik.com

Terlebih lagi negara China sangat banyak melakukan pengiriman atau ekspor ke negara seluruh dunia dan tentunya hal ini adalah salah satu bagian dari bisnis mereka yang memang sangat digemari dari penduduk dunia. Dengan adanya hal ini, tentu dampak virus corona pada bisnis akan semakin memperburuk hubungan dagang bermacam – macam negara. Aduh.. Sedih banget, ya, Sobat UKM.

Mari kita berdoa dan berharap agar dunia medis global dapat segera menemukan obat penyembuh dan anti – virus dari penyakit corona tersebut, supaya tidak sampai masuk ke Indonesia dan dampak virus corona pada bisnis dan dampak pada industri – industri lainnya dapat diminimalis.

ads

ads

Share With:
Rate This Article
avatar