Solusiukm
Bisnis

Pentingnya Membangun Networking bagi Pengusaha UKM

Belakangan ini, keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) semakin banyak kita jumpai. Bahkan faktanya, angka laju pertumbuhan dari bisnis – bisnis kecil dan menengah atau UMKM memiliki kenaikan yang signifikan. Tentu hal ini merupakan berita bagus, bukan? Berbagai alasan dan faktor penyebab yang membuat bisnis tingkat UMKM kian meroket naik. Hal – hal tersebut tentu dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi sehingga melahirkan peluang bisnis baru. Terlebih lagi konsumen Indonesia yang beraneka ragam kebutuhan, jenis, dan keinginannmembuat celah bisnis tidak lekang oleh waktu.

Bagi Anda yang juga merupakan pelaku bisnis UKM, tentu sadar bahwa untuk meningkatkan nilai penjualan Anda harus memiliki basis networking yang kuat. Sehingga perihal relasi tentu merupakan hal yang perlu dipikirkan secara serius. Tak hanya itu, berikut beberapa fungsi penting membangun networking untuk bisnis Anda, dirangkum khusus oleh tim Solusi UKM untuk kalian:

Membuka Kesempatan Baru

Membangun relasi tentunya tak semata-mata hanya untuk meningkatkan penjualan karena mungkin saja hal ini bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang. Siapa tahu dengan berkenalan dengan orang baru, Anda bisa menjalin kerja sama dengannya di kemudian hari untuk berkolaborasi menghasilkan produk hari. Atau siapa tahu jika ternyata orang tersebut adalah investor yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Jadi, jangan pernah ragu untuk menjalin networking dengan siapa pun, dan perkenalkan diri kalian dengan percaya diri.

Membantu Mengenalkan Produk Anda

Apa artinya jika Anda membuat produk tetapi tidak banyak yang mengenalnya. Langkah pertama agar produk Anda dikenal masyarakat adalah dengan membangun networking seluas mungkin. Semakin luas networking yang Anda miliki, maka kesempatan produk Anda untuk dikenal oleh banyak orang juga semakin tinggi. Bayangkan jika networking Anda hanya terbatas pada satu area saja dengan networking yang tersebar hingga ke pelosok dan seluruh kota. Dari networking yang luas ini, mereka akan membantu menyebarkan informasi mengenai produk Anda dari mulut ke mulut.

Sumber Informasi

Networking yang tersebar di berbagai daerah bisa memberikan informasi baru pada Anda yang mungkin saja belum pernah Anda ketahui selama ini. Misalkan perbedaan demografi membuat perilaku masyarakat juga berbeda dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Hal ini tentunya bisa menjadi sumber informasi yang sangat membantu Anda untuk memberikan yang lebih baik pada konsumen Anda, bukan? Konsumen di tempat satu tidak sama dengan lainnya sehingga Anda juga perlu memperhatikan hal ini untuk bisnis yang maksimal.

Lebih Percaya Diri

Percaya atau tidak, dengan memiliki networking yang luas, secara tidak langsung hal ini akan membangun rasa percaya diri Anda. Anda akan merasa “aman” dengan adanya jaringan yang luas tersebut. Jika semisal nilai penjualan menurun di salah satu area tertentu, Anda masih memiliki networking lainnya yang bisa diandalkan. Namun bukan berarti Anda bisa bersantai dengan hal itu, Anda harus tetap menemukan solusi kenapa penjualan bisa menurun sehingga bisa mengembalikan keadaan tetap seperti semula.

Oleh sebab itu, Anda harus memulai membangun networking mulai dari sekarang. Tidak da kata cukup untuk membangun networking ini. Semakin luas semakin baik. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun jaringan, salah satunya dengan rajin mengikuti seminar atau forum-forum kewirausahaan. Dari sana Anda bisa berkenalan dengan pelaku bisnis UKM lainnya dan menjalin kerja sama.

Artikel Terkait

Trik Paling Oke Ngatur Keuangan Pribadi

marsha

Tips Laris Jual Kambing Qurban Saat Covid-19 Corona

marsha

Cara Paling Gampang Bikin Pembukuan Bisnis Kecil!

marsha