a

Pengen Tahu Kebiasaan dan Karakter Konsumen Zaman Now? Baca di Sini!

Untuk pebisnis, pasti sangat penting untuk tahu apa kebiasaan dan karakter konsumen bisnis mereka. Tentu tidak mungkin untuk menciptakan produk yang tidak diinginkan masyarakat, atau bukan solusi masalah untuk mereka. Jika sudah mengetahui pola yang dimiliki konsumen, tentunya akan memungkinkan penjualan maksimal dan menguntungkan bagi Sobat UKM sebagai pelaku bisnis.

Dikutip melalui Kompas.com dan Cermati.com, bahkan bukan hanya bisnis skala besar yang membutuhkan data – data perilaku konsumen, tapi juga bisnis menengah atau biasa disebut UMKM juga membutuhkan hal yang sama. Jika bisnis yang Sobat UKM miliki tepat sasaran dan mengikuti alur selera dan perilaku konsumen, maka sangat mungkin jika konsumen – konsumen tersebut akan menjadi setia kembali pada bisnis Sobat UKM.

Bahkan, Sobat UKM perlu mempelajari kebiasaan – kebiasaan konsumen di waktu mendatang. Konsumen – konsumen tersebut bukan hanya pada angkatan milenial saja, tapi juga mereka yang lahir setelahnya atau biasa disebut dengan Gen Z.

Konsumen setiap umur pastinya memiliki karakter, kebiasaan dan pola perilaku yang berbeda dari angkatan lainnya. Nah tentunya, apa saja yang mereka lakukan dan kebiasaannya akan mempengaruhi bisnis Sobat UKM, lho! Kita sebagai pelaku bisnis tidak bisa acuh dan tutup mata atas fenomena ini.

Lalu, apa saja karakter konsumen zaman now yang perlu kita pelajari dan aplikasi terhadap bisnis kita?

Antusiasme Tinggi Terhadap Teknologi Terkini

Mungkin jika yang disasar adalah angkatan boomer yang lebih senior dan terkejut – kejut dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Tentunya yang masih menjadi lahan ‘basah’ dalam berbisnis adalah generasi Milenial dan Gen Z yang sangat cepat mengikuti segala perubahan zaman.

Ini merupakan sebuah fakta yang unik, yang mana Gen Z dan Milenial memiliki pola kebiasaan yang sangat cepat mengikuti perkembangan. Fenomena ini bisa Sobat UKM manfaatkan untuk menjangkau lebih dalam konsumen atau calon konsumen. Jika Sobat UKM dapat dengan cermat memilih perubahan teknologi apa yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan atau memasarkan bisnis yang Sobat UKM miliki.

Sulit Terbuai Iklan

Selama ini tentu yang namanya iklan akan menjadi kuncian utama para pelaku bisnis untuk melakukan pendekatan terhadap target pasar. Karena tentunya cara ini dirasa berhasil untuk mendongkrak penjualan. Namun, terdapat pola berbeda pada masa sekarang saat target pasar yang disasar adalah generasi Milenial dan Generasi Z.

Bukan berarti iklan akan ditinggalkan total untuk melakukan pendekatan pada calon konsumen atau konsumen, namun saat iklan dikemas dengan cara lama, tentu mereka tidak akan tertarik untuk memperhatikan lebih lanjut.

Gen Z dan Milenial tidak mudah terpengaruh oleh iklan terutama iklan dengan kemasan lawas. Tentunya hal ini menjadi tantangan besar bagi kita penggelut dunia bisnis untuk lebih mengasah keterampilan kreatif.

Super Tertarik Dengan Kisah Cerita

Generasi Z dan Milenial pada dasarnya memiliki karakter mudah bosan. Untuk itu, kita sebagai pelaku bisnis perlu bermain dengan konten untuk beriklan. Milenial dan Gen Z menyukai beragam konten yang tersaji pada format video. Hal ini terbukti dari tingginya antusiasme mereka terhadap platform Youtube, video Instagram, Instastory, Tik-Tok, dan lain – lain yang memang menggunakan video sebagai format utama.

Gunakan juga alur cerita yang cukup diminati oleh Milenial dan Generasi Z, gunakan juga cerita yang memikat atau mengandung unsure komedi yang kuat. Selamat mencoba Sobat UKM!

Share With:
Rate This Article