a

Perhelatan Olahraga jadi Topik Paling Populer di Google Sepanjang 2018

Google Indonesia baru saja merilis 15 topik pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang 2018. Tentunya ini bisa menjadikan acuan bagi para pebisnis online untuk membuat konten yang sesuai dengan konten yang paling banyak dicari di Google di tahun depan.

Google memang terbiasa membagikan info menarik mengenai apa saja yang paling banyak dicari oleh netizen sepanjang tahun. Hasil ini tidak hanya dibagikan di Indonesia saja, tetapi di seluruh negara. Dengan data ini Google bisa melihat karakter pengguna Google di suatu negara.

Untuk Indonesia kata kunci paling populer yang dicari oleh netizen mengenai perhelatan akbar olahraga. Mulai dari Piala Dunia 2018 hingga Asian Games 2018. Hingga para pemain bulutangkis berbakat Indonesia.

“2018 adalah tahunnya generasi muda berkarya untuk Indonesia, mulai dari berkarya untuk membawa kebaikan, menginspirasi, dan mengharumkan nama bangsa,” ungkap Felicina Wienathan, Communications Manager Google Indonesia.

Trending 2018 yang lebih ke generasi muda menjadi salah satu kunci penting bagi para marketer untuk mengisi konten pada website mereka agar lebih ke milenial. Ini bisa menjadi salah satu pertimbangan konten untuk 2019. Karena Google sendiri membocorkan sesuatu yang wajib diketahui oleh para digital marketer dan para pebisnis online.

“Event besar biasanya menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Untuk event olahraga, biasanya para pengguna Google juga mencari informasi mengenai profil atlet, hasil pertandingan, jadwal dan tempat digelarnya laga,” terang Mira seperti di kutip dari The Jakarta Post.

Hasil rilis Google 15 topik yang tampil tidak ada bidang teknologi dan bisnis. Namun di dominasi oleh topik olahraga dan musik.

Acuan Para Digital Marketer dan Pebisnis Online

Hasil Year In Search 2018 bisa menjadi salah satu pegangan bagi para pelaku digital dan pebinis online untuk mengisi konten website mereka. Apa lagi pada salah satu topik yang paling banyak dicari netizen berkaitan dengan bencana.

Google pun menyatakan bahwa, netizen sudah sangat jarang mencari menggunakan fitur “How To” karena sudah tak banyak yang menggunakannya lagi. Selain itu, para netizen pun sering mencari informasi tambahan di Google untuk mencari berita yang viral di media sosial.

Netizen tidak hanya memakan informasi secara mentah-mentah, tetapi mereka mencari verifikasi kebenaran atas berita yang ada di media sosial. “Karena itu memang meningkatkan rasa keingintahuan. Naturally akan ada korelasi antara berita yang viral dengan apa yang sedang trending di Google,” terang Mira seperti dikutip dari Beritagar.id.

Ke-15 konten yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2018:

  1. Piala Dunia 2018
  2. Asian Games 2018
  3. Piala AFF 2018
  4. Karna Su Sayang
  5. Nissa Sabyan
  6. Deen Assalam
  7. Meraih Bintang – Via Vallen
  8. Lagu Syantik – Siti Badriah
  9. Bukti – Virgoun
  10. Liga 1 Indonesia 2018
  11. AFC Champions League
  12. Indonesia Idol
  13. Liga Chanpion 2018
  14. Dilan 1990
  15. Piala Presiden 2018

Prediksi Tahun 2019

Google juga memprediksi bahwa tahun 2019, topik pencarian akan lebih banyak pada seorang tokoh dan peristiwa nasional. Sebab tahun depan terdapat pesta demokrasi Indonesia yakni Pemilu 2019. Google pun akan tetap menggunakan metode-metode sebelumnya. Yakni dengan membandingkan pertumbuhan kata pencarian tertentu.

Prediksi ini bisa menjadi acuan bagi para digital marketer dan pemilik bisnis untuk menghadapi persaingan bisnis di 2019. Mereka harus melakukan apa yang sesuai dengan peristiwa yang sedang trending di Google sebagai bahan konten. Sehingga para marketer dan pemilik bisnis bisa membuat konten-konten yang tepat untuk tahun depan.

Prediksi bisnis pun harus bisa dibaca oleh para pebisnis. Seperti resolusi bisnis yang harus lebih sesuai dengan kondisi di tahun 2018. Jangan sampai bisnis Anda tidak ada perkembangan sama sekali. Salah satunya adalah dengan melakukan pembukuan bisnis secara online dengan Accurate Online.

Accurate Online adalah salah satu platform pembukuan yang bisa membantu para pengusaha untuk mencatat setiap pembukuan mereka. Bahkan Accurate Online bisa memudahkan para pemilik bisnis untuk membuat catatan pajak mereka dengan mudah. Yuk coba Accurate Online sekarang, Gratis 30 hari!

Share With:
Rate This Article