a

Pengertian Laporan Perubahan Modal dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal pada UKM

Jenis laporan keuangan cukup banyak, salah satu jenis laporan keuangan yaitu laporan perubahan modal. Banyak pengusaha UKM (Usaha Kecil Menengah) yang belum mengerti sama sekali mengenai perubahan modal. Padahal ini penting untuk kelangsung bisnis Anda. Kita akan bahas Laporan perubahan modal pada UKM.

Laporan keuangan memang menjadi hal yang vital dalam setiap menjalankan usaha. Banyak pengusaha yang tidak membuat laporan keuangan pada usahanya, dengan alasan mereka tidak mengerti mengenai laporan keuangan. Alasan tersebut tidak bisa dijadikan alibi pengusaha untuk tidak membuat laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan juga laporan perubahan modal.

Apa Itu Laporan Perubahan Modal?

Sebelum kita memberikan beberapa contoh laporan perubahan modal, SolusiUkm akan memberikan pengertian mengenai laporan perubahan modal itu sendiri. Sehingga Anda sebagai pengusaha UKM bisa mengetahui secara jelas apa itu laporan perubahan modal, dan kenapa laporan perubahan untuk UKM itu penting.

Laporan perubahan modal adalah sebuah laporan yang berisi mengenai modal yang dimiliki oleh perusahaan, serta bagaimana modal-modal tersebut bisa berubah. Perubahan ini bisa berupa penambahan modal maupun pengurangan modal usaha hingga akhir periode akuntansi.

Pada UKM, laporan perubahan modal terdiri atas modal awal UKM, laba dan rugi yang diperoleh dalam periode tertentu. Sehingga laporan laba rugi ini sangat erat kaitannya dengan laporan perubahan modal. Sehingga dengan adanya laporan keuangan perubahan modal ini, pengusaha bisa mengetahui berapa modal akhir dari modal yang tersisa.

Menyusun Laporan Perubahan Modal

Setelah Anda mengetahui apa itu laporan perubahan modal, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya bagaimana menyusun laporan perubahan modal pada UKM. Apa lagi banyak pengusaha UKM yang tidak mengerti mengenai akuntansi. Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk menyusun laporan perubahan modal.

  1. Modal awal yang dimiliki oleh UKM
  2. Laba bersih dan laba kotor, berasal dari laporan laba rugi
  3. Modal investasi (Jika ada). Apabila Anda mendapatkan dana dari investor
  4. Pengambilan pribadi
  5. Modal akhir
  6. Laba bersih

Apa Saja yang Menyebabkan Perubahan Modal:

  1. Adanya Tambahan modal, baik investasi atau apapun
  2. Laba dan kerugian usaha
  3. Mengambil Modal jika ada keperluan

Fungsi Laporan Perubahan Modal Pada UKM

  • Agar dapat merangkum aktiva pembayaran dan investasi serta dana yang dihasilkan selama periode akuntansi
  • Melengkapi perubahan dari modal kerja

Contoh Laporan Perubahan Modal pada UKM

Contoh Laporan Perubahan Modal untuk UKM

Contoh Laporan Perubahan Modal untuk UKM

Laporan perubahan modal Pada UKM

Laporan perubahan modal Pada UKM

Bentuk Laporan Perubahan Modal

Bentuk laporan perubahan modal bisa dilihat seperti contoh di atas. Tapi Anda juga bisa membuat laporan perubahan modal untuk UKM tidak harus mirip seperti yang di atas. Laporan perubahan modal merupakan laporan yang cukup penting, dan terjadi akibat operasi UKM pada suatu periode akuntansi tertentu. Sehingga Anda mengetahui berapa jumlah modal yang telah Anda keluarkan selama satu tahun periode akuntansi atau setiap enam bulan periode akuntansi.

Jika Anda tidak mengerti dalam penyusunan laporan perubahan modal pada UKM, sebaiknya Anda membuat laporan tersebut dengan menggunakan software akuntansi online. Anda bisa menggunakan software Accurate Online untuk menyusun berbagai laporan keuangan, termasuk laporan keuangan perubahan modal.

Accurate Online merupakan software akuntansi yang sangat cocok digunakan oleh UKM di Indonesia. Karena Accurate Online memiliki tampilan user friendly, serta memiliki versi ringan yang bisa diakses di smartphone. Jadi sangat memudahkan Anda dalam mengurus laporan keuangan hingga laporan pajak usaha.

Share With:
Rate This Article