a

Penasaran dengan Bisnis yang Banyak digeluti Orang Medan Di Perantauan. Ini Jawabannya?

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar orang Medan? Pasti Anda akan berpikir orang yang berbicara dengan lantang, galak, dan seram. Namun, sisi positifnya kamu pasti mengetahui masyarakat yang masih kental akan budaya. Selain itu, masyarakat Sumatera Utara atau yang lebih dikenal dengan sebutan orang Batak suka menjadi pebisnis loh. Anda pasti sudah sering menemukan bisnis-bisnis yang banyak digeluti orang Medan di perantauan mereka yang ada di seluruh Indonesia.

Sebagian dari Anda mungkin penasaran, apa saja sih bisnis yang banyak digeluti orang Medan di Indonesia. Namun sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui apa saja bisnis yang dilakukan oleh orang Medan ditempat mereka menetap. Ada yang bilang, orang Medan adalah orang yang jago bisnis, karena memiliki jiwa wirausaha yang kuat dan pantang menyerah.

Kita coba ulas apa saja sih bisnis yang banyak dilakukan oleh orang Medan di tempat mereka menetap. Kalo kita bahas mengenai budaya mengenai orang Medan, mungkin Anda sudah pada tahu. Seperti, orang Medan memiliki ikatan kekeluargaan yang kuat, terbukti jika orang Medan atau disebut orang Batak bertemu dengan orang yang baru dikenal dan sama-sama berasal dari Sumatera Utara, kayaknya baru ngobrol bentar kok langsung akrab.

Budaya tersebut hingga saat ini tak pernah hilang loh. Sekarang kita akan bahas tentang usahanya aja. Biar Anda yang belum memiliki usaha, memiliki pemikiran untuk menjadi pengusaha yang gigih seperti orang-orang Medan.

Bisnis yang Banyak Digeluti Orang Medan

Toko Sembako

Siapa yang tidak tahu kalo sebagian besar toko-toko sembako atau warung-warung sembako yang ada di perumahan atau kampung-kampung dijalankan oleh orang-orang yang berasal dari Sumatera Utara. Banyak pengusaha dari Medan ini sukses menjalankan bisnis toko sembako yang cukup banyak digandrungi ini.

Terkadang mereka tidak hanya menjadi pengecer kepada para konsumen, banyak dari orang-orang Medan yang sukses menjalankan usaha tersebut serta menjadi agen besar. Anda bisa melihat betapa gigihnya orang Medan dalam mendirikan usaha yang mereka geluti tersebut bukan?

Bengkel

“Lai, tambah angin.” Kalimat seperti itu sering sekali Anda lontarkan ketika ingin menambah angin di bengkel milik orang batak atau Medan. Orang Medan memang suka mendirikan bengkel sebagai salah satu usaha yang orang Medan jalankan.

Mungkin kamu hanya tahu bengkel yang ada dipinggir jalan saja, tetapi banyak loh orang batak atau orang Medan ini yang sukses dalam mendirikan bisnis bengkel mereka hingga sukses dan besar. Bahkan yang tadinya mereka hanya mendirikan bengkel pinggir jalan sekedar untuk menambal ban atau mengisi oli saja, setelah beberapa tahun fokus dalam bisnis tersebut, mereka bisa memiliki bengkel yang lebih besar. Tidak kenal lelah untuk mendirikan bisnis.

Tempat Photo Copy

Tempat photo copy pun menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti oleh orang Medan. Sebagian besar yang memiliki usaha photo copy ini adalah orang-orang Sumatera Utara bagian selatan atau lebih dikenal dengan sebutan Tapanuli Selatan.

Selain Photo Copy, tempat usaha ini biasanya mereka gabungkan dengan usaha studio foto. Banyak sekali, terutama di wilayah Jabodetabek, pemilik photo copy sebagian besar adalah orang-orang Medan. Kalo Anda tak percaya, datang saja langsung yah guys ke tempat-tempat photo copy itu.

Pengusaha Angkot

Tak jarang orang Medan yang ada di perantauan menjadi pengusaha angkot. Terkadang para pengusaha ini tidak hanya memiliki satu angkot, kadang satu orang memiliki lima mobil angkot sekaligus. Dan umumnya, para pengusaha angkot yang berasal dari Medan ini mempekerjakan orang-orang yang berasal dari kampung mereka juga. Ide yang satu ini patut ditiru oleh calon-calon pengusaha lain di Indonesia. Kalau sukses jangan pernah lupa dengan kampung halaman.

Empat bisnis tersebut merupakan bisnis yang paling sering digeluti oleh orang Medan. Bukan sembarangan, biasanya orang Medan tidak pantang menyerah. Meskipun mereka sedang gagal, mereka sangat jarang untuk beralih ke bisnis yang lain. Mereka tetap akan menggeluti bisnis yang telah mereka bangun dari awal, hingga bisnis tersebut besar dan sukses. Itulah beberapa bisnis yang banyak digeluti orang Medan di perantauan mereka.

Share With:
Rate This Article