a

Pengusaha harus tau, 4 Cara Untuk Bisnis Terhindar dari Fraud

Pernah dengar istilah fraud? Bagi pengusaha yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis, mungkin tidak asing dengan istilah yang satu ini. Fraud sendiri selalu ditemukan hampir di semua bisnis. Baik itu perusahaan besar, menengah, atau kecil. Pada umumnya fraud diartikan sebagai kecurangan dalam akuntansi. Lalu gimana bisnis terhindar dari fraud?

Kecurangan dilakukan untuk memperoleh untung bagi diri sendiri, kelompok, atau pihak-pihak yang berkepentingan. Tetapi fraud bisa di minimalisir dengan berbagai cara oleh si pemilik bisnis. Apa lagi jika keuangan bisnis masih dijalankan dengan manual.

Lalu, sebagai pengusaha terutama buat Anda yang baru saja merintis bisnis. Bagaimana bisa menghindari fraud yang dilakukan oleh karyawan Anda sendiri. Ada beberapa cara untuk menghindari fraud dalam bisnis.

Lakukan Kontrol Setiap Hari

Mungkin Anda tidak datang ke kantor setiap hari. Hal ini bisa saja akan membuat para karyawan mengambil kesempatan untuk melakukan fraud. Tentunya Anda harus bisa memantau pergerakan uang bisnis dimana saja dan kapan saja. Sehingga Anda bisa melakukan kontrol dengan mudah tanpa harus datang ke kantor.

Anda juga bisa memberikan tanggung jawab kepada salah satu staff kepercayaan untuk mengelola setiap transaksi. Baik itu transaksi masuk maupun transaksi keluar. Semua harus tercatat dalam satu sistem yang bisa terintegrasi. Sehingga Anda pun bisa memantaunya.

Jalankan SOP yang Ketat

SOP yang ketat bisa Anda terapkan untuk bisnis UKM Anda. Terutama kepada staff yang memegang uang dan mengetahui jumlah uang masuk serta keluar. Anda harus bisa mencegah terjadi kecurangan pada bidang ini. Karena banyak pengusaha yang sulit terhindar dari fraud karena kurang mengawasinya.

Meskipun sudah ada SOP, terkadang karyawan masih ada yang bandel. Mereka hanya menganggap bahwa SOP hanya aturan belaka. Meskipun dilanggar itu tidak akan membuat mereka merasa bersalah bahkan mendapat teguran.

Untuk itu SOP harus Anda terapkan dengan baik dan dengan pasti untuk memudahkan dalam pengawasan yang Anda lakukan. Sehingga Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengawasi dengan mudah tanpa ribet harus datang ke kantor terus menerus.

Gunakan Software Keuangan yang Handal

Zaman sekarang, pemilik bisnis harus menggunakan software akuntansi yang mumpuni untuk mengawasi setiap pergerakan keuangan bisnis. Selain itu, dengan menggunakan software ini, Anda akan lebih mudah dalam melihat pergerakan keuangan secara berkala setiap harinya tanpa harus ke kantor.

Dengan software akuntansi yang handal, salah satunya adalah Software Accurate Online. Accurate Online akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis dalam mengawasi setiap bisnis yang Anda miliki. Karena Accurate Online memiliki fitur approval.

Yang mana fitur ini hanya bisa di akses oleh admin utama saja. Misal admin utamanya adalah Anda sebagai pemilik bisnis. Setiap ada permintaan pembayaran dan pembelian sesuatu yang dibuat oleh staff Anda, Anda bisa melakukan kroscek terlebih dahulu sebelum melakukan approval. Staff Anda tidak akan bisa untuk melakukannya tanpa persetujuan dari Anda. Anda bisa melakukan cek kembali untuk memastikan pembayaran dan pembelian tersebut.

Hal ini tentunya bisa menghindari terjadinya fraud pada bisnis Anda yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil orang yang tak bertanggung jawab. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis tanpa takut terdampak fraud yang dilakukan oleh staff Anda.

Buat Staff Mencintai Perusahaan

Meskipun Anda sudah menyiapkan sistem dan SOP yang jelas. Namun hal itu bisa saja masih ada celah. Cara terbaik adalah dengan membuat karyawan mencintai perusahaan yang Anda bangun. Anda harus melakukan transfer nilai-nilai kepada para staff agar mereka bisa mencintai perusahaan sepenuh hati. Hal ini untuk menghindari terjadinya fraud dikarenakan staff yang tidak mencintai perusahaan dan melakukan segala hal secara transparan.

Share With:
Rate This Article