a

5 Peluang Bisnis Digital Di Indonesia yang Masih Greget

Dunia usaha saat ini sudah bergeser dari lini bisnis offline ke online berbasis digital. Banyak pelaku usaha yang memadukan kedua dunia tersebut untuk memasarkan produknya. Bagaimana kondisi dan peluang bisnis digital di Indonesia? Tentu pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh orang-orang yang ingin masuk ke dalam dunia digital.

Banyak pengusaha yang sukses dalam mendirikan bisnis digital, yang oleh banyak kalangan disebut dengan start up atau usaha rintisan. Memang pertumbuhan start up di Indonesia tidak dapat terbendung. Rata-rata start up yang berdiri dimotori oleh generasi muda milenial. Banyak ide unik dan tak pernah terpikirkan sebelumnya berhasil mengisi celah usaha dan menjadi sukses diminati pasar.

Sejak Kapan Bisnis Digital di Indonesia Mulai?                                        

Pertanyaan ini memang sulit dijawab, ada yang mengatakan era digital di Indonesia baru dimulai ketika munculnya Kaskus sekitar tahun 2008. Meski sebenarnya Kaskus sudah didirikan sejak 1999 namun baru dibawa ke Indonesia pada tahun 2008. Kaskus bermula dari semacam forum di internet yang menjadi wadah para pedagang untuk mencoba menjajakan barang dagangan mereka dan berbagi informasi apapun yang menarik untuk dibagikan ke sesama pembaca.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bisnis digital di Indonesia muncul sejak internet sudah masuk ke Indonesia. Terlepas dari itu, kita akan bahas mengenai bagaimana perkembangan bisnis digital itu sendiri di Indonesia. Bagaimana peluang bisnis digital di Indonesia ke depannya?

Potensi Bisnis Digital di Indonesia

Potensi bisnis digital di Indonesia tentunya sangat menjanjikan. Hal tersebut terlihat dari bagaimana perkembangan bisnis digital ini tumbuh pesat. Perkembangan ekonomi Indonesia sudah mulai memberikan tempat bagi dunia kreatif berbasis digital dengan munculnya berbagai macam startup.

Perkembangan startup berbasis marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu lapak sangat diminati masyarakat karena disanalah masyarakat mendapatkan berbagai pilihan produk dengan harga yang lebih murah dari pasaran offline. Tumbuhnya marketplace ini menjadi angin segar bagi UKM di Indonesia.

Hal di atas membuat para ahli memandang bahwa potensi peluang bisnis digital di Indonesia akan terus tumbuh seiring dengan meningkatnya pengguna internet, semakin membaiknya infrastruktur komunikasi, dan semakin terjangkaunya harga smartphone. Berkaca pada data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 132,7 juta orang. Sebagian besar pengguna internet berasal dari pengguna smartphone.

Jumlah tersebut bisa menjadi acuan para pelaku UKM di Indonesia untuk memulai usaha melalui bisnis digital. Karena peluangnya masih terbuka lebar, apalagi banyak konsumen yang lebih memilih untuk belanja secara online dan melakukan aktivitas di dunia online. Hingga untuk pemesanan kamar hotel pun sudah banyak yang memilih melalui jalur online.

Apa saja peluang Bisnis Digital di Indonesia?

Transportasi dan Akomodasi

Peluang bisnis digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan akomodasi mungkin hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi jika Anda mengetahui sejarah mereka, mereka adalah bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar karena memiliki inovasi dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Tentunya dalam bisnis transportasi dan akomodasi Anda bisa menyediakan layanan yang mudah dan sangat membantu konsumen. Salah satunya adalah Traveloka, dan Tiket.com dua pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta kamar hotel.

Selain mereka berdua, terdapat pula Grab dan Gojek yang menyediakan fasilitas transportasi umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.

Meskipun bidang digital transportasi sudah dikuasai oleh pemain-pemain besar, bukan berarti Anda harus gentar. Anda tetap bisa membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang berbeda-beda, dan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.

E-Commerce

E-commerce di Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce yang kata lainnya adalah Toko online menjadi sarana pebisnis ratail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko online lainnya.

Saat ini perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko online sendiri memiliki dua konsep, yakni B2B atau B2C.

Marketplace

Jika Anda ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Toko online sudah kita bahas, kini kita bahas mengenai marketplace. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para pedagang berjualan di tempat mereka.

Marketplace dapat dikatakan seperti Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan berbagai jenis. Inilah konsep marketplace itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya adalah Marketplace bukan e-commerce.

Peluang bisnis digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk Anda maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. Anda bisa bersaing di bidang ini.

Financial

Dunia keuangan pun tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Sekarang mungkin untuk mengajukan kartu kredit atau peminjaman dana Anda tidak perlu datang ke Bank konvensional. Tetapi Anda semua bisa melakukannya secara online melalui Financial tecnology (Fintech) yang sudah hadir cukup banyak di Indonesia.

Peluang Fintech masih cukup menjanjikan. Terlebih masyarakat Indonesia sering melakukan peminjaman untuk dana tambahan di bank-bank. Anda bisa mencoba melakukan bisnis pada bidang ini dan raih kesuksesan dari bidang digital.

Jasa Digital

Jasa pun sudah bisa dilakukan secara digital. Peluang bisnis digital di Indonesia memang merambah segala lini bisnis yang ada. Anda yang memiliki kemampuan digital marketing, pengembangan website, dan jasa tulis menulis dapat membuka usaha di ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini cukup menjanjikan dan sangat potensial. Anda bisa segera mencobanya untuk mendirikan usaha jasa digital.

Share With:
Rate This Article