a

Pengen Cari Uang Jajan Tambahan? Ini dia Peluang Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa bukan berarti hanya fokus belajar dan mengerjakan tugas. Sebagai mahasiswa pun bisa belajar untuk mencari uang, sebab mencari uang bukan hanya bekerja saja lho. Kamu bisa memulai usaha atau berbisnis sejak duduk di bangku kuliah. Cukup banyak peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa yang bisa kamu jalankan, tanpa menganggu aktivitas kuliahmu.

Kamu bisa belajar dari om Chairul Tanjung yang sudah mulai berbisnis dari bangku kuliah. Om Chairul bisa menjadi salah satu figur yang bisa menjadi panutan buat kamu yang mau berbisnis. Tak perlu berbisnis dengan mengeluarkan banyak modal, kamu bisa memulai bisnis tanpa modal atau kalimat halusnya ‘Bisnis ikut teman.’ Kan sering tuh mahasiswa melakukan bisnis karena ikut teman atau istilah lainnya bantu teman.

Sebenarnya tidak perlu bantu teman, kamu bisa memulai usaha secara mandiri. Kamu bisa memulai usaha dengan mengajak teman-teman kamu, bukan kamu yang ikut mereka. Bukankah itu lebih baik, dibandingkan kamu selalu ikut teman. Cukup banyak peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu. Kamu bisa memulai bisnis dengan apa yang kamu sukai.

Mengapa Harus Usaha Sejak Mahasiswa?

Banyak pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mahasiswa-mahasiswi di Indonesia, apa sih untungnya memulai usaha sejak duduk di bangku kuliah? Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memulai usaha sejak muda.

Bisa Mandiri Sejak Muda

Menjadi mandiri merupakan impian banyak anak muda saat ini. Terlebih banyak generasi milenial berkeinginan menjadi seorang yang mandiri sejak muda. Padahal sifat mandiri ini penting, untuk melatih karakter dan mental sejak kamu sudah lulus kuliah. Gak mungkin kan kamu, selalu meminta kepada orang tua meski sudah lulus kuliah. Apabila kamu udah berwirausaha sejak duduk di bangku kuliah, maka kamu bisa memberi kepada orang tua, dan kamu saat lulus sudah bisa mandiri dan tidak perlu menyebar lamaran yang terkadang cukup menyebalkan.

Punya Uang Jajan Dari Jerih Payah Sendiri

Masih bangga dengan uang pemberian orang tua? Kamu pasti akan lebih bangga apabila memiliki uang jajan hasil keringat sendiri. Agar dapat uang jajan sendiri tanpa harus menganggu kuliah kamu yakni menjadi pengusaha saat kuliah.

Tidak Berfokus Mencari Uang Dengan Bekerja

Peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa masih terbuka cukup lebar, berbeda dengan lapangan kerja. Persaingannya cukup ketat, membuat banyak fresh graduate yang tidak mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Padahal mereka sudah lelah berkeliling dan mondar-mandir interview tapi kerjaan gak ada yang nemplok.

Inilah untungnya jika kamu memulai usaha sejak muda. Kamu tidak akan berfokus hanya mencari pekerjaan ketika kamu sudah lulus dari kuliah nanti. Tetapi kamu bisa fokus untuk mencari peluang usaha yang sedang tren maupun yang selalu dibutuhkan masyarakat.

Apa Saja Peluang Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa Seperti Kamu?

Guru Private atau Guru Part Time

Kamu kuliah jurusan pendidikan? Dari pada kamu kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu) mending waktu kamu di rumah bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan. Caranya daftar saja menjadi guru privat, atau membuka les privat. Selain dapat uang, kamu juga akan memiliki jam terbang yang lebih banyak dari bisnis yang satu ini.

Fotografi

peluang usaha untuk mahasiswa

peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa

Fotografi selalu identik dengan mahasiswa broadcasting, tetapi tidak hanya mahasiswa broadcast yang bisa fotografi. Jika kamu sebagai mahasiswa dan memiliki kemampuan fotografi yang cukup baik, kenapa kamu tidak buka jasa fotografi saja. Banyak lho yang membutuhkan jasa fotografi seperti untuk acara ulang tahun, pernikahan, maupun acara semacam family gathering.

Kalo kamu punya alat-alat yang cukup lengkap, kamu bisa membuka studio mini di rumah kamu. Tidak perlu memerlukan ruangan yang luas, tetapi kamu tetap bisa menjalankan usaha dari rumah langsung. Bukankah itu mengasyikan? Fotografi merupakan salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa.

Penulis

Saat ini banyak sekali lowongan sebagai penulis, terutama penulis website. Baik yang bersifat full time maupun purna waktu (freelance) yang bisa dilakukan dimana saja, asal memiliki koneksi internet dan memiliki komputer maupun laptop.

Tentunya ini bisa Anda jadikan sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Apa lagi jika kamu memiliki hobi menulis atau kamu kuliah di jurusan komunikasi, menulis adalah hal yang wajib. Sambil melatih kemampuan menulis kamu, kamu bisa mencari lowongan menjadi penulis. Menulis saat ini menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa dan sangat menjanjikan bagi kamu.

Desain Grafis

peluang usaha desain grafis, usaha yang tepat untuk mahasiswa

Desain grafis menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Foto : educationonline.com

Memiliki kemampuan desain grafis, namun jarang terpakai. Mending manfaatin untuk jadi ladang bisnis kamu. Kamu bisa menawarkan jasa desain milikmu melalui Facebook, Instagram, Pinterest, Path, dan media sosial lainnya. Sehingga banyak orang yang mengetahui kalau kamu memiliki kemampuan desain grafis.

Umumnya jasa desain grafis bisa dibayar cukup tinggi, kamu bisa mendapat penghasilan yang cukup tinggi disela-sela kuliah kamu. Bisnis desain grafis merupakan peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa, terutama jika kamu mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Tentunya daripada ilmu dan skill yang kamu miliki sia-sia mending kamu jadikan ladang bisnis kan.

Marketing Di Media Sosial

Kamu hobi posting dan update di sosial media? Jika iya, maka sebaiknya kamu melamar menjadi marketing media sosial. Sekarang banyak lho produk-produk yang mencari karyawan untuk membantu mereka dalam memposting produk-produk di media sosial.

Daripada postingan media sosial kamu tidak ada gunanya, coba deh manfaatin pekerjaan marketing media sosial. Tentunya kamu bisa bermain media sosial sambil mencari uang di internet. Tentunya profesi ini bisa menjadi peluang usaha yang cocok dilakukan oleh mahasiswa.

Bisnis Di Bidang Pariwisata

Kamu suka jalan-jalan? Kalau iya, dari pada hanya menghamburkan uang, coba manfaatkan hobi kamu tersebut untuk menjadi ladang bisnis. Kamu bisa membuka jasa pemesanan tiket pesawat atau kereta api yang sering orang lain lakukan. Maupun membuka bisnis open trip yang cukup digemari oleh generasi milenial.

Memang sih peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa di bidang pariwisata cukup banyak. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu dan tentunya bisnis yang kamu jalankan tidak menganggu kuliah kamu.

Affiliate

Sistem affiliate saat ini cukup banyak dilakukan oleh netizen yang memang suka dengan dunia penjualan online. Banyak dari mereka yang mengikuti affiliate untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal. Terlebih menjadi affiliate memiliki penghasilan yang cukup besar dari komisi penjualan.

Affiliate menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa yang sedang membutuhkan uang. Terlebih affiliate bisa dilakukan oleh mahasiswa dari seluruh jurusan, dan bisnis affiliate bisa mendapatkan untung yang besar dengan modal yang minim.

Anda bisa menjadi Accurate Digital Partner (ADP) yang bisa mendapatkan komisi penjualan hingga 20 % dari harga penjualan produk. Jika Anda menjual produk cukup banyak, maka keuntungan yang Anda peroleh pun cukup banyak.

Share With:
Rate This Article