a

Pentingnya Jurnal Akuntansi dan Fungsinya Bagi Bisnis

Saat Anda mempelajari akuntansi, Anda akan menemukan istilah jurnal akuntansi. Jurnal adalah pembukuan dari hasil-hasil transaksi yang telah ada. Jurnal berfungsi sebagai pencatatan pertama dari semua transaksi, baik itu transaksi masuk maupun transaksi keluar. Semua transaksi bisnis harus Anda susun sesuai dengan kronologisnya sesuai dengan periode waktu terjadinya transaksi tersebut.

Semua debit dan kredit yang pernah ada dalam periode tertentu harus dicatat dalam jurnal yang telah disusun, biasanya jurnal disusun secara harian. Jurnal dibuat sebelum semua catatan keuangan masuk kedalam buku besar. Apabila jurnal salah, maka buku besar pun akan salah. Sehingga harus ada perbaikan kembali dalam jurnal tersebut untuk setiap catatan yang ada dalam buku besar.

Mengapa Jurnal Penting?

Bagi seorang pengusaha yang masih awam, mungkin Anda akan mengabaikan pembuatan jurnal akuntansi, karena menganggapnya rumit. Namun seiring berjalannya waktu, dan usaha Anda semakin berkembang, maju, dan orderan semakin banyak maka Anda membutuhkan sebuah jurnal. Jurnal sendiri akan berguna untuk mencatatkan setiap transaksi yang terjadi dalam periode tertentu, baik itu transaksi debit maupun transaksi kredit dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.

Tanpa adanya jurnal, maka Anda akan merasa sulit melihat terjadinya transaksi dalam periode tertentu. Jurnal harus ditulis secara jelas dari setiap transaksi yang terjadi. Dan setiap transaksi harus dijelaskan secara lengkap dan secara detail dalam sebuah bukti transaksi yang pernah terjadi.

Jika dalam bisnis yang Anda jalankan tidak menggunakan jurnal, maka dalam waktu tertentu Anda akan kesulitan dalam melihat pencatatan transaksi yang terjadi dalam bisnis. Terlebih, jika bisnis yang Anda jalankan tidak selalu dalam pengawasan Anda, tanpa adanya jurnal, Anda akan merasa kesulitan dalam mendeteksi transaksi yang ada. Dengan adanya jurnal akuntansi, akan menjadi informasi Anda sebagai pemilik usaha untuk mengetahui transaksi yang terjadi, baik itu mingguan maupun bulanan.

Dua Jenis Jurnal

Dalam akuntansi, jurnal terbagi menjadi dua jenis, yaitu jurnal umum, dan jurnal khusus. Anda harus mengetahui kedua jenis jurnal tersebut. Pemilihan jenis jurnal apa yang harus Anda gunakan dalam bisnis, harus disesuaikan pada berapa banyak transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda.

Jurnal Umum

Jurnal umum sendiri sangat berguna untuk mencatat setiap kronologis transaksi harian yang terjadi. Baik itu transaksi debit maupun transaksi kredit harus dicatatkan dalam jurnal akuntansi. Jurnal sendiri sebagai catatan awal sebelum masuk ke dalam akun.

Jurnal umum merupakan tempat mencatatakan semua kejadian transaksi harian yang terjadi dalam bisnis. Jurnal umum lebih sering digunakan oleh UMKM yang belum memiliki transaksi cukup banyak, bagi Anda pelaku UMKM maka lebih cocok menggunakan jurnal umum ini dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi.

Jurnal Khusus

Jurnal khusus, hampir sama dengan jurnal umum. Perbedaannya, jurnal khusus digunakan untuk mencatat setiap aktivitas transaksi yang lebih kompleks. Seperti membedakan pencatatan penjualan, pencatatan pembelian, dan pencatatan barang keluar. Umumnya jurnal khusus lebih sering dipakai oleh bisnis besar yang transaksi keuangan sudah cukup kompleks dalam satu hari.

Apa Sih Fungsi Jurnal Akuntansi

Anda pasti bertanya-tanya apa fungsi dari jurnal akuntansi. Jurnal akutansi sendiri memiliki beberapa fungsi yang akan membantu Anda dalam melihat setiap transaksi keuangan perusahaan yang terjadi secara harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan bisa terlihat dalam pencatatan jurnal. Itulah fungsi jurnal secara singkat.

Fungsi Mencatat

Umumnya jurnal akuntansi digunakan untuk mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi. Usahakan setiap transaksi jangan sampai tertinggal, karena hal tersebut akan membantu Anda dalam memasukan catatan-catatan transaksi tersebut ke dalam buku besar, saat harus memindahkannya.

Fungsi Informatif

Fungsi lain dari jurnal adalah sebagai informasi terhadap setiap kejadian transaksi yang terjadi dalam bisnis yang Anda miliki.

Fungsi Histori

Setiap transaksi yang terjadi dapat menjadi histori dalam pembukuan bisnis. Catatan-catatan ini bisa menjadi sebuah historis, karena disusun berdasarkan kronologi waktu terjadinya transaksi, dan jurnal bisa dibuka kembali pada tahun-tahun mendatang.

Fungsi Analisis

Jurnal berfungsi sebagai analisis dari perkiraan untuk pendebitan maupun perkreditan yang terjadi dalam akun-akun yang terpengaruh oleh jumlah transaksi yang terjadi.

Fungsi Instruktif

Dari fungsi jurnal yang terakhir adalah fungsi intruktif. Yaitu berfungsi untuk memberikan perintah untuk melakukan pencatatan kembali dalam buku besar.

Demikianlah fungsi dari jurnal akuntansi yang wajib Anda ketahui. Jurnal tersebut akan membantu Anda dalam melihat setiap transaksi yang terjadi dalam usaha yang sedang anda jalankan. Apabila Anda ingin lebih mudah dalam penjurnalan bisnis yang Anda lakukan, maka sebaiknya anda menggunakan Accurate Online (AOL). Dengan AOL Anda tak diharuskan melakukan kunjungan ke kantor hanya untuk melihat setiap transaksi.

Share With:
Rate This Article