Solusiukm
Bisnis

Pengen Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal? Ini 3 Caranya

Bicara soal bisnis kos-kosan, tentunya ini adalah salah satu bisnis yang cukup menggiurkan, terutama di perkotaan dan di daerah yang dekat dengan perguruan tinggi atau industri. Karena selain bisa memberikan pemasukan rutin di setiap bulan, bisnis ini juga sangat mudah untuk dijalankan. Jadi gak heran, kalau bisnis ini sering menjadi pilihan utama bagi para ibu rumah tangga atau mungkin para pensiunan untuk mengisi waktu luang serta untuk mendapatkan uang bulanan tambahan.

Memulai bisnis kos-kosan memang terkadang membuat banyak yang menganggap kalau bisnis ini membutuhkan modal yang besar. Karena harus diakui, bahwa membeli tanah, membangun kos-kosan dengan banyak kamar, membeli beberapa perabotan pelengkap, hingga gaji petugas keamanan akan membutuhkan modal yang sangat besar.

Namun tidak perlu khawatir, karena sebenarnya Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeser pun. Mau tahu caranya? Silahkan langsung saja simak yang berikut ini.

Jadi Agen Pemasaran Kos-Kosan

Cara pertama adalah anda bisa menjadi agen pemasaran kos-kosan. Bagi anda yang masih duduk di bangku kuliah, Anda bisa menawarkan diri kepada pemilik kos untuk mencarikan penyewa. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari menawarkan kos-kosan kepada teman dekat, teman kuliah, hingga memasang iklan di berbagai media sosial dan situs iklan kos.

Nah dari situ, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus keluar modal sedikit pun. Imbalannya pun beragam, sesuai dengan kesepakatan awal dengan pemilik kos.

Jadi Pengelola Kos

Anda bisa menawarkan diri kepada pemilik untuk menjadi pengelola kos-kosannya, tentunya dengan imbalan berupa gaji bulanan atau mungkin komisi sekian persen dari penghasilan kos. Meskipun terlihat remeh, namun jasa ini akan sangat dibutuhkan bagi para pemilik yang rumahnya jauh dari tempat kos-kosannya.

Sebagai pengelola kos, Anda memiliki kewajiban untuk membersihkan kos-kosan hingga bertanggung jawab atas keamanan kos-kosan. Jika merasa hal itu terlalu berat, Anda pun bisa membayar asisten rumah tangga untuk membantu menjadi pengelola kos.

Jika masih ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda pun bisa memulai bisnis kecil-kecilan di kos-kosan dengan jualan pulsa, mie instan, air minum, dan beberapa keperluan sehari-hari anak kos lainnya. Lumayan kan, Anda bisa menjaga lapak dagangan sembari menjaga keamanan kos-kosan. Istilahnya menyelam sambil minum air.

Menyewakan Kamar Kosong yang Ada di Rumah

Bagi anda yang memiliki rumah dengan banyak kamar, Anda juga bisa memulai bisnis kos-kosan dengan menyewakan beberapa kamar yang tidak terpakai di rumah. Namun Anda juga harus memastikan, bahwa kamar tersebut masih layak untuk dihuni. Tidak selalu dengan sistem sewa bulanan, karena anda juga bisa menyewakannya dengan sistem harian. Karena dengan demikian, Anda masih bisa menggunakan dan tidak menyewakan kamar tersebut jika banyak tamu di rumah.

Meskipun penghasilannya tidak terlalu besar, namun Anda jangan pernah menyepelekan peluang ini. Karena dengan penghasilan yang didapat, Anda bisa menggunakannya untuk membayar beberapa tagihan, seperti listrik hingga telepon. Selain itu, ini bisa menjadi langkah awal bagi Anda sebelum akhirnya benar-benar terjun ke dalam bisnis kos-kosan yang sebenarnya.

Ketika Anda menyediakan kamar kosong di rumah Anda untuk bisnis kos-kosan tanpa modal, Anda harus bisa mencatat semua pembayaran yang Anda terima. Pencatatan ini sangat penting untuk mengetahui arus kas yang ada. Baik itu uang yang Anda terima dari penyewa kos dan biaya operasional yang sudah Anda keluarkan, seperti listrik, telepon, dan internet. Dengan pencatatan yang baik dan benar, Anda bisa mudah dalam membuat laporan keuangan bisnis kos-kosan. Apa lagi jika Anda memiliki kamar kos yang cukup banyak dan berada di beberapa lokasi. Laporan keuangan bisa membantu Anda melihat berapa pendapatan dan pengeluaran Anda tiap bulannya.

Nah, itu lah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengawali bisnis kos-kosan tanpa harus keluar modal sedikit pun. Tidak ada salahnya dalam mencoba, dan manfaatkan setiap peluang usaha yang ada.

Artikel Terkait

Omzet WARBYASA GOKIL Dari Bisnis Vapor (Jangan Pingsan, ya!)

marsha

Mau Punya Usaha Party Planner? 7 Poin yang Harus Dipahami!

marsha

Gerak Cepat Biar Bisnis Gede, Gimana Caranya?

marsha