a

Pengertian Marketshare, Ukuran, Hingga Cara Meningkatkan Marketshare

Pernah dengan istilah marketshare atau lebih dikenal dengan pangsa pasar. Bagi semua pengusaha yang sudah sukses, marketshare merupakan salah satu pertimbangan untuk menjual produk. Marketshare adalah permintaan konsumen terhadap suatu produk yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya. 

Marketshare juga bisa menjadi salah satu cara melihat bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual. Dapat dikatakan pangsa pasar menjadi persentase sebuah perusahaan dengan seluruh sumber total penjualan produk dalam suatu industri.

Memahami marketshare merupakan strategi bisnis yang harus dilakukan oleh setiap bisnis. Ini menjadi salah satu trik penting untuk proses perencanaan pemasaran bisnis Anda. Dengan mengetahui pangsa pasar, Anda bisa mengetahui pesaing dan pelanggan Anda.

Mengukur Marketshare

Pasti Anda bertanya-tanya, bagaimana mengukur pangsa pasar di lapangan. Bagi perusahaan besar mereka sudah mengetahui pangsa pasarnya masing-masing. Misal, smartphone Xiaomi. Pangsa pasar mereka adalah orang-orang yang ingin memiliki handphone dengan spesifikasi premium namun tetap dengan harga terjangkau. Bagaimana dengan marketshare Anda pebisnis UKM?

Mengukur pangsa pasar sangat diperlukan untuk melakukan riset pasar. Ini penting bagi para pengusaha, terutama pengusaha mikro dan menengah. Banyak pengusaha belum mengetahui ukuran pangsa pasar, sehingga mereka kesulitan dalam mendapatkan pasar dan bersaing. Hingga salah menentukan strategi pemasaran.

Keberhasilan Bisnis dalam Marketshare

Marketshare menjadi indikator setiap bisnis dalam mengukur keberhasilan dibandingkan dengan kompetitor.

Sebagai contoh, pada tahun 2019 ini Anda sebagai pemilik bisnis menetapkan target marketshare 15% dari keseluruhan pasar di dekat lokasi usaha Anda. Jika bisnis Anda dapat mencapai angka persentase di atas 15%, misal 18% maka Anda berhasil.

Namun jika Anda mendapatkan marketshare dibawah 15%, anggap saja 14% bisnis Anda dikatakan gagal. Hal itu menunjukan bahwa kinerja pemasaran bisnis Anda tidak baik dan dapat dikatakan tidak sesuai dengan rencana awal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bisnis Anda tidak mencapai pangsa pasar seperti di kutip dari maxmanroe.com :

  • Pangsa pasar terlalu tinggi
  • Banyaknya pesaing di bisnis yang sama
  • Penurunan daya saing
  • Promosi yang salah atau tidak sesuai

Meningkatkan Marketshare

Apabila Anda merasa gagal di tahun sebelumnya, di tahun selanjutnya Anda tidak boleh gagal lagi. Belajar dari kegagalan sebelumnya untuk meningkatkan marketshare bisnis lebih besar lagi. Demi mendapatkan pasar yang lebih luas.

Saat ini, untuk mendapatkan marketshare mungkin tidak sesulit dahulu. Anda harus menyebarkan orang ke berbagai kota hingga pelosok desa untuk mengenalkan produk. Cost yang dikeluarkan cukup besar. Sekarang, Anda bisa memanfaatkan internet untuk meningkatkan pangsa pasar.

Anda bisa meningkatkan marketshare melalui internet dengan lebih gencar dalam promosi. Jika kompetitor masih berdiam diri saja, Anda bisa memulainya sekarang. Sehingga bisa lebih cepat dan lebih di depan dibandingkan yang lain.

Itu hanya cara simpel yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan marketshare, Anda bisa mencoba cara lain untuk meningkatkan marketshare yang lebih luas lagi. Adapun cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan :

  • Bisnis Anda masih tergolong baru
  • Menentukan visi misi bisnis dengan tepat
  • Sering memantau kompetitor
  • Memperhatikan pergerakan harga
  • Membangun jaringan selebar-lebarnya

Mungkin cara-cara tersebut bisa Anda lakukan dengan baik. Tetapkan lah setiap target dan visi misi bisnis agar mampu menghasilkan hasil yang lebih baik untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat serta meluaskan pangsa pasar menjadi lebih luas lagi.

Ketika Anda mencoba untuk meningkatkan pangsa pasar, Anda harus mengetahui seberapa besar biaya yang Anda keluarkan. Hitunglah dengan seksama. Jika Anda ingin melakukan penghitungan yang akurat, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk menghitung semua biaya yang Anda keluarkan untuk meningkatkan pangsa pasar.

Accurate Online akan membantu Anda sebagai pebisnis untuk menghasilkan pembukuan secara akurat dan laporan keuangan secara tepat. Hingga bisa menghitung laporan pajak dengan benar. Sehingga setiap rupiah yang keluar akan terhitung dan Anda bisa tetap memantau pergerakan keuangan bisnis dengan Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa fokus untuk melebarkan sayap demi meningkatkan pangsa pasar bisnis. Tunggu apa lagi, yuk coba 30 hari gratis Accurate Online.

Share With:
Rate This Article