a

Perlu Tahu! 8 Trik Sukses dalam Bisnis Retail

Bisnis retail menjadi bisnis yang paling berat dilakukan namun memiliki banyak peminat. Sebagian besar peminat bisnis retail menganggap bisnis ini paling mudah dijalankan. Padahal persaingan cukup berat. Kira-kira apa saja trik agar sukses menjalankan bisnis retail.

Meskipun tantangan besar bisnis retail cukup besar. Bisnis retail pun memiliki peluang yang cukup besar. Namun ada yang mengatakan retail beberapa tahun belakangan sedang hancur-hancurnya. Bagaimana agar Anda sebagai pemilik bisnis retail tetap bisa bersaing dan sukses menjalankan bisnis.

Manfaatkan Omnichannel

Apa sih omnichannel? Omnichannel lebih fokus pada perhatian, kepuasana dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. Bisnis yang dijalankan secara omnichannel akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Ini lah yang harus dilakukan pebisnis retail agar bisa sukses bersaing. Tantangan ini juga menjadi jawaban bagi pebisnis retail yang takut akan persaingan.

Dengan hadirnya omnichannel, Anda bisa menyiapkan beberapa tempat untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk dari retail Anda. Seperti menyiapkan aplikasi pembelian, website, dan toko fisik untuk berbelanja.

Beri Perhatian Kepada Pelanggan

Konsumen yang mendapatkan perhatian lebih, akan menjadikan mereka loyal terhadap brand Anda. Cara memberi perhatian, misal ketika mereka datang ke store fisik. Cobalah minta karyawan Anda untuk mendekati mereka dan menanyakan apa yang mereka butuhkan. Namun, hindari mengikuti pelanggan ketika mereka memilih barang. Terkadang ada beberapa pelanggan yang risih jika berbelanja diikuti oleh pelayan toko Anda dan pelanggan dapat merasa tidak betah.

Jika Anda merasa tidak mampu untuk mendekatinya saat berbelanja langsung. Cobalah untuk meminta kasir Anda untuk meminta email ke pelanggan. Email ini akan berguna untuk memberikan informasi promo dan produk terbaru yang ada di toko Anda.

Memiliki Konsep

Berikanlah konsep yang menarik terhadap toko Anda. Dengan memiliki konsep yang menarik, pelanggan akan mudah dalam mengenal toko retail milik Anda. Dengan adanya konsep, Anda juga bisa menentukan produk apa saja yang harus Anda sediakan di toko Anda.

Sehingga dengan adanya tema, pelanggan akan mengetahui. Toko Anda merupakan toko retail khusus apa. Ini akan memudahkan mereka mengingat. Sehingga bisa dengan mudah mendapatkan hasilnya dengan baik. Salah satu trik sukses dalam bisnis retail.

Konsep yang baik dan jelas akan membawa Anda mudah mendapatkan pelanggan yang potensial. Serta mendapatkan predikat toko unik dari customer. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan yang betul-betul membutuhkan bisnis retail Anda.

Memiliki Lokasi Retail Strategis

Lokasi menjadi salah satu elemen penting pada bisnis retail. Lokasi yang strategis, mudah dijangkau, memiliki parkiran luas menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam berkunjung ke toko retail Anda.

Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa mencoba lokasi yang agak di dalam. Namun masih cukup ramai. Meskipun begitu Anda harus lebih effort untuk melakukan branding dengan baik. Sehingga akan banyak masyarakat yang mengenal toko Ada dengan mudah. Cara itu akan menjadi cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Branding

Sering sekali pengusaha enggan melakukan branding. Branding dianggap hanya bakar-bakar duit saja. Padahal tidak begitu. Agar toko retail Anda mudah untuk dikenal oleh masyarakat sekitar. Dengan branding, masyarakat akan mengetahui toko Anda. Selain itu, branding dengan memberikan promo bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Promosi yang Menarik

Meskipun ada yang mengatakan beberapa produk yang di jual di toko retail memiliki keuntungan yang sedikit. Namun dari keuntungan yang sedikit, jika bisa di putar lagi, Anda bisa menjadikanya sebuah promo. Promo bisa menjadi salah satu cara untuk menarik customer baru.

Tak perlu takut kehilangan keuntungan cukup banyak, Anda bisa memberikan promo kreatif. Mungkin promo tersebut belum pernah dilakukan oleh kompetitor Anda. Anda bisa melakukannya untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang lebih baik.

Manfaatkan Teknologi

Sekarang era teknologi, semua berdasarkan teknologi. Selain Anda memanfaatkan website untuk berjualan. Anda juga harus menyediakan teknologi dengan baik untuk menunjang bisnis retail Anda. Teknologi juga bisa membantu Anda dalam menemukan pelayanan yang lebih efisien kepada masyarakat.

Teknologi juga bisa membantu Anda dalam mendapatkan hasil laporan pembukuan hingga laporan keuangan dari setiap penjualan di retail dengan baik. Dengan teknologi pembukuan, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan setiap pencatatan hingga membuat laporan pajak. Salah satu teknologi yang bisa Anda gunakan untuk sukses dalam bisnis retail perihal teknologi keuangan bisnis adalah Accurate Online.

Tantangan retail di Indonesia salah satunya adalah masalah teknologi. Banyak pebisnis yang enggan berinvestasi di bidang teknologi. Menganggap bahwa teknologi cukup mahal dan cukup memberatkan bagi pengusaha. Hingga membuatnya sulit mengeluarkan budget untuk teknologi. Padahal teknologi bisa membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat.

Manajemen Usaha

Jika semuanya sudah dilakukan dengan baik. Namun manajemen bisnis retail Anda sangat buruk, maka apa yang Anda lakukan di atas akan sia-sia. Cobalah untuk selalu melakukan review manajemen usaha Anda. Baik dari sisi pelayanan, sisi penjualan, branding dan promo, hingga sisi keuangan. Lakukan semua dengan baik, agar hasil yang diterima pun cukup baik.

Tantangan terbesar dari industri retail saat ini adalah masalah teknologi dan persaingan antar retail serta persaingan retail dan e-commerce. Tetapi jika bisnis retail Anda masih tetap bisa jalan dengan menyeimbangkan keduanya serta memanfaatkan multisales channel, retail Anda akan mampu bertahan dengan baik dan bisa sukses dalam bisnis retail.

Share With:
Rate This Article